by

Cara Mudah Membuat Handsanitizer di Rumah

Kondisi pandemi COVID-19 yang saat ini masih terus menguntit Indonesia, membuat ketakutan setiap warga semakin diguncangkan. Belum lagi protokol kesehatan, yang mewajibkan setiap masyarakat untuk menjaga jarak dan mengenakan masker saat berpergian atau berada di kerumunan, menambah kebutuhan yang harus dicukupkan.

Apalagi membahas tentang kesehatan, semua orang tentu saja tidak berani untuk tawar menawar. Apa saja akan selalu diusahakan. Alhasil, pembiayaan kebutuhan hidup oleh tiap masing-masing warga menjadi meningkat secara drastis. Mulai dari pembelian masker, hingga handsanitizer yang tentu sangat diperlukan sekali di era pandemi ini.

Perlunya handsanitizer hampir di seluruh kegiatan aktivitas, membuat pemakaian handsanitizer terasa boros hingga menjadi satu pemicu kebutuhan yang tak terelakkan.

Oleh karena itu, berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat hand sanitizer, agar kamu tidak perlu menghabiskan uang secara terus-menerus untuk membeli handsanitizer. Bagaiman caranya? Baiklah, langsung saja kita bahas.

Cara Membuat Handsanitizer

Langkah pertama sekali untuk membuat Handsanitizer ialah menyiapkan beberapa bahan yang akan kamu gunakan. Memang, dalam menyiapkan beberapa alat dan bahan ini, kamu akan mengeluarkan biaya untuk membelinya.

Kecuali, jika kamu telah memiliki stok persediaannya di rumah. Namun jangan khawatir ya, biaya untuk bahan yang kamu perlukan tetap saja lebih minim, dibanding biaya kamu untuk membeli ganti Handsanitizer yang telah habis secara terus-menerus.

Berikut ini alat dan bahan yang kamu harus sediakan.

Alat dan Bahan:
  • Alcohol 70%
  • Aloevera 70 gram
  • Essential Oil
  • Botol spray kosong
  • Timbangan
  • Gelas ukur
Cara Membuat:

Pertama, ambillah alkohol yang memiliki kadar alkoholnya sejumlah 70% , yakni yang kamu miliki atau yang telah kamu sediakan. Sesudah itu, tuanglah alkohol tersebut sebanyak 60 ml. Untuk mengukur jumlah dari banyaknya yang harus kamu tuang, kamu bisa memakai gelas ukur yang kamu telah sediakan sebelumnya.

Jika telah terlihat pas atau tepat di ukuran 60 ml, kamu bisa menghentikan penuangan agar nantinya alkohol yang kamu pakai tidak berlebihan.

Bagi kamu yang masih bingung, dan kerap bertanya tentang mengapa harus memakai alkohol 70% dan mengapa tidak memakai alkohol dibawah 70% ? Berikut penjelasan yang dapat melunasi kebingungan yang kamu miliki.

Nah, untuk membuat Handsanitizer itu, kadar optimal yang bisa digunakan ialah alkohol yang memiliki kadar 70% hingga 80 % alkohol.

Dikarenkan jika memakai yang berada di bawah 70%, akibatnya handsanitizer tidak akan optimal atau tidak dapat bekerja dengan baik untuk membunuh virus, kuman maupun bakteri yang menempel. Dengan demikian, dianjurkan untuk menggunakan kadar alkohol 70% hingga 80%.

Eits, Lantas mengapa pula tidak 100%? Nah, jika memakai kadar 100% justru akan menimbulkan masalah seperti dermatitis kontak, dan juga dapat menggangu fungsi lapisan sebum pelindung alami yang ada pada kulit. Karena itulah mengapa Handsanitizer tidak dibuat dengan menggunakan kadar alkohol yang berjumlah 100%.

Langkah kedua yang harus kamu lakukan ialah, masukkan Aloevera sebanyak 70 gram ke dalam wadah yang kamu sediakan. Penambahan aloevera pada Handsanitizer ini berguna untuk melembutkan telapak tangan, saat kamu menggunakan Handsanitizer nantinya.

Bahkan tak hanya itu, menambahkan Aloe Vera juga dapat mengurangi Inflamasi atau Peradangan yang terjadi pada kulit serta menghidrasi kulit yang terasa kering.

Agar aloevera yang kamu tambahkan tidak kebanyakan dan tidak kekurangan, atau untuk memastikan apakah aloevera yang kamu tuang telah sesuai dengan ukuran, kamu bisa memakai timbangan yang telah kamu sediakan ya.

Jika telah mencapai ukuran berat yang pas, kamu bisa menutup kembali aloevera milikmu dan menghentikan penuangan. Setelah itu, aloevera yang telah kamu timbang dapat kamu gabungkan atau kamu campurkan kedalam alkohol yang telah kamu ukur sebelumnya.

Ketiga, setelah pencampuran alkohol dan aloevera telah selesai kamu buatkan, langkah selanjutnya yang akan kamu lakukan ialah, menambahkan dua tetes esensial oil pada kedua bahan yang telah kamu campurkan.

Penambahan esensial oil ini berguna untuk memberi aroma wangi pada Handsanitizer yang akan kamu buat sendiri. Di sisi lain, esensial oil juga berguna untuk mengurangi iritasi apabila kulitmu mudah sensitif jika terkena oleh alkohol.

Wah, kalau sudah begini, esensial oil pun akan memberi dua fungsi secara sekaligus ya.

Langkah terakhir untuk membuat Handsanitizer ialah dengan mengaduk seluruh bahan yang telah kamu campurkan, yakni sampai semua bahan benar-benar menyatu dengan sempurna. Jika telah terlihat menyatu, tuang dan masukkanlah ke dalam botol spray kosong yang telah bersih kamu cuci atau botol spray yang masih baru.

Setelah selesai kamu isikan ke dalam botol, kocoklah kembali Hand sanitizer yang kamu buat dengan tidak terburu-buru. Cukup mengguncangnya dengan perlahan dan memastikan semuanya telah menyatu menjadi satu bahan.

Melakukan hal ini berguna untuk meratakan kembali semua bahan yang telah kamu gabungkan. Dengan demikian, Handsanitizer yang kamu buatkan telah selesai dan kini siap untuk kamu gunakan.

Nah, sekarang sobat Lintashaba sudah tahu kan, bagaimana cara untuk membuat Handsanitizer sendiri dengan mudah, tanpa harus boros uang untuk membelinya?

Selain sangat mudah dilakukan, kamu pun akan lebih hemat pengeluaran dan tentunya akan mengurangi peningkatan pembiayaan.

Akan tetapi, alangkah baiknya jika kamu mencuci tangan di bawah air mengalir secara langsung ya sob. Jadi fungsi dari Handsanitizer ini ialah untuk membersihkan tangan dan membunuh virus atau bakteri saat kamu sedang berpergian. Atau setelah menaiki kendaraan umum, maupun selesai berjabat tangan dengan seorang kenalan, dan semisalnya kamu kesulitan untuk mendapatkan tempat untuk mencuci tangan.

Baca Juga  5 Tips Memilih Kampus yang Tepat untukmu!

Comment

Artikel Terkait