by

Cara Cepat Menaikkan Tinggi Badan, Dijamin Berhasil!

Semua manusia merupakan makhluk Tuhan yang memiliki bentuk berbeda satu sama lain. Hal inilah yang menjadi ciri unik manusia sebagai makhluk hidup. Adapun perbedaan yang signifikan di antara manusia ialah perbedaan gen dan juga kondisi tubuh, ada yang besar, kecil, gemuk dan kurus, semua ini merupakan pengaruh gen terhadap tubuh manusia.

Berbicara mengenai gen dan kondisi tubuh, setiap manusia pasti memiliki tinggi badan yang berbeda pula termasuk kamu dengan orang lain. Ketinggian yang terkadang menjadi syarat dalam aktivitas sehari-hari, sering kali membuat manusia dengan ketinggian di bawah rata-rata menjadi susah berinteraksi. Mau tahu bagaimana cara menaikkan tinggi badan dengan cepat dan akurat? Berikut ulasannya!

Faktor Pembentuk Tinggi Badan

Pernahkah kamu berpikir mengenai tubuh manusia yang saling berbeda satu sama lain dan mengapa hal itu bisa terjadi? Perbedaan tubuh manusia disebabkan karena faktor gen dari keturunan mereka, atau dengan nama lain faktor keturunan gen. Dalam sebuah penelitian sains, tubuh manusia tersusun dan diatur oleh gen sebesar 80% dan sisanya merupakan aktivitas yang dapat mempengaruhi tubuh.

Jadi bisa dikatakan tak semua susunan tubuh manusia berbeda 100%, melainkan masih bisa dibentuk oleh aktivitas tubuh sehingga mempengaruhi perubahan yang lain. Contohnya saja begini, kamu berolahraga supaya tubuhmu agak kurus karena membakar kalori. Nah inilah yang disebut aktivitas yang mempengaruhi tubuh.

Sedangkan peran gen disini ialah menyamakan jenis keturunan manusia. Adapun untuk perkembangan tinggi, gemuk, kurus, rendah dan sebagainya merupakan pengaruh aktivitas tubuh. Selain aktivitas tubuh, terdapat hal lain yang turut menyumbang perubahan badan yakni kandungan zat bergizi dalam makanan.

Sebagian orang yang suka mengonsumsi makanan sehat dan juga berolahraga, sudah pasti tahu bagaimana cara menaikkan tinggi badan dengan benar. Hal ini karena memang kebiasaan mereka sehari-hari dalam menjaga kondisi tubuh. Semakin baik proses penjagaan aktivitas tubuh maka akan semakin baik pula tubuh manusia.

Baca Juga  9 Manfaat Kembang Pacar Air untuk Kesehatan
Trik Menaikkan Tinggi Badan dengan Benar

Nah, setelah kamu tahu apa saja penyebab tubuh menjadi tinggi dari penjelasan di atas, ada baiknya kamu yang saat ini sedang mencari metode peningkatan tinggi badan juga menerapkan cara-cara di bawah ini. Berikut cara menaikkan tinggi badan dengan baik dan benar:

1. Lengkapi Gizi

Ketika kamu ingin bertambah tinggi maka hal yang harus kamu lakukan ialah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Dalam proses peningkatan tinggi badan, terdapat beberapa kandungan yang sangat berguna dan mendukung pertumbuhan. Beberapa kandungan tersebut antara lain, protein, kalsium, zat besi, vitamin D dan Fosfor.

Kelima kandungan diatas sangat berperan ekstra dalam proses peningkatan tinggi badan. Kamu bisa mulai dari protein, misalnya mengkonsumsi tempe dan tahu. Lalu untuk kalsium sendiri kamu bisa meminum susu yang kaya akan zat tersebut. Selengkapnya kamu juga bisa mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan zat besi.

Nah, untuk yang terakhir yakni vitamin D dan Fosfor merupakan kandungan yang sangat berguna. Keduanya ini berfungsi sebagai penguat tulang dan sendi pada tubuh, jadi bukan tidak mungkin dengan kamu mengonsumsinya akan memberikan penguatan sendi selain juga untuk meningkatkan tinggi badan.

2. Kurangi Makanan Berlemak

Pernahkah kamu melihat orang yang sangat gendut bahkan sampai kesulitan dalam beraktivitas? Itulah nama lain dari obesitas berlebihan, sebuah penyakit karena banyaknya lemak yang menumpuk dalam tubuh sehingga mengakibatkan gumpalan daging yang banyak. Jika sudah begini mustahil untuk menaikkan tinggi badan bukan?

Nah, untuk cara menaikkan tinggi badan yang kedua ini merupakan counter dari obesitas. Apalagi kalau bukan mencegah dan mengurangi makanan berlemak tinggi seperti mentega dan daging. Karena tingkat lemak yang berlebihan tersebut tidak terlalu bagus untuk daya kembang tubuh, seperti halnya untuk proses peningkatan tinggi badan.

Baca Juga  Cara Merawat Strawberry Agar Berbuah Cepat dan Lebat

Adapun cara mengurangi makanan berlemak adalah dengan memakan sayuran, biji-bijian dan juga memperbanyak buah segar. Dengan begitu, zat lemak yang seharusnya mengumpul akan terbakar sedikit demi sedikit sehingga menyebabkan tubuh menjadi ramping. Dengan tubuh ramping maka kamu akan mudah untuk mengubah tampilan dirimu menjadi lebih tinggi.

3. Rajin Berolahraga

Setelah kamu rajin mengonsumsi makanan bergizi dan juga mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh, maka langkah selanjutnya ialah memperbanyak olahraga. Mengapa harus berolahraga? Alasannya cukup mudah, dengan berolahraga secara teratur kamu dapat membantu peran zat pembakar lemak menjadi lebih mudah.

Hal ini dikarenakan peran olahraga sendiri yang bersifat membakar kalori dalam tubuh. Jadi bisa dikatakan jika kamu berolahraga secara teratur dengan durasi waktu yang cukup lama, maka keringat yang akan keluar dari tubuh kamu merupakan hasil pembakaran kalori. Olahraga ringan seperti jogging, jalan cepat dan senam merupakan media gampang untuk kamu yang baru pertama kali melakukan aktivitas ini.

Sedangkan untuk semi sedang, kamu bisa melakukan bulu tangkis, sepak bola, voli, basket dan juga renang. Untuk yang kedua ini bisa dilakukan setelah kamu cukup terbiasa dengan dunia olahraga.

Yang terakhir ialah olahraga tingkat berat seperti lompat tinggi, lempar cakram, maraton, silat dan lompat jauh, untuk yang ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi pola perkembangan tubuh termasuk ketinggian tubuh itu sendiri.

Nah, itulah cara menaikkan tinggi badan dengan baik dan benar, untuk kamu yang ingin memiliki tubuh tinggi coba saja tips di atas. Dengan mencobanya secara konsisten, maka secara bertahap tubuh kamu akan bertambah tinggi dan sesuai harapan. Selamat mencoba!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya