by

Cara Menata Tanaman Hias Agar Rumah Tampak Indah dan Enak Dipandang

Cara menata tanaman hias agar terlihat lebih menarik sangat mudah dilakukan. Hal itu dilakukan agar pemandangan halaman atau sekitar rumah menjadi tidak monoton. Manfaatkan beberapa jenis tanaman hias untuk menambah kesan eksotis dan natural, agar orang yang memandangnya menjadi betah.

Anda bisa mulai menata tanaman hias tersebut menggunakan pot hias besar ataupun kecil, digantung, menggunakan rak khusus tanaman, hingga membuat miniatur taman di halaman rumah Anda.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara menata tanaman hias dengan mudah, simaklah penjelasan di bawah ini.

1. Menggunakan Rak Tanaman
Foto: istockphoto

Cara pertama untuk mendapatkan tampilan mengesankan dari tanaman hias, yang Anda punya adalah dengan memanfaatkan media rak untuk menempatkan tanaman hias Anda. Media rak ini digunakan untuk mensiaati jika halaman rumah yang Anda punya tidak besar atau luas.

Dengan menggunakan media rak ini Anda sudah bisa menanam tanaman hias yang diinginkan, tanpa perlu memikirkan halaman yang kecil. Tentu untuk jenis rak-nya sendiri juga bermacam-macam, tapi alangkah lebih baiknya jika memilih tipe rak yang sesuai dengan kondisi atau keadaan halaman rumah Anda.

2. Menggunakan Pot Gantung
Pot Gantung (Foto: istockphoto)

Jika Anda memilih untuk meletakkan tanaman hias pada media pot, lebih baik pilihlah pot gantung untuk tempat tanaman. Untuk jenisnya pot gantung sendiri ada dua macam yakni kecil dan besar, 2 jenis pot gantung tersebut masing-masing mempunyai fungsi keindahan tersendiri sesuai dengan ukurannya.

Jika Anda menginginkan tampilan lebih minimalis dan tidak terlalu rapat dalam penataannya, bisa menggunakan pot gantung kecil sebagai media tanaman hias.

Tetapi jika ingin menciptakan kesan eksotis dan asri, Anda bisa memakai pot gantung besar yang akan membuat tampilan menjadi lebih rindang.

Baca Juga  5 Topik Komunikasi yang Jarang Dibahas Oleh Pasangan Agar Hubungan Langgeng
3. Tata Tanaman Sesuai Jenisnya
Foto: istockphoto

Untuk cara selanjutnya agar tanaman hias nampak rapi dan menarik, Anda bisa menata tanaman hias sesuai dengan jenis dan macamnya. Dengan memakai cara ini dijamin halaman rumah akan menjadi enak dipandang, selain itu tanaman juga akan lebih serasi karena ditata sesuai dengan jenisnya.

Caranya sangat mudah yakni Anda tinggal memilih dan memilah kategori tananam hias yang sama, lalu tempatkan pada baris yang sama. Untuk lebih menarik lagi buatlah taman kecil untuk menempatkannya, jika mempunyai lahan yang kecil Anda juga bisa menggunakan pot-pot berukuran kecil.

4. Atur Posisi Tanaman
Foto: istockphoto

Setelah menata tanaman hias sesuai jenis dan macamnya, langkah selanjutnya adalah mengatur posisi tanaman tersebut. Cobalah cara yang sederhana saja, misalnya dengan menata atau meletakkan tanaman hias yang tinggi berada paling belakang sendiri.

Serta untuk tanaman hias yang pendek Anda bisa menempatkannya di depan, hal ini dilakukan agar pemandangan dari kumpulan tanaman hias yang Anda punya lebih terlihat rapi, selain itu tampilan dari tanaman hias yang satu dengan lainnya tidak saling menghalangi.

5. Taruh Tanaman Hias Sudut Halaman atau di Sekitar Tangga
istockphoto

Cara terakhir yang bisa Anda pakai yakni dengan cara menaruh tanaman hias pada sudut halaman rumah Anda, tetapi dengan syarat Anda harus mempunyai halaman yang luas. Manfaatkanlah sudut halaman yang kosong untuk menyimpan berbagai jenis tanaman hias mini.

Selain memanfaatkan sudut ada halaman yang luas, Anda juga bisa menaruh tanaman hias di sekitar tangga. Hal ini akan membuat area sekitar tangga jadi lebih hidup serta menarik. Taruh beberapa jenis tanaman hias kecil baik menggunakan media pot biasa maupun gantung.

Baca Juga  5 Tempat Wisata Ekstrim, Nuansa Alam yang Dapat Menguji Nyalimu!

Tanaman hias yang tertata rapi dan disusun sesuai dengan jenisnya, tentu sudah membuat perubahan besar pada pemandangan di sekitar rumah Anda. Selain enak dipandang, keindahan dari tanaman hias dapat membuat pikiran tenang dan nyaman dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Demikian ulasan tentang bagaimana cara menata tanaman hias, semoga dapat bermanfaat dan jadi referensi.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait