by

Dianggap Hampir Sama, Inilah Perbedaan Diving dan Snorkeling

Masih sering bingung membedakan antara olahraga diving dan snorkeling, banyak orang yang ujungnya menukar balikkan posisi diantara keduanya. Snorkeling dianggap sebagai diving, dan diving dinilai sebagai snorkeling.

Teruntuk itu, agar kamu tidak lagi keliru membedakan mana snorkeling dan mana pula yang dimaksud dengan diving, maka kamu bisa membaca artikel ini lebih lanjut, supaya kamu lebih mengenal dan semakin memahami apa perbedaan diving dan snorkeling itu.

Jangan khawatir, artikel ini telah dirangkum dengan sesederhana mungkin, jadi tidak akan membuat kamu bosan dan gagal paham sehabis membaca. Ini dia penjelasannya!

1. Kedalaman Diving dan Snorkeling


Diving dan Snorkeling adalah dua kegiatan yang sama-sama dilakukan pada area perairan. Kedua hal ini memang sedikit sulit di bedakan oleh karena kemiripan dari keduanya yang dilakukan untuk mengintip keadaan di bawah permukaan air. Akan tetapi, sama halnya ketika kita berkata bahwa semirip-miripnya sesuatu pasti ada saja perbandingan yang bisa membedakan, maka begitu jugalah dengan diving dan snorkeling, yang sedang di paparkan pada artikel kali ini.

Untuk bagian pertama, akan dibahas tentang perbedaan diving dan snorkeling pada letak kedalaman perairan. Dimana diving membutuhkan kedalaman yang cukup intens, sekitar 20 hingga ratusan meter dibawah permukaan air laut. Sedangkan snorkeling, hanya bekisar di antara 1 hingga 3 meter saja.

2. Jenis Peralatan yang Digunakan

Setelah memahami letak perbedaan di kedalaman perairan yang digunakan, maka kamu juga perlu mengetahui apa saja peralatan yang mampu menjadi pembeda diantara keduanya. Bagi seseorang yang mengikuti kegiatan diving, jumlah peralatan yang dibutuhkan tentu lebih banyak dan lebih lengkap dibanding snorkeling.

Alat peralatan tersebut berupa safety sausage, wet suit, regulator, tangki scuba diving, fins, senter bawah air, masker selam, weights dan air gauge. Padahal, snorkeling sungguh sangat-sangat serdehana sampai bisa dikatakan simple dan juga praktis. Peralatan snorkeling sendiri tak lain ialah diving mask, snorkel, kaki katak dan suit.

Perbedaan yang sungguh miring ini bersesuaian dengan kebutuhan saat kegiatan diving dimulai. Dan oleh karena pelaku diving akan menyelam di kedalaman yang tak terbayangkan, jadi sudah sepatutnya kalau mereka yang membawa perlengkapan lebih memadai daripada para pelaku snorkeling yang hanya melayang di atas permukaan air.

Baca Juga  Kreatif! Ini 10 Kerajinan Dari Bambu yang Bisa Anda Coba
3. Tujuan Dari Diving dan Snorkeling


Perbedaan diving dan snorkeling selanjutnya ada pada tujuan masing-masing kegiatan. Pada diving, penyelaman dilakukan tidak hanya untuk berolahraga, rekreasi maupun fotografi saja, melainkan untuk memperoleh hasil penelitian berupa observasi di dalam air. Jenis riset yang dikerjakan pun terarah pada satu fokus yang unik dan bervariatif.

Contohnya demi mendapatkan data terkait spesies ikan yang mampu bertahan hidup di kedalaman tertentu, mencari sisa-sisa peninggalan sejarah dari masa purba, mengukur tekanan hidrostatis, serta lain sebagainya. Sementara snorkeling, umumnya dilakukan hanya untuk hiburan semata, yakni sekedar mengamati panorama indahnya alam dibawah permukaan air, pada jarak yang terdekat.

4. Kemampuan yang Harus dimiliki


Menjadi seorang snorkeling tidaklah sesulit menjadi seorang diving. Mengapa bisa demikian? Jika ingin melakukan snorkeling, kemampuan yang perlu kamu miliki hanyalah ketahanan fisik untuk berada di dalam air. Sedangkan berenang dan menyelam, tidak terlalu di perhitungkan dan tidak harus di prioritaskan. Penyebabnya ialah karena kegiatan snorkeling bisa dilakukan meski hanya di kedalaman satu meter saja.

Lain hal dengan diving, yang memang dituntut punya kemampuan baik dalam berenang, terlebih harus memiliki lisensi. Berdasarkan hal itulah, mengapa banyak orang yang sering mengikuti kegiatan snorkeling, tidak bisa mengikuti olahraga diving. Sebab keterlatihan yang mendasari keduanya juga sudah jelas berbeda dan di nilai tidak sama.

5. Waktu Istirahat yang dibutuhkan


Seseorang yang melakukan snorkeling, istirahat dapat dilakukan kapan saja ketika mereka merasa tubuh mulai butuh. Akan tetapi tidak demikian pada mereka yang adalah seorang diving. Istirahat tidak bisa dibuat sesuka hati yang di inginkan.

Jika seorang diving merasa lelah dalam keadaan menyelam, seorang diving tidak bisa berhenti untuk beristirahat sebentar. Yang dilakukan malah harus lebih bergerak cepat untuk sampai ke permukaan lalu beristirahat sejenak.

Baca Juga  Buat Rumah Anda Semakin Indah Dengan 7 Pilihan Tanaman Hias Gantung Ini

Sesuai kejadian ini, seseorang yang hendak melakukan diving harus benar-benar dipastikan fit, dan tidak gampangan lelah. Mengabaikan hal tersebut berarti mengabaikan keselamatan akan diri sendiri.

6. Batas umur yang diizinkan


Batasan umur merupakan salah satu syarat umum, yang mendasari penilaian terstruktural. Cakupan penimbangan yang diberikan pun harus seirama dengan pengkategorian yang sudah ditetapkan. Nah, menyinggung hal seputar diving dan snorkeling, kedua olahraga ini mempunyai perbedaan yang signifikan, pada pembatasan rentang umur yang dianjurkan.

Untuk diving diwajibkan harus berumur minimum 20 tahun, dan untuk snorkeling sekurang-kurangnya 7 tahun. Pembatasan umur ini diadakan bukan hanya sekedar gaya-gayaan, melainkan demi menjaga keselamatan, dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Adapun ketentuan batasan umur yang dikokohkan, telah diperkirakan secara matang dan penuh pertimbangan, jadi tidak usah ragu untuk mempersilahkan anak mencoba kegiatan snorkeling yang sungguh asyik dan menyenangkan.

Termasuk diving, yang kadangkala diminta izin oleh anak dewasa, namun masih terus dicegah oleh orangtua lantaran takut dan penuh kecemasan. Sangat disayangkan sekali ya, terutama diving merupakan pengalaman langka yang tidak semua orang bisa coba.

Tapi jangan salah menilai, orangtua yang menolak memberi ijin saat kamu meminta, bukan berarti orangtua terlalu overprotektif. Barangkali pada waktu itu, orangtua mendapatkan gejolak kontak batin yang ia rasa tidak nyaman untuk kamu ikutkan.

Jadi Begitulah sob, hasil bahasan kita terkait perbedaan diving dan snorkeling. Semoga artikel ini membantu kamu dalam memberi pengertian yang lebih terperinci dan jelas.

Comment

Artikel Terkait