by

Ciri-Ciri Seorang Psikopat yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau lagi membahas psikopat, film Psycho yang dibuat di tahun 1960 dan film The Mouse yang dibawakan oleh Lee Seung Gi baru-baru ini serasa kebayang ulang ya kan? Pada kedua film ini, kita pasti sudah mengetahui bagaimana psikopat untuk mengerjakan aksinya, mulai dari mengincar target hingga menghabisi nyawa target, iya bukan?

Nah, jika hal tersebut telah kita ketahui, yuk sekarang kita kenali bagaimana ciri-ciri seorang psikopat. Bagaimana? Penasaran bukan? Kalau begitu langsung saja kita bahas.

1. Benci Melihat Orang Tertawa

Ciri pertama yang dapat kamu kenali ialah bahwa ketika melihat orang tertawa, seorang psikopat akan merasakan gejolak kebencian yang besar dan tidak pada dirinya.

Rasa benci ini juga diikuti dengan hasrat keinginan untuk melukai orang tersebut, dan ingin membuatnya menangis sejadi-jadinya. Bahkan tak hanya gejolak, perasaan ini akan di ikuti dengan keinginan untuk melakukan tindak kejahatan yang ia rangkaikan pada akalnya hingga membulatkan tekad psikopat untuk mengerjakan kejahatan yang ia bayangkan secara berhati-hati tanpa tertunda.

2. Suka Melihat Benda Tajam

Ciri kedua ialah psikopat sangat menyukai benda tajam. Dalam beberapa suasana, psikopat cenderung akan mengelus benda-benda tajam di sekitarannya dengan lembut, seakan sedang membelainya dengan penuh kasih sayang.

Bahkan, seorang psikopat akan terlihat tersenyum miring ketika ia melakukan hal tersebut. Anehnya, seorang psikopat tidak merasa bahwa yang ia lakukan adalah sebuah keanehan. Hingga jika ia melihat seorang yang merasa tidak nyaman dengan melakukannya, bisa saja menjadi incaran bagi psikopat.

Nah, oleh karena itu, jika sobat Lintashaba bertemu dengan seseorang yang seperti ini, atau tidak sengaja duduk di dekat seseorang yang seperti ciri tersebut, sebaiknya menghindar dan meninggalkan tempat itu. Terutama jika tempat tersebut jauh dari keramaian dan hanya ada dia dan kamu sendirian.

Segeralah pergi tanpa memperlihatkan ketakutan dan menimbulkan kecurigaan, apalagi membuatnya merasa tersinggung. Dan jangan pula bersikap seolah-olah kamu ingin memperlakukan dia dengan baik, yakni tersenyum atau mencoba menyapa. Karena justru hal itu bisa saja akan membangkitkan jiwa psikopatnya untuk menjadikanmu target yang menarik.

3. Menyakiti Diri untuk Mendapat Sensasi Rasa Perih

Kelainan mental pada seorang psikopat membuat hal-hal yang buruk bagi manusia normal, menjadi hal yang baik bagi seorang psikopat. Hingga tak heran jika seorang psikopat bersedia menyakiti diri untuk mencoba mendapatkan sensasi rasa perih dan mempelajari rasa sakit tersebut sebelum melakukannya kepada orang lain.

Hal ini juga bisa berupa penyayatan pisau di jari tangan atau pun mencubit diri sendiri untuk mendapatkan sensasi rasa perih di kulit. Berbeda dengan orang normal yang hanya ingin tahu bagaimana rasanya jika kulit dicubit, seorang psikopat malah akan menikmati rasa sakit tersebut serta merasa senang pada hak yang ia lakukan pada dirinya sendiri.

4. Tidak Menyukai Hewan

Menyukai hewan sudah menjadi kepribadian yang sulit dijauhkan dari manusia. Hingga biasanya setiap orang akan memiliki hewan peliharaan di rumah mereka.

Baik itu kucing maupun anjing, hingga sejenis marmut atau hamster yang mungil. Atau barangkali ada yang tidak memelihara seekor hewan pun, namun tetap saja ia akan tertarik saat melihat beberapa hewan lucu yang ia temui di beberapa tempat.

Berbeda dengan seorang psikopat yang sama sekali tidak akan menyenangi hewan apapun, bahkan untuk tertarik saja pun tidak.

Fakta lainnya nih sob, seorang psikopat sangat tidak suka pada suara rengekan hewan. Ia merasa bahwa suara tersebut mengganggu pendengarnya dan membuat hidupnya terasa bising dan jauh dari kedamaian.

Dan oleh karena merasa dirinya sedang diganggu, maka seroang psikopat akan segera mengambil hewan tersebut dan menyiksa sejadi-jadinya dengan amarah dan kekesalan yang luar biasa. Tak terkecuali hewan tersebut adalah hewan yang masih kecil sekali. Ngeri sekali ya..

5. Senang Menyakiti Hewan

Rasa tidak suka pada hewan yang diikuti dengan rasa senang menyakiti hewan telah menjadi ciri-ciri seorang psikopat loh.

Bentuk ketidaksenangan ini berupa tindakan yang menyiksa hewan sob. Contohnya, seorang psikopat akan melukai secara habis-habisan mulut anak anjing dengan menggunakan rokok yang menyala dan menertawakan rengekannya. 

Atau di beberapa perlakuan lainnya, seorang psikopat akan mengikat hewan berukuran kecil dan menggantungkan hewan tersebut secara terbalik untuk dijadikan umpan bagi hewan pemangsa.

6. Tidak Suka Bergaul

Pernah gak kamu bertanya atau mengamati teman-teman di sekeliling kamu, tentang apakah mungkin diantara mereka ada yang berjiwa psikopat? Nah jika kamu pernah memikirkan hal itu, yuk simak hal berikut.

Seorang psikopat adalah seorang yang tidak suka bergaul. Ia cenderung menyendiri dan benci dengan seseorang. Kebencian inilah yang membuatnya tidak ingin berbicara dengan seseorang pun atau pula berkontak komunikasi dengan siapapun.

Jika bertemu dengan seseorang yang ia kenali, seseorang psikopat tidak akan tersenyum atau menyapa seperti yang biasa kamu lakukan, namun bukan berarti ia memalingkan wajah atau menundukkan wajah seperti yang kamu lakukan saat sedang merasa malu. Akan tetapi, seorang psikopat justru akan menatap layaknya sebongkah pemikiran ada dalam pikirannya. Wih, seram sekali bukan?

7. Tidak Memiliki Empati

Empati difefenisikan sebagai suatu reaksi yang memiliki perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Empati juga berpengertian sebagai kemampuan diri dalam merasakan keadaan emosional dan mengambil perspektif orang lain.

Setiap manusia tentu saja akan memiliki rasa empati bagi sesama, namun bagi seorang psikopat, rasa empati tersebut telah mati, seolah-olah telah hilang dan tidak dapat ditemukan kembali.

Begitulah ciri-ciri seorang psikopat yang perlu kamu kenali agar kamu dapat menghindari.

Baca Juga  Tidak Hanya Kepintaran Saja, Ini Soft Skill yang Harus Dimiliki Anak Muda

Comment

Artikel Terkait