by

Cara Menghemat Kouta Internet: Salah Satu Cara untuk Menyelamatkan Keuangan

Kouta internet merupakan salah satu kebutuhan penting bagi sebagian banyak orang. Pasalnya tanpa paket internet, seseorang tidak bisa mengakses internet atau membuka aplikasi yang membutuhkan internet untuk membukanya.

Kebutuhan internet yang tinggi ini membuat beberapa orang menggunakan internet lebih dari seharusnya, sehingga mereka boros. Lalu bagaimana ya caranya agar tidak boros dalam menggunakan internet, sehingga kouta internet menjadi hemat? Berikut ulasannya.

1. Matikan Koneksi Internet Kamu Jika Tidak Menggunakannya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kouta internet ialah, kamu bisa mematikan koneksi internet kamu terlebih dahulu apabila tidak menggunakannya. Tanpa kamu sadari, koneksi internet pada smartphone memang akan terus berjalan tanpa kamu sadari. Sehingga, walaupun kamu sedang tidak menggunakannya, apabila koneksi internet tetap kamu nyalakan, kouta kamu bisa tersebut berdasarkan aplikasi yang ada di dalamya.

Salah satu aplikasi yang menyedot kouta tanpa kamu tidak menggunakannya ialah aplikasi e-mail. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan koneksi internet kamu apabila tidak menggunakannya.

2. Matikan Fitur Auto Download

Beberapa aplikasi yang ada di ponsel bisa menjalankan fitur auto download, seperti E-mail atau foto dan video yang berasal dari beberapa chat messenger. Nah, apabila kamu ingin menghemat kouta, sebaiknya matikan fitur tersebut.

Memang benar jika fitur tersebut bisa membantu kamu mendapatkan informasi atau kabar berita lebih cepat, oleh karena itu, untuk tetap bisa mendapatkan informasi dengan cepat tanpa kehilangan banyak kouta internet, kamu bisa mengecek aplikasi tersebut secara berkala untuk melihat apakah kira-kira ada informasi terbaru atau tidak.

3. Hindari Streaming Video yang Tidak Penting

Streaming video menjadi salah satu hal yang paling parah dalam membuat kouta internet cepat habis. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari streaming video-video yang tidak penting dan lebih baik simpan kouta internet kamu untuk hal-hal yang lebih penting. Kecuali apabila kamu memang memiliki sisa kouta yang cukup untuk streaming video, atau kamu memiliki kouta khusus untuk streaming video, baru kamu bisa menggunakan kouta tersebut.

Baca Juga  Pikiran Kamu Suntuk dan Butuh Hiburan? Ini 8 Hiburan Penyegaran Pikiran yang Bisa Kamu Coba
4. Gunakan Wifi yang Ada di Sekitarmu

Buat kamu yang memiliki Wifi di rumah, kamu bisa menggunakan Wifi tersebut daripada menggunakan kouta untuk berselancar di internet. Tak hanya di rumah saja, kamu juga bisa memanfaatkan Wifi yang ada di tempat umum, seperti di kantor, sekolah, rumah makan, dan lain sebagainya.

Dengan cara ini  kamu bisa menghemat kouta kamu dan tidak perlu lagi bingung apabila tiba-tiba harus menggunakan kouta internet saat dalam keadaan yang darurat.

5. Batasi Penggunaan Data Internet

Di ponsel kamu bisa menemukan fitur untuk menghemat data dengan cara membatasi penggunaan data. Kamu bisa mengaturnya dengan cara masuk ke bagian setting dari aplikasi-aplikasi, yang tersambung dengan internet dan bisa menyedot kouta. Lalu, kamu masuk ke Back Up & Sync. Nah, di sana kamu bisa melihat informasi setting data usage dan lain sebagainya.

6. Atur Jadwal untuk Auto Update Apps

Kamu mungkin sering kali menemui pembaruan otomatis di Google Play Store atau App Store, sehingga jangan merasa heran jika kamu akan menemui kouta data kamu cepat habis karena tak sengaja digunakan untuk pembaruan tersebut. Oleh sebab itu, untuk menghindari ketidaksadaran kamu karena aplikasimu ternyata terupdate sendiri, kamu bisa mengatur jadwal untuk setting auto update apps yang ada di bagian setting atau pengaturan agar kamu bisa menghemat kouta.

7. Pasang Batas Penggunaan Kouta Tiap Bulannya

Cara menghemat kouta internet selanjutnya ialah dengan memasang batas penggunaan kouta tiap bulannya. Untuk cara yang satu ini bisa dilakukan pada Android 5.0 Lollipop dan setelahnya. Caranya cukup mudah, kamu tinggal membuka pemakaian internet di Setting kemudian klik fitur Connections.

Baca Juga  Manfaat Sabun Organik Beserta Cara Membuatnya

Nah, melalui data tersebut kamu bisa memperkirakan berapa kouta internet yang kamu butuhkan dalam sebulan nanti. Nah, setelah selesai, kamu bisa klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat pemakaian internet kamu.

8. Batasi Background Data yang Berjalan

Banyak aplikasi yang berjalan sebagai background di Android, contohnya seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Game dan aplikasi lainnya yang tidak dimatikan dengan sempurna. Sehingga, tak heran jika aplikasi-aplikasi tersebut menyedot banyak paket data yang kamu miliki.

Untuk itu, cara untuk meminimalisir background data tadi kamu bisa menuju ke pengaturan dengan membuka fitur Data usage, klik aplikasi yang ingin dibatasi, lalu klik Restrict app background data.

9. Gunakan Browser yang Efisien

Browser merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk browsing atau searching sesuatu di internet. Namun, sayangnya ternyata aplikasi yang memiliki banyak kegunaan ini juga bisa membuat kouta internet cepat habis atau boros.

Untuk itu, cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menggunakan browser yang efisien. Contohnya seperti Opera Mini , Chrome dan lain sebagainya.

Untuk Opera Mini, kamu bisa menggunakan fitur data-saving ‘video boost’, sedangkan untuk Chrome, kamu bisa memencet tiga titik yang ada di bagian kanan atas. Klik Settings, klik Lite Mode dan klik On.

10. Manfaatkan Aplikasi-Aplikasi Offline

Banyak aplikasi yang bisa diakses dengan offline, contohnya seperti Spotify premium, Google Maps dan lain sebagainya. Kamu bisa mengunduh data-data yang diperlukan saat tersambung dengan Wifi, kemudian kamu baru bisa memanfaatkan mode offline yang tersedia.

Itu tadi cara menghemat kouta internet. Buat kamu yang masih suka boros kouta, kamu bisa mencoba cara tersebut untuk mengurangi pengeluaran kamu.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait