by

Cara untuk Mengurangi Asupan Kalori Agar Tak Kelebihan Berat Badan

Pada dasarnya kalori merupakan salah satu kandungan yang sangat baik dan berguna bagi tubuh, yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh.

Namun semua itu harus dalam keadaan normal atau tidak melebihi batas, jika kandungan kalori pada tubuh mempunyai jumlah yang banyak atau berlebih, maka akan membuat berat badan Anda menjadi naik.

Mengapa demikian? Karena secara umum kalori yang berlebih ada pada tubuh akan membentuk suatu jaringan lemak yang dijadikan sebagai cadangan energi, sehingga secara tidak langsung berat badan pun akan naik karena adanya lemak tersebut.

Nah, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan diet kalori. Berikut ada beberapa cara mengurangi asupan kalori pada tubuh Anda, antara lain yaitu:

1. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kadar protein dalam tubuh Anda yang terlalu berlebihan, adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat.

Langkah yang harus Anda ambil, adalah sebisa mungkin menghindari konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi dalam jumlah yang banyak, jadi cobalah untuk membatasi asupan karbohidrat pada tubuh.

Biasanya orang yang ingin program diet kalori akan menghindari makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat sederhana, oleh karena itu diet kalori ini terbilang lebih ampuh dari pada diet lemak pada umumnya.

Selain dapat mengurangi dan membatasi asupan karbohidrat pada tubuh, ternyata diet kalori mempunyai manfaat lain yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Tambah Asupan Protein

Cara kedua yang bisa Anda gunakan untuk menekan peningkatan kalori dalam tubuh, adalah dengan memperbanyak asupan protein dalam tubuh.

Cara ini tergolong salah satu langkah mudah dan terlihat sederhana, meskipun begitu cara ini merupakan langkah paling efektif dan mempunyai dampak besar, dalam proses diet kalori dalam menurunkan asupan kalori harian.

Baca Juga  Kiat Mengajar agar Tidak Membosankan bagi Seorang Guru

Manfaat lain dari memperbanyak protein, adalah bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga tidak mudah merasakan lapar, jadi asupan kalori harian Anda akan berkurang secara drastis.

Untuk Anda yang ingin mengurangi asupan kalori harian dengan menambah asupan protein, dengan mengkonsumsi beberapa makanan seperti kacang-kacanggan, ikan, telur dan lain sebagianya.

3. Jangan Mengkonsumsi Minuman Bersoda Ataupun Minuman Cepat Saji Dalam Kemasan

Cara ketiga yang bisa membantu Anda dalam mengurangi asupan kalori harian, adalah dengan tidak mengkonsumsi minuman yang tergolong mempunyai kandungan kalori yang tinggi.

Untuk jenis minumannya adalah minuman kemasan atau instan dan juga minuman bersoda, sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi makanan ini di saat melakukan program diet kalori.

Selain itu, kosumsi minuman bersoda dengan jumlah yang lumayan banyak dan terlalu sering akan membuat tubuh Anda mengalami obesitas, karena kadungan kalorinya yang tinggi.

Jika Anda ingin mengkonsumsi minuman seperti jus buah, maka buatlah jus buah sendiri dari bahan asli dan murni dari buah-buahan segar, karena jus buah sendiri juga mengandung nutrisi.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Cara keempat yang bisa Anda gunakan dalam rangka mengurangi asupan kalori harian dengan tujuan menurunkan berat badan, adalah dengan memperbanyak meminum air putih secara rutin dalam setiap hari. Sebisa mungkin untuk selalu konsisten dan juga teratur mengkonsumsi air putih, karena air putih sendiri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Untuk standar konsumsi air putih dalam satu hari penuh yaitu sekitar 2 liter, sehingga bisa membakar sekitar 95 kalori yang ada di tubuh Anda.

Selain dapat membakar kalori dalam tubuh, konsumsi air putih sebelum Anda mulai mengkonsumsi makanan juga bisa menguragi rasa lapar. Namun, yang terpenting bahwa dengan rutin mengkonsumsi air putih akan membuat Anda terhindar dari dehidarasi.

Baca Juga  Cara Buat Stiker WA Pakai Foto Sendiri Tanpa Ribet
5. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Cara terakhir atau kelima yang harus Anda lakukan guna mengurangi asupan kalori harian dengan jumlah yang fantastis, adalah dengan selalu rajin berolahraga. Ketika Anda sedang melakukan olahraga, maka sedikit demi sedikit kalori yang ada pada tubuh Anda akan berkurang.

Karena pada saat Anda berolahraga maka terjadi sebuah pembakaran kalori di dalam tubuh, sehingga kesempatan untuk menurunkan berat badan menjadi terbuka lebar.

Jika Anda sedang melakukan diet kalori maka tahap terakhir ini harus ada, karena termasuk cara yang paling efektif dan juga mudah dilakukan. Selain itu, olahraga secara rutin juga bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Penunjang Saat Menjalankan Program Diet Kalori

Selain mengetahui tentang bagaimana cara mengurangi asupan kalori dan juga menurunkan berat badan secara tepat, maka rasanya kurang cukup jika Anda tidak mengetahui juga makanan sehat, yang wajib dikonsumsi oleh orang yang menjalankan diet kalori dengan tujuan menurunkan berat badan. Jadi langsung simak saja daftarnya di bawah ini, yakni:

1. Yogurt

Makanan pertama yang bisa Anda jadikan konsumsi ketika sedang melakukan diet kalori adalah yogurt. Alasannya karena yogurt mempunyai kandungan kalori rendah, jadi sangat cocok dijadikan konsumsi diet.

2. Salad

Makanan selanjutnya yang bisa Anda makan saat menjalankan diet kalori adalah salad. Hampir sama dengan yogurt, makanan yang terbuat dari sayuran yang dicampur dengan mayonnaise ini juga termasuk dalam makanan rendah kalori.

3. Kentang

Bagi Anda yang sedang melakukan diet kalori ataupun diet jenis lain, pasti sudah tidak asing dengan salah satu makanan yang mengandung banyak sumber gizi berupa vitamin, nutrisi dan juga karbohidrat. Selain mempunyai banyak kadungan bergizi ternyata kentang juga mengandung kalori yang rendah.

Baca Juga  Cara Memperoleh IPK Tinggi: Simak Buat Kamu Para Mahasiswa
4. Tahu

Makanan terakhir, yang bisa Anda jadikan makanan khusus dalam menjalani program diet dan juga mengurangi asupan kalori harian adalah tahu, karena pada dasarnya tahu mempunyai kadungan kalori rendah dan juga terdapat kandungan serat tinggi di dalamnya.

Demikian penjelasan singkat tentang beberapa cara untuk mengurangi asupan kalori harian, beserta makanan yang bisa dimakan saat menjalani diet kalori. Semoga bisa menginspirasi dan juga membuat Anda tambah semangat, dalam menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait