by

6 Tips Gaya Berpakaian Selama Rapat Online agar Berkesan Baik dan Profesional

Tips gaya berpakaian saat rapat online agar kamu merasa nyaman dan percaya diri. Meski terlihat sepele, tetapi penampilan merupakan hal utama yang dapat menciptakan kesan positif atau negatif.

Selama masa pandemi, kegiatan perkantoran dan sekolah dialihkan ke pertemuan online memakai aplikasi, salah satunya adalah zoom. Pertemuan online ini juga dilakukan para marketing terhadap kliennya, atau saat HRD melakukan wawancara kerja kepada calon karyawannya.

Ini merupakan fenomena baru. Mula-mula banyak yang menganggapnya sepele, seperti datang terlambat, belum mandi, lupa mematikan kamera saat masih bersiap-siap, adanya suara anak-anak atau orang lain dari rumah dan lain sebagainya.

Tetapi sekarang, kesalahan-kesalahan kecil seperti itu tidak dapat dimaklumi terutama masalah gaya berpakaian. Untuk itu, agar kamu tetap terlihat profesional dan berkesan baik selama di rumah, berikut ini tips gaya berpakaian selama pertemuan online.

1. Tampil sederhana

Pilihlah pakaian yang membuat kamu tampil percaya diri. Tidak perlu pusing, untuk memilih jenis pakaian apa. Kenakan pakaian sederhana yang serasi dengan latar pada video kamu. Sebab dalam pertemuan online, gaya berpakaian sederhana dan tidak mencolok akan membantu audiens untuk fokus pada pesan yang kamu sampaikan.

2. Hindari warna gelap atau terang

Saat berkaca, kamu mungkin melihat warna kemeja yang terang atau gelap, sangat elegan dan cocok untuk dikenakan dalam pertemuan. Tetapi, kamera akan berkata sebaliknya. Gaya berpakaian selama rapat online, dengan warna-warna yang terlalu terang dan terlalu gelap akan terlihat buram di layar.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, hindari warna pakaian yang mendekati atau menyerupai warna kulit atau benda apapun yang ada di sekitar kamu seperti kursi, meja dan sebagainya.

Baca Juga  7 Tips Pulang Kampung Menggunakan Motor
3. Aksesoris tubuh

Cobalah untuk tidak memakai anting yang berkilau. Ketika terkena sinar matahari, pantulan cahaya matahari yang mengenai logam, akan menyebar ke seluruh ruangan dan menciptakan efek disko di sekitar ruanganmu.

4. Pola dan motif pakaian

Jangan mengenakan pakaian dengan motif bergambar besar, yang memenuhi hampir seluruh bagian depan pakaian, sebab itu akan mengalihkan fokus audiens kepada pesan kamu.

Hindari juga untuk memakai pakaian yang memiliki pola garis-garis atau berkotak-kotak rapat, karena akan menciptakan efek ilusi di layar desktop.

5. Kenakan pakaian yang sedikit longgar

Mengenakan pakaian dengan sedikit longgar, akan membantu pakaian kamu terhindar dari bekas keringat karena kegerahan. Saat berbicara, kamu juga perlu pernapasan yang stabil, sehingga jangan sampai pakaian atau blazer yang terlalu ketat akan menghambat kamu bernapas.

Tetapi jangan sampai ukuran pakaian kamu terlalu longgar, karena akan menyibukkan kamu melipat atau menaikkan kain selama berbicara. Selain itu, pilihlah pakaian dengan bahan bagus untuk menyerap keringat.

6. Pastikan mengenakan celana

Saat rapat online, audiens memang hanya melihat atasan yang kamu kenakan. Oleh karena itu, beberapa orang berpikir untuk memilih atasan yang sesuai, tetapi tidak mempedulikan bawahan, lalu tetap memakai celana pendek selama rapat online karena ingin nyaman.

Tetapi sebaiknya, gaya berpakaian kamu sekarang perlu lengkap, mulai dari atas hingga bawah seperti mengenakan celana yang sesuai. Sebab hal-hal detail atau mikro yang luput dari pandangan mata, jika kamu lakukan, maka itu akan memberi nilai tambah dari audiens.

Demikian tips gaya berpakaian selama rapat online yang bisa kamu coba terapkan. Jangan lupa untuk selalu berpenampilan rapi, sebab kesan pertama seseorang terbentuk dari gaya berpakaian kamu, sebelum memperhatikan pesan yang kamu sampaikan.

Comment

Artikel Terkait