by

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Lemas Secara Alami?

Cara mengatasi rasa lemas dapat dilakukan secara alami. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengonsumsi obat-obatan dan tentunya akan lebih aman. Adapun cara ini lebih merujuk kepada memperbaiki pola atau gaya hidup yang kamu miliki.

Cara Mengatasi Rasa Lemas

Penyebab dari rasa lemas ini sebenarnya beragam, mulai dari masalah fisik hingga psikis bahkan ketika kamu merasa stres pun, hal tersebut akan mempengaruhi diri kamu. Sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk rasa lemas. Nah, untuk mengatasinya lakukan beberapa cara alami berikut ini!

1. Waktu Tidur Cukup

wanita cantik asia muda tidur nyenyak di tempat tidur di pagi hari - tidur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernah kamu begadang sampai tidur semalaman, sehingga ketika pagi harinya beraktivitas tubuh terasa lemas? Hal tersebut dikarenakan waktu tidurmu tidak cukup, dimana tidur dianjurkannya minimal tujuh jam untuk setiap malamnya.

Sehingga tubuh pun akan lebih fit dibandingkan dengan kamu begadang. Selain itu, jika kamu tidak bisa tidur maka lakukanlah yoga 30 menit sebelum tidur, tidak main handphone, maupun makan berat saat mendekati waktu tidur. Biasanya, beberapa hal tersebut mempengaruhi waktu tidur.

2. Olahraga Rutin

wanita muda cantik berlatih yoga di luar saat matahari terbit - yoga potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Badan yang tidak bugar, tentu akan mudah merasa lemas bahkan kemungkinan terkena gangguan kesehatan lainnya. Hal tersebut dikarenakan ketika malas berolahraga maka berat badan tidak terkontrol, obesitas dan lain sebagainya.  Selain itu, manfaat dari olahraga ini sendiri ternyata dapat membuat tubuh lebih berenergi.

Dimana hal ini dikarenakan mitokondria yang menjadi bagian memproduksi energi pada sel akan semakin banyak. Sehingga, tubuh memiliki banyak cadangan energi. Tentu hal tersebutlah yang menyebabkan tubuhmu tidak mudah cepat lelah, berbeda ketika kamu malas untuk melakukan workout.

Lakukan olahraga setiap hari, tetapi jika tidak bisa kamu dapat melakukannya tiga kali dalam seminggu. Adapun jenis olahraga yang dilakukan pun beragam, dapat berjalan kaki selama 15-30 menit, senam, gym dan lain sebagainya. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan keinginanmu, tetapi dilakukan dengan konsisten.

Baca Juga  7 Manfaat Yoga Bagi Tubuh dan Jenisnya!
3. Usahakan untuk Berhenti Merokok

dunia tidak ada hari tembakau dengan tangan melanggar rokok desain vektor - berhenti merokok ilustrasi stok

Merokok dapat menyebabkan seseorang untuk cepat lemas atau lelah. Hal ini karena jumlah oksigen yang ada dalam aliran darah maupun paru-paru menjadi berkurang. Dimana oksigen tergantikan oleh asap rokok, padahal oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh. selain itu, diketahui apabila oksigen menurun maka tubuh pun akan menjadi lelah atau lemas.

Dengan demikian, cobalah untuk perlahan berhenti secara perlahan. Apabila tidak bisa langsung berhenti, maka kurangilah setiap hari jatah merokok dari yang biasa kamu habiskan. Lakukanlah hal tersebut dengan konsisten sampai akhirnya kamu berhasil berhenti untuk merokok.

4. Mengurangi Minuman Alkohol

konsep larangan minuman beralkohol di tempat kerja dalam bisnis. - berhenti minum potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengurangi konsumsi alkohol. Dimana diketahui, jika alkohol dapat menghambat proses produksi glukosa. Hal tersebutlah yang menyebabkan gula darah menurun kemudian menjadikan tubuh menjadi lemas.

Usahakan untuk tidak minum alkohol terutama ketika kamu merasa sedang lemas atau lelah. Hal ini hanya karena membuat dirimu semakin buruk. Sama hal nya seperti merokok, kamu dapat dapat berhenti secara perlahan. Apabila cukup sulit, hindarilah teman-teman yang suka minum alkohol, untuk sementara sampai akhirnya kamu merasa bisa menolak ajakan mereka dengan tegas.

5. Minum Air Putih Dengan Cukup

tangan wanita menuangkan air dari decanter ke dalam gelas gelas gelas dengan lemon dan es. konsep kesehatan dan diet. memuaskan dahaga pada hari yang panas. - minum air putih potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu penyebab dari dehidrasi adalah kekurangan air atau cairan dalam tubuh. Dimana hal tersebut membuat tubuh menjadi lemas dan mudah kelelahan. Sehingga, dengan minum air putih yang cukup, maka tubuh pun akan terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Kamu dapat minum air putih dengan minimal 8 gelas atau 2 liter untuk setiap harinya.

Hindarilah terlalu banyak minuman yang memiliki rasa. Pasalnya, hal tersebut pun tidak terlalu bagus untuk kesehatan. Selain itu, untuk memudahkan, kamu dapat membawa botol minum yang berisikan air kemana-mana.

Baca Juga  Suka Ngemil Tapi Punya Asam Lambung? Berikut 5 Rekomendasi Kudapan Ringan Untuk Penderita Maag

Sehingga, nantinya apabila kamu merasa haus, dapat langsung minum air tersebut. Apabila kamu tidak menyukai air putih karena rasanya aneh atau sebagainya, maka cobalah untuk dibiasakan secara perlahan-lahan. Kamu pun perlu berhenti mengonsumsi minuman kemasan atau dengan kandungan gula yang berlebihan.

6. Mengurangi Asupan Gula

bebas gula. tangan gestur manusia menolak untuk manis - less sugar ilustrasi stok

Gula memang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, tetapi tubuh tetap membutuhkan glukosa. Hal ini karena glukosa bergunfis menjadi salah satu sumber energi untuk tubuh sehingga, memang penting untuk kamu konsumsi, sumber glukosa sendiri ada pada nasi, buah pisang, mangga, apel, yogurt dan lain sebagainya.

Pastikan untuk mengonsumsinya tidak terlalu berlebihan. Pasalnya, jika kamu mengonsumsinya melampaui kebutuhan tubuh, maka akan menyebabkan diabetes dan penyakit lainnya. Kamu pun dapat mengganti menu makanan apabila bosan.

7. Mengonsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

nasi lemak, hidangan nasi aromatik melayu dengan lauk pauk - makanan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Makanan merupakan sumber energi yang utama bagi tubuh. sehingga makan tidak hanya soal kenyang saja, tetapi makanan tersebut pun perlu memiliki gizi yang baik. Seperti menganduk lemak, vitamin, mineral, karbohidrat kompleks, dan protein.  Adapun makan tersebut diantaranya adalah sayuran, daging, kacang-kacangan, telur dan lain sebagainya.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang cukup maka tubuh pun akan terhindar dari rasa lemas. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang tubuh butuhkan misalnya, ada nasi, sayuran, daging, dan buah.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa lemas secara alami yang bisa dilakukan. Namun, jika rasa lemas sampai berlanjut berhari-hari jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Selain itu, kami pun perlu mengetahui apa penyebab dari rasa cemas yang kamu alami. Sehingga akan memudahkan untuk mengatasinya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya