by

Daftar 5 Jenis Batik Termahal di Indonesia, Ada yang Sampai Jutaan Rupiah!

Indonesia merupakan negara penuh keragaman budaya yang paling paling banyak di dunia, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya aneka suku yang masing-masing berperan dalam pembentukan heterogen sebuah budaya. Dari banyaknya suku dan budaya tersebut, terdapat sebuah ragam budaya yang bersifat realistis dan menjadi ciri khas sebuah suku, misalnya saja suku Jawa dengan ragam budaya batiknya.

Berbicara mengenai batik, tentu saja kalian ingat bukan tanggal 2 Oktober merupakan hari apa? Benar sekali, tanggal 2 Oktober merupakan hari khusus yang disepakati oleh pemerintah sebagai hari batik nasional.

Batik di Indonesia ini tergolong sangat banyak macam dan juga berbeda-beda kualitasnya, bahkan ada beberapa diantara mereka yang memiliki harga fantastis tinggi karena faktor produksi. Mau tahu apa saja jenis batik termahal di Indonesia? Berikut ulasannya!

Sekilas Mengenai Batik

Batik merupakan sebuah karya seni 2 dimensi yang diaplikasikan di dunia nyata, guna memenuhi kebutuhan manusia akan seni dalam berpakaian. Batik sendiri ialah bagian dari karya seni murni dan terapan tergantung pemesannya. Dikatakan seni murni apabila batik hanya dinikmati dari segi keindahannya saja alias pajangan, sedangkan batik dikatakan terapan apabila ia dipakai untuk pakaian sehari-hari.

Batik dibuat dengan proses canting dimana si pembuat akan terlebih dahulu menggambar pola pada kain mori putih. Umumnya batik yang memiliki pola abstrak lebih banyak disukai oleh banyak pelanggan, hal ini karena terdapat nilai artistik yang amat tinggi dari pembuatnya. Setelah batik sudah selesai diproduksi, biasanya produk tersebut akan diujikan terlebih dahulu keindahan dan keluwesannya sebelum dijual.

Untuk kategori batik termahal di Indonesia ini, terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi naiknya harga jual dari yang semestinya. Faktor pertama ialah segi produksi, lalu ada juga faktor yang kedua, yakni kualitas kain dan terakhir segi estetika yang sulit dibuat oleh merek lain. Batik jenis ini banyak dibeli oleh kalangan elite dan bangsawan karena kualitasnya yang mantap.

Baca Juga  Nggak Cuma Cuci Muka Saja, Ini 7 Tips Menjaga Kebersihan Wajah Yang Tepat
Jenis Batik Paling Mahal di Indonesia

Berdasarkan pernyataan di atas, batik merupakan karya seni 2 dimensi yang ramai peminat. Namun terdapat batik yang memiliki harga mahal dan hanya dibeli oleh kalangan elite. Hal ini karena kualitas dan juga gengsi akan sebuah produk. Berikut daftar batik termahal di Indonesia yang hanya bisa dibeli kalangan elite:

1. Batik Tiga Negeri
Batik Tiga Negeri Keluarga Tjoa, Mahakarya Peranakan Tionghoa dengan  Pewarnaan dari Tiga Kota
inibaru.id

Jenis batik pertama yang masuk dalam kategori ini ialah tiga negeri yang terkenal akan motivnya. Batik jenis tiga negeri merupakan batik, dengan pembuatan yang sangat rumit bahkan untuk pembatik yang sudah mumpuni. Pasalnya dalam pola batik tiga negeri sendiri menerapkan pola abstrak yang sulit digambar diatas kain mori.

Selain proses penggambaran yang sulit, jenis batik ini memadukan artistik Arab, Eropa, China dan Jawa sehingga lebih terkesan universal. Batik ini memiliki kesan warna coklat keemasan dengan ukiran pola keren.

Terlepas dari hal itu, batik ini disebut tiga negeri karena proses pembuatannya yang dilakukan di tiga wilayah berbeda yakni Lasem, Pekalongan dan Solo. Batik tiga negeri terkesan mewah dan sukses mendapat harga senilai 100 juta rupiah.

2. Batik Eropa Belanda
Batik Belanda (1840-1940) – Yayasan Batik Indonesia
yayasanbatikindonesia

Siapa sangka bahwa dahulu terdapat salah seorang Noni Belanda yang suka sekali mempelajari ilmu perbatikan di Indonesia. Akibat hal inilah akhirnya di tahun 1840 silam Noni tersebut, menghasilkan jenis batik modifikasi yang dipadukan dengan karya seni Belanda. Batik jenis ini memiliki corak khas barat dengan ragam flora yang menarik.

Di tahun akhir 1940 an jenis batik Belanda ini sudah mulai bermunculan dan banyak diminati oleh kaum bangsawan. Mereka rela merogoh beberapa ratus gulden, untuk membeli karya yang sudah seratus tahun lahir itu. Tak heran batik Belanda sekarang banyak dijadikan lelangan dengan kisaran harga 150 juta rupiah.

Baca Juga  Wajib Tahu, Manfaat Menulis untuk Kesehatan dan Cara Memulainya!
3. Batik Cirebon
Makna Motif Batik Mega Mendung Khas Cirebon Halaman all - Kompas.com
travelkompas

Pernah melihat batik bernuansa khas biru? Di daerah Cirebon sangat ramai pembatik yang membuat karya dengan nuansa biru gelap, hasil buatannya disebut batik Cirebon. Jenis batik ini lain dari batik yang lain, dimana polanya berbentuk realistis dan tidak abstrak. Kebanyakan batik lain mungkin akan menonjolkan motif surealis, namun untuk batik ini memiliki pola awan biru yang terlihat keren.

Salah satu batik termahal ini memiliki waktu satu tahun untuk penyelesaian satu lembar kain saja, hal ini karena proses penggambaran motif awan pada batik dengan serasi terbilang sudah. Maka tak heran jika jenis batik ini mendapatkan nilai 50 juta rupiah.

4. Batik Kerajaan
kompas.com

Batik keempat yang juga termasuk dalam kategori mahal ialah jenis kerajaan. Dimana batik satu ini memiliki corak berwarna coklat bergaris dan tepian putih sangat khas. Batik kerajaan dahulu sangat ramai digunakan bagi para pangreh praja masyarakat dan juga petinggi-petinggi kerajaan. Untuk harganya sendiri batik kerajaan ini dihargai puluhan juta rupiah.

5. Batik Hokokai
Batik Jawa Hokokai - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
wikipedia

Jenis batik termahal yang kelima ialah batuk Hokokai yang mana memiliki nuansa khas Jepang. Batik ini memiliki motif berwarna dengan warna kuning keorenan dan penuh hiasan bunga. Dahulu kala batik ini digunakan oleh raja Jepang sebagai pakaian khasnya. Tak heran jika sekarang ini batik Hokokai dijual senilai 135 juta rupiah. Sangat mahal bukan?

Nah, itulah tadi daftar batik termahal di Indonesia yang pernah ada. Tentu saja kemahalan harga ini sesuai dengan kualitas kain dan juga corak motifnya. Kira-kira kalau kamu bisa beli kamu pilih yang mana nih?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya