by

Dianjurkan untuk Ditiru, Inilah 5 Kebiasaan Hidup Sehat di Pesantren

Adakah kamu yang pernah menempuh pendidikan di pesantren? Nah, kalau begitu, kebiasaan hidup sehat di pesantren yang tertulis di artikel ini pasti sudah tidak asing lagi bagimu. Bahkan mungkin kamu memiliki lebih banyak pengalaman berharga tentang hidup sehat di sana. Namun, jika kamu belum atau tidak pernah merasakan pendidikan di pesantren, boleh banget loh meniru kebiasaan baik di pesantren. Salah satunya adalah meniru gaya hidup sehatnya.

Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam, di mana para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru-guru yang dikenal dengan sebutan ustaz atau ustazah. Pesantren memiliki asrama untuk tempat tinggal para santri. Santri adalah sebutan bagi siswa yang mengenyam pendidikan di pesantren.

Bagi para santri, pondok pesantren menjadi semacam rumah bagi mereka selama mengenyam pendidikan di sana. Para santri mempelajari agama lslam lebih dalam dan tentunya selalu menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut adalah kebiasaan hidup sehat di pesantren yang dapat menginspirasi kita untuk tetap setia menerapkan gaya hidup sehat.

1. Menjaga Pola Makan Tetap Teratur
ppqodratullah.com

Setiap orang memang sebaiknya menjaga pola makannya, karena makan secara teratur dapat menjaga asupan gizi yang pada akhirnya berpengaruh pada kesehatan. Pada umumnya, pesantren menerapkan jadwal makan yang teratur bagi para santri. Menu makanan yang diberikan pun disesuaikan dengan pola gizi yang seimbang.

Waktu makan yang ditetapkan biasanya sehari tiga kali, yaitu pagi pukul 07.00, siang pukul 12.00, dan sore pukul 17.00. Pada umumnya, para santri memasak secara berkelompok dan setiap kelompok membuat jadwal sendiri. Semua kegiatan akan berada di bawah bimbingan ustaz/ustazah.

Untuk mempersiapkan makanan, para santri juga diajarkan untuk membeli makanan yang harganya terjangkau, bagaimana cara memilih sayur dan buah segar, mempertimbangkan keseimbangan gizi, mengenal halal atau tidaknya bahan makanan, dan mempelajari cara mengolahnya agar nikmat dikonsumsi.

Baca Juga  8 Kiat Menjalankan Pola Makan Sehat Setiap Hari

Biasanya bahan-bahan makanan dibeli di warung sekitar pesantren, atau sudah disediakan oleh orang yang bertanggung jawab untuk membeli bahan-bahan makanan tersebut.

2. Mandi sebelum Salat Subuh secara Teratur
duniasantri.co

Kebiasaan hidup sehat di pesantren yang satu ini sepertinya susah-susah gampang dilakukan. Namun, para santri sudah terbiasa melakukannya. Mereka mandi sebelum salat Subuh. Manfaat kesehatan yang didapat ketika mandi sebelum salat Subuh ternyata sangat banyak. Seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kebugaran, meningkatkan kesehatan jaringan tubuh, meredakan stres dan meningkatkan kreativitas. Yakin nih kamu tidak mau memperolah manfaat-manfaat tersebut?

Oh ya, mandi di pesantren pun ada aturannya. Para santri harus antre dan tidak menghabiskan waktu terlalu lama di kamar mandi.

3. Disiplin dalam Beribadah
hidup sehat di pesantren
tebuireng.online

Kebiasaan hidup sehat di pesantren yang berikutnya adalah melakukan ibadah salat dan puasa secara teratur. Salat dan berpuasa merupakan ibadah pokok dalam Islam. Para santri disiplin melakukan kedua ibadah tersebut.

Salat yang merupakan kewajiban bagi umat muslim, memiliki manfaat kesehatan. Di antaranya adalah memperlancar sirkulasi darah, meredakan nyeri punggung, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kesehatan mental.

Puasa disebut juga saum atau shiyam yang artinya “menahan diri”. Maksudnya adalah menahan diri dari makan dan minum serta perbuatan yang membatalkan puasa (seperti berkata-kata kotor, mencuri dan ghibah) mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari.

Selain puasa Ramadan, para santri juga melakukan puasa Senin Kamis. Hal ini baik dilakukan mengingat banyaknya manfaat kesehatan ketika berpuasa. Contohnya, meningkatkan fungsi otak, menjaga keseimbangan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kesehatan mental.

4. Rutin Berolahraga
korem044gapo

Para santri tetap bugar selama di pesantren karena mereka juga rutin berolahraga, di sela-sela banyaknya kegiatan yang harus diikuti selama pesantren. Pihak pesantren pun sering memotivasi para santri untuk mengikuti kegiatan olahraga agar mereka dapat mengembangkan bakat atau potensi diri yang dimilikinya, mempererat persahabatan antarsantri, serta melepaskan kejenuhan.

Baca Juga  Rekomendasi 6 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Olahraga yang diminati oleh para santri misalnya basket, sepak bola, futsal, voli, bulu tangkis dan memanah. Ya, berolahraga memang merupakan kebiasaan hidup sehat di pesantren, yang pastinya dengan senang hati dilakukan oleh para santri.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan dengan Penuh Kesadaran

Kamu pasti sudah paham bahwa kesehatan adalah amanah yang wajib dijaga. Selain menjaga kesehatan diri, seperti mandi, menggosok gigi, memakai pakaian bersih, serta menjauhi obat dan minuman terlarang, kesehatan lingkungan pun perlu dijaga.

Lingkungan yang sehat dan bebas sumber penyakit akan mendukung aktivitas sehari-hari. Kesadaran inilah yang ditanamkan kepada para santri. Oleh karena itu, para santri sudah terbiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan penuh kesadaran. Penuh kesadaran itu maksudnya menjaga kebersihan tanpa dikomando lagi.

Membuang sampah pada tempatnya, mengatur tempat tidur setelah bangun pagi, menjaga kebersihan alat makan dan minum, menjaga kerapian dan kebersihan pakaian, menjaga kebersihan ruangan, dan menjaga kebersihan di sekitar lingkungan pesantren. Itulah beberapa contoh tindakan nyata yang dilakukan para santri untuk menjaga lingkungan.

Itulah 5 kebiasaan hidup sehat di pesantren yang biasa dilakukan para santri. Tentunya, penerapan hidup sehat di pesantren harus diawali dengan kesadaran diri masing masing, yang kemudian yang akan berpengaruh pada lingkungan sekitar. Jadi, apakah kamu juga memiliki kesadaran itu?

Pada intinya, tidak ada salahnya meniru kebiasaan hidup sehat di pesantren, agar berbagai penyakit dan keluhan kesehatan lainnya jauh dari hidupmu. Hati dan pikiranmu pun akan lebih fresh karena terpengaruh oleh gaya hidupmu yang positif.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya