by

5 Bahan yang Cocok untuk Baju Tidur

Baju memiliki  berbagai macam, ada baju untuk pesta, kegiatan formal, casual bahkan tidur. Namun, baju untuk tidur biasanya memiliki tekstur lembut, ringan, adem, dan modelnya simple. Lantas bahan yang cocok untuk baju tidur, itu seperti apa?

1. Bahan Katun

baju tidur katun

Bahan satu ini umumnya lembut, ringan, adem, dapat menyerap keringat dan bersifat breathable, sehingga dapat membuat sirkulasi di kulit lebih mudah. Dengan Karakteristik seperti ini tentu wajar membuat orang nyaman mengenakan baju tidur dengan bahan ini.

Selain itu, bahan katun pun dibuat dari bahan atau serat yang alami, yakni kapas. Sehingga menghasilkan bahan atau kain yang lembut dan ringan. Kamu bisa mendapatkan bahan seperti ini di beberapa toko offline maupun online. Biasanya dijual per meter, per KG, atau bahkan per roll.

Dengan demikian, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu dan ini tentu akan lebih memudahkanmu dalam membeli bahan. Bahan ini pun sangat nyaman untuk tidur, sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Akan tetapi, dikarenakan bahan ini memiliki sifat breathable sehingga  untuk menghindari kedinginan saat tidur, kamu perlu selimut.

Nah, ternyata katun pun memiliki beragam jenis, meskipun bahan dasarnya adalah kapas, tetapi ada beberapa perbedaanya. Lantas apa saja jenis dari bahan katun ini? Bahan ini ada yang jenisnya kain katun minyak, bahan katun paris, bahan katun satin jepang, bahan katun cina, katun silk sutra, katun twill, kain katun Bangkok, kain katun rayon, katun bambu dan katun biasa.

Jenis-jenis katun ini memiliki karakteristik dan harga yang berbeda tentunya, maka penting untuk mengetahui tujuan dari kain yang dibeli itu, untuk apa. Sehingga kain pun dapat dipakai untuk kebutuhan yang tepat.

2. Rayon

Bahan jenis ini, sudah tidak asing lagi digunakan untuk baju casual atau baju untuk tidur, hal ini didasari oleh karakteristik dari bahan ini sendiri yang halus, teksturnya licin serupa dengan sutera, daya serapnya tinggi, dapat menyerap warna dengan baik sehingga terlihat lebih cerah dan mudah menyerap keringat atau air.

Dengan demikian, bahan rayon ini cocok untuk digunakan baju tidur. Dalam proses pembuatannya, hampir sama seperti proses pembuatan kain katun. Hanya bedanya, rayon berasal dari selulosa yang mengalami regenerasi.

Biasanya asal selulosa ini sendiri dari bulir-bulir kayu yang sudah diekstrak atau bahkan bisa diambil dari dinding sel suatu tumbuhan. Meskipun, bahan rayon ini terbuat dari bahan dasar alami, tetapi dalam proses pembuatannya dibutuhkan bahan-bahan kimia. Rayon sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya:

1. Rayon PE atau rayon polyester

Rayon jenis ini adalah campuran dari rayon dan polyester. Namun, apabila polyester nya lebih banyak kandungannya daripada rayon nya, maka harganya pun cenderung murah. Sementara untuk karakteristik umum dari bahan ini adalah kasar dan kaku.

2. Rayon Jersey

Untuk rayon satu ini merupakan perpaduan antara serat jersey serta rayon. Dimana, bahan jersey biasanya terbuat dari bahan wol, katun dan sintesis. Sehingga, jersey merupakan bahan campuran bahan alami dan kimia.

3. Rayon Spandek

Jenis bahan ini dapat dikatakan cukup elastis daripada jenis kain atau bahan rayon yang lainnya. Untuk warnanya pun cukup beragam dan memiliki karakteristik lembut pula, sehingga ini pun dapat dijadikan baju tidur untuk perempuan karena dalam memilih warna lebih mudah, ini disebabkan kain ini memiliki warna yang tergolong cukup banyak.

4. Rayon Crinkle

Tekstur dari bahan ini cenderung terasa sama dengan kulit jeruk. Namun, memiliki karakteristik lembut ketika disentuh  dan tidak terasa panas, ketika digunakan.

3. Katun Bambu

Kamu sudah familiar kah dengan bahan kain satu ini? Akhir-akhir ini memang cukup terdengar popular bahan dari pakaian ini, bukan? Meskipun ada beberapa orang yang asing ketika mendengar jenis kain ini.

Terlepas dari itu, alasan bahan ini cukup populer cenderung  dikarenakan karakteristik kain ini  sendiri. Dimana kain ini terasa lembut, dapat menyerap keringat, anti bakteri, lembut, bersifat breathable, ringan dan membuat perasaan nyaman saat digunakan.

Untuk bahan dasar dari Kain ini terbuat dari serat bambu, dengan demikian dapat diartikan bahwa jenis kain satu ini merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan alami. Wajar bukan, apabila banyak orang menggunakan kain jenis ini, untuk beraneka macam pakaian kasual maupun yang lainnya, termasuk baju tidur.

4. Satin Velvet

Satin dikenal sebagai kain yang cenderung panas dan kaku. Namun, ternyata ada jenis kain satin yang memiliki karakteristik lembut, halus dan bahannya jatuh. Kelebihan lainnya adalah kain jenis ini tebal dan tidak mudah kusut atau bentuknya tidak mudah berubah saat digunakan,

Dengan demikian, baju akan terlihat tetap rapi, meskipun kamu banyak bergerak. Kain ini pun, cocok untuk dipakai baju tidur karena selain karakteristik yang tadi sudah disebutkan di atas, ternyata kain ini  pun tidak panas. Sehingga, kain ini termasuk bahan yang cocok untuk baju tidur.

5. Sutera

Semua orang pasti sudah mengenal bahan sutera dan orang akan menganggap, bahwa bahan atau kain ini merupakan salah satu bahan yang mewah dan hanya dipakai untuk orang-orang kalangan atas.

Tentu ini bukan tanpa alasan, ini dikarenakan bahan dari jenis kain ini memiliki harga jual yang tinggi. Untuk bahannya sendiri terbuat dari bahan dasar yang berasal dari serat protein alami, dimana serat ini diambil dari kepompong ulat sutera.

Sehingga baju ini cocok untuk dijadikan pakaian di Negara tropis seperti Indonesia, khususnya dijadikan baju tidur. Selain itu, bahan ini pun memiliki fungsi lain yaitu sebagai termoregulator. Dimana ketika digunakan akan menyesuaikan suhu saat itu.

Misalnya, pakaian yang berbahan sutra ini dipakai ketika musim panas atau ketika suhu panas, maka akan menimbulkan dingin sehingga nyaman dan segar ketika dipakai. Begitupun ketika dipakai di musim atau saat suhu dingin, akan menyesuaikan sehingga memberikan rasa hangat pada tubuh.

Dari kelima bahan yang cocok membuat baju ini, mana yang lebih membuatmu tertarik? Pastikan pula  target pasarnya sudah ditentukan, agar dalam produksi baju tidur pun kamu dapat memilih kain yang tepat.

Sumber Gambar: pinterest

Baca Juga  Tampil Cantik Dengan 4 Rekomendasi Dress yang Bisa Dipakai Hijabers Ini

Comment

Artikel Terkait