by

Hal Terbaik Jaga Kesehatan Tubuh: Tidur Dengan Cara yang Lebih Baik Menurut Kesehatan

Apakah Anda merasa sudah memiliki cukup waktu tidur di malam hari? Dapatkah Anda mengingat kapan terakhir kali Anda merasa segar dan lebih baik ketika bangun tidur? Jika semua jawaban Anda atas pertanyaan tersebut adalah tidak. Maka kemungkinan Anda memiliki masalah pada kondisi tidur Anda.

Oleh karena itu, pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara tidur yang lebih baik menurut kesehatan. Sebenarnya salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga waktu tidur.

Dengan tidur yang cukup maka Anda akan dapat mengatur ulang kesehatan otak dan tubuh Anda. Lama waktu tidur yang ideal adalah selama tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. Agar Anda dapat memiliki waktu tidur yang lebih baik, berikut ini adalah 5 tips cara tidur yang lebih baik menurut kesehatan.

1. Patuhi Jadwal Tidur

Langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik adalah dengan mengatur jadwal tidur harian. Anda dapat memulainya dengan menetapkan waktu kapan Anda harus bangun, hal tersebut dilakukan agar tubuh dapat mulai terbiasa dengan rutinitas tidur yang sehat.

Usahakan untuk membatasi perbedaan jadwal tidur Anda pada malam hari dan akhir pekan. Jadikan maksimal kurang dari 60 menit dan pastikan Anda dapat konsisten, untuk mempertahankan siklus tidur hingga bangun tidur Anda.

Jika Anda tidak bisa tertidur setelah lebih dari 30 menit, maka keluarlah dan lakukan sesuatu hingga Anda dapat tenang. Misalnya membaca buku, mendengarkan musik ataupun lainnya. Kembali lagi ke tempat tidur saat Anda merasa benar-benar merasa lelah. Lakukan hal tersebut sesuai dengan kebutuhan saat Anda merasa kesulitan tidur.

2. Perhatikan Apa yang Anda Makan Dan Minum

Saat Anda akan pergi tidur, usahakan hindari kondisi tubuh yang lapar ataupun kenyang. Hindari memakan makanan berat hingga besar, dalam beberapa jam sebelum Anda tidur karena akan membuat Anda terjaga.

Baca Juga  3 Obat Alami Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat

Hindari juga nikotin dan kafein karena dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda, karena nikotin dan kafein memiiliki efek stimulasi, sehingga membutuhkan waktu berjam-jam untuk dapat hilang.

3. Ciptakan Lingkungan yang Tenang

Tips penting untuk membantu Anda tertidur dengan cepat dan mudah adalah menjadikan kamar tidur Anda tempat yang nyaman dan santai.

Menciptakan ruangan yang ideal untuk tidur ini berarti sejuk, gelap dan tenang. Hindari penggunaan layar pemancar cahaya dalam waktu lama sebelum waktu tidur karena dapat membuat Anda lebih sulit tidur.

Melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi, dapat meningkatkan kualitas tidur. Pertimbangkan untuk menggunakan penyumbat telinga, kipas angin, tirai penggelap ruanganatau perangkat lain, untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam merancang lingkungan tidur yang baik bagi Anda, fokuslah untuk memaksimalkan kenyamanan dan meminimalkan gangguan selama tidur.

4. Batasi Lama Waktu Tidur Di Siang Hari

Jika Anda bekerja pada malam hari, Anda mungkin perlu tidur siangsebelum bekerja untuk membantu membayar hutang tidur Anda. Namun jangan tidur siang terlalu lama atau terlalu larut, karena hal itu dapat mengganggu jadwal tidur malam Anda.

Batasi lama tidur siang Anda maksimal selama 30 menit dan waktu terbaik untuk tidur siang adalah sesaat setelah makan siang. Tetaplah ingat bahwa Anda tetap harus tidur lebih nyenyak di malam hari, oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati jika memilih untuk tidur siang.

5. Kelola Kekhawatiran

Cobalah untuk menyelesaikan rasa khawatiran sebelum Anda pergi ke tempat tidur. Catat di sebuah lembar kertas kosong tentang apa yang ada di pikiran Anda dan sisihkan untuk besok. Manajemen stres sangat penting untuk dilakukan karena itu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Terutama dalam menjaga dan mempertahankan kualitas tidur Anda yang lebih baik.

Baca Juga  Menulis Itu Mengasyikkan, Ini 9 Alasan Mengapa Harus Menulis

Anda dapat memulainya dari hal-hal dasar, seperti mengatur dan menetapkan skala prioritas. Selain itu, Anda juga bisa mulai melakukan meditasi karena juga bisa membantu meredakan kecemasan.

Setelah mengetahui tips cara tidur yang lebih baik untuk dapat menjaga kesehatan tubuh. Mulailah dengan mengubah kebiasaan Anda mulai saat ini dan jaga kesehatan tubuh Anda selalu.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait