by

Ciri-Ciri Pria Sholeh yang Perlu Diketahui Perempuan Muslimah

Setiap perempuan muslimah pasti menginginkan calon pasangan hidup yang sholeh. Maka dari itu, tentunya pemahaman terhadap ciri-ciri pria sholeh adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang perempuan muslim. Kalau ciri-ciri ini sudah dipahami, tentu proses seleksi ketika sedang terjadi ta’aruf, bisa berjalan dengan baik.

Sekalipun demikian, tidak semua muslimah mengetahui ciri laki-laki yang sholeh yang layak menjadi imamnya. Sehingga terkadang, mereka salah memilih yang berakibat pada terjadinya konflik parah di dalam rumah tangga. Tentunya, ini merupakan peristiwa yang tidak ingin terjadi.

Maka dari itu, perlu kiranya dijelaskan apa saja ciri-ciri laki laki sholeh. Sehingga peristiwa di atas tidak menimpa kaum muslimah. Untuk itu, silakan disimak sampai selesai ini dia ciri-ciri yang dimaksud:

1. Hatinya Terpaut Ke Masjid

bidikan close-up seorang pemuda muslim yang beribadah di masjid - masjid potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Laki-laki yang hatinya senantiasa terpaut ke masjid, berarti dia termasuk laki-laki yang sholeh. Paling tidak, dari segi rutinitas beribadah begitu tinggi yang efeknya akan menimbulkan kecerahan pada wajah dan kelembutan pada hati. Pria semacam ini juga bakal terhindar dari perilaku maksiat dan kejahatan.

Laki-laki sholeh semacam ini yang harus dipilih oleh seorang perempuan muslimah. Itu jika ingin mahligai yang dijalani akan bermuara pada kebahagiaan yang hakiki. Rumah pun akan laksana surga, karena yang muncul darinya adalah syiar Islam dan keteduhan hidup yang luar biasa.

2. Rajin Berpuasa Sunat

seorang pria muslim berdoa di masjid - masjid potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pria remaja merupakan insan yang terkadang memiliki ketidakmampuan menjaga syahwat dibandingkan kaum wanita. Namun, Allah memberikan jalan bagi mereka dengan cara banyak berpuasa, supaya hati mampu menahan diri dari perilaku-perilaku yang menjurus pada perzinahan.

Nah, jika ada pria rajin berpuasa sunat demi menjaga hati, mata dan kemaluannya, berarti dia tergolong laki-laki yang sholeh. Sekalipun ketika sudah beristri, dia tidak akan mudah berpaling kepada perempuan yang tidak halal baginya.

Baca Juga  Ssst, Ini Nih Tips untuk Menjaga Rumah Tetap Terasa Sejuk dan Segar Bahkan Tanpa AC 

Tentunya perempuan muslimah yang menjadi pasangannya akan hidup dengan nyaman, karena tidak harus saling berbagi cinta apalagi dengan cara yang tidak makruf.

3. Suka Menundukkan Pandangan

Ciri-ciri pria sholeh berikutnya adalah pria yang suka menundukkan pandangannya. Dia tidak suka melihat kemaksiatan, sekalipun hanya dengan melihat terhadap perempuan yang dengan sengaja mengumbar aurat di depan umum. Efeknya hati pria semacam ini akan begitu lembut dan mudah mendapatkan hidayah dan kemanisan iman.

Pria semacam ini hanya akan melihat peristiwa yang tidak akan melahirkan nafsu di dalam hatinya. Hati dan pikirannya hanya fokus untuk berbuat kebaikan dengan mencoba menghindari syubhat dan maksiat semampunya. Ini memang sulit tetapi tidak dimungkiri masih ada pemuda dengan ciri-ciri semacam ini.

4. Rajin Membaca Al Quran

muslim shalat di masjid - masjid potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Barang siapa yang suka membaca Al Quran, hatinya pasti lembut dan enggan untuk menyakiti orang lain. Sebab, semakin diperdengarkan kalamullah, hatinya akan semakin bergetar dan keimanannya akan semakin bangkit. Mustahil orang semacam ini akan melakukan tindakan yang menyakiti hati perempuan, selama rutinitas tetap dijaganya dengan khusu’ dan ikhlas.

Pemuda yang selalu mengisi hari-harinya dengan membaca kitabullah, adalah pemuda yang cinta kebaikan dan benci keburukan. Apalagi jika disertai dengan memahami makna yang terkandung di dalam lantunan ayat yang dibaca. Pria semacam ini yang akan meramaikan rumah tangga dengan bacaan ayat-ayat Allah, yang artinya naungan rahmat dan ridho-Nya akan semakin besar terhadap keluarga tersebut.

5. Menghadiri Majelis Ta’lim dengan Ikhlas

Kalau Anda ingin mengetahui ciri-ciri pria sholeh, silakan lihat di majelis ta’lim apakah ada pemuda di sana. Temukan juga rutinitas darinya apakah si pemuda tersebut hadir setiap kajian, atau ketika sedang ada peristiwa-peristiwa tertentu saja.

Baca Juga  7 Olahraga yang Baik untuk Pernapasan

Kalau ada pemuda suka ikut majelis ta’lim tanpa pamrih, berarti si pemuda ingin mengenal agamanya lebih jauh. Ada semacam spirit spiritual yang bagus yang sedang ia kembangkan. Nah, hati semacam ini yang biasanya dipenuhi dengan cahaya ilahi yang akan ia nampakan melalui perilaku yang indah dan luhur.

6. Suka Menyebarkan Salam

Tidak dimungkiri, banyak pemuda merasa sungkan untuk mengucapkan salam kepada rekan atau orang yang ditemuinya. Jika ada pemuda, justru menjadi penyebar salam, maka berarti pemuda tersebut memiliki rasa cinta pada sunah yang artinya, pemahaman agama di dalam kalbunya sangat tinggi.

Kesholehan dari si pemuda tentu tidak perlu dipertanyakan kembali. Dia memang layak dipilih oleh seorang muslimah untuk dijadikan imam di dalam rumah tangga. Alhasil, keluarga pasti penuh dengan nilai-nilai hikmah serta sunah-sunah nabi akan muncul di sana.

7. Sholat di Awal Waktu

Seorang pria yang selalu sholat di awal waktu adalah pria sholeh yang insyaAllah calon penghuni surga. Ini juga menjadi ciri Kesholehan dikarenakan seorang laki-laki telah memiliki semangat untuk menjalankan perintah Allah dengan sebaik-baiknya.

Kalau ada pemuda seperti ini, berarti di dalam hatinya telah terbangun spirit beribadah yang begitu tinggi. Alhasil, laki-laki semacam ini yang layak menjadi imam di dalam rumah tangga. Tak hanya itu, harus menjadi kewajiban seluruh pemuda Islam di Indonesia untuk sholat di awal waktu yaitu beberapa saat setelah adzan atau sholat berjamaah di masjid

Itulah beberapa ciri-ciri pria sholeh yang harus menjadi sikap mental dan perilaku masyarakat di Indonesia. Sebuah momentum untuk memperbaiki akhlak, sekaligus untuk mengangkat citra bangsa menjadi negara yang berkah serta selalu dinaungi rahmat Allah.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait