by

Apa Saja Makanan untuk Bayi Usia 6 Bulan yang Baik?

Makanan untuk bayi memang tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Hal ini karena sistem pencernaan keduanya pun berbeda. Biasanya, bayi yang sudah bisa mengonsumsi makanan ditandai dengan beberapa ciri, di antaranya berat badan naik (dua kali lipat dari bobot saat dilahirkan), memiliki kemampuan untuk mengangkat kepalanya serta leher dan terlihat lapar meski sudah minum susu.

Selain itu, bayi pun mulai tertarik dengan makanan yang dilihat olehnya, makanan dalam mulutnya mampu ia tahan, dan pastinya usianya sudah enam bulan. Maka, jika hal ini sudah bayi tunjukan, jangan ragu untuk memberikan makanan selain susu.

Pengertian makanan bayi usia enam bulan

Makanan ini merupakan makan yang dikhususkan untuk bayi dengan usia enam bulan serta memiliki tekstur yang lunak. Namun, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa makanan bayi, adalah makanan yang mudah dikonsumsi dan dikonsumsi sampai bayi berusia dua tahun.

Jenis makanan bayi

Ada beberapa jenis makanan bayi, tetapi dalam artikel ini akan membahas mengenai makanan alami untuk bayi. Selain itu, makan ini pun dapat dibuat dengan mudah rumah. Jenis makanan untuk bayi tersebut di antaranya:

1. Pisang

pisang yang dibudidayakan kuning pada daun hijau - banana potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Makanan satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi terdengar. Pasalnya, makanan ini sangat mudah didapatkan di Indonesia dan sudah menjadi makanan yang biasa dikonsumsi, baik oleh orang dewasa maupun oleh bayi usia enam bulan. Biasanya, buah ini akan dikukus sehingga strukturnya menjadi lembek dan mudah dicerna oleh bayi.

Selain dikukus, pisang ini pun dapat dijadikan sebagai bubur pisang. Bunda hanya perlu mengukusnya lalu pisahkan buah dari kulitnya, kemudian lembutkan pisang yang sudah matang dengan garpu, dan berikan susu formula atau ASI supaya pisang tadi menjadi encer.

Baca Juga  Jangan Bingung, Inilah Perbedaan Artikel dan Esai

Buah yang kaya akan kalium serta serat ini aman untuk pencernaan bayi. Namun, sering memberikan pisang akan menyebabkan konstipasi.

2. Beras merah

komposisi dengan semangkuk beras merah di atas meja kayu - beras merah potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Beras merah sudah menjadi salah satu makanan pokok, bahkan ada beberapa orang yang berganti dari beras putih ke jenis beras ini. Hal ini dikarenakan jenis beras tersebut tidak menimbulkan alergi dan sedikit glukosa dibandingkan beras putih. Meskipun demikian, makanan pokok ini memiliki banyak nutrisi untuk tubuh.

Selain itu, makanan jenis tersebut dapat dijadikan bubur untuk bayi yang sudah berusia enam bulan karena aman dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Cara membuat buburnya seperti biasa, tetapi untuk lebih cepat matang, Bunda bisa membuat bubur dari nasi beras merah.

Jadi, hanya perlu menambahkan nasi secukupnya lalu diberikan air dan panaskan. Tambahkan air secara terus menerus, apabila tekstur dari buburnya masih kurang lembek.

3. Alpukat

alpukat terbelah dengan cahaya keras trendi dan bayangan keras di latar belakang kuning - alpukat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Makanan selanjutnya adalah buah alpukat. Buah ini memiliki manfaat untuk perkembangan otak maupun fisik sang bayi, karena mengandung lemak yang baik untuk menunjang hal tersebut.

Bunda dapat membuat bubur dari buah ini. Untuk caranya, siapkan buah alpukat lalu ambil dagingnya dan haluskan dengan sendok. Setelah itu, tambahan susu formula atau ASI untuk membuatnya lebih encer.

Namun, jika Bunda kesusahan dalam melembutkan menggunakannya dapat menggunakan blender sebagai alat bantu. Tinggal, masukan daging alpukat lalu tambahkan sedikit air hingga lembut kemudian tambahan diantara kedua susu tadi. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi Bunda. Namun, hindari mengambil alpukat sampai ke warna hijaunya karena rasanya pahit pada beberapa jenis alpukat.

4. Brokoli

memotong dan memasak brokoli dengan latar belakang bertekstur abu-abu - brokoli potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis sayuran hijau ini, sudah sangat familiar karena termasuk makanan yang sehat. Brokoli pun, mengandung rasa semi manis ketika dikukus. Sayuran ini memiliki kandungan berupa folat, berbagai vitamin, kalsium, serta, mineral dan serat. Berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh bayi.

Baca Juga  Istilah ‘Container Garden’ yang Dapat Kamu Jadikan Pilihan Berkebun untuk Lahan Sempit

Hal ini karena dapat menjadi bahkan meningkatkan sistem imunitas dan menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi. Untuk dapat dikonsumsi oleh Si Kecil, Bunda hanya perlu mengukusnya. Sampai teksturnya memungkinakan untuk dikonsumsi oleh Si Kecil. Selain itu, bisa dicampurkan pula ke dalam bubur bayi, misalnya bubur beras beras merah atau putih.

5. Kacang-kacangan

berbagai kacang-kacangan dalam kantong karung - nuts potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kacang-kacangan sangat baik untuk Si Kecil karena memiliki kandungan serat dan protein, yang dapat menunjang pembentukan tulang maupun menjaga kesehatan dari sistem kerja Si Kecil. Untuk membuatnya, Bunda bisa dikukus lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk maupun diblender.

Apabila Bunda membledernya maka tambahkan air sedikit agar memudahkan prosesnya. Namun, ada beberapa bayi yang justru memiliki alergi terhadap kacang-kacangan. Maka, sangat penting untuk mengetahui apakah Si Kecil memiliki alergi atau tidak. Jika Si kecil memiliki Alergi lebih baik, mengganti makanan dengan jenis yang lainnya.

6. Jeruk

mandarin terisolasi di latar belakang putih - jeruk potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jeruk memiliki manfaat bagi tubuh dikarenakan buah ini memiliki vitamin C, kalium, serta folat. Bahkan, kandungan ini pun bermanfaat bagi tubuh Si Kecil. Jeruk tentu akan menjadi buah yang menyegarkan bagi Si Kecil. Pilihlah buah jeruk yang manis, Bunda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum diberikan pada Si Kecil.

Selain itu, cuci terlebih dahulu jeruk sehingga bersih. Dikarenakan Si Kecil masih enam bulan, maka disarankan untuk memeriksanya terlebih dahulu agar aman. Hal ini karena bisa saja jeruk yang dikonsumsi langsung dapat membuat bayi tersedak. Tentu hal ini bukanlah hal baik. Bukan? Lalu jeruk yang sudah diperas tadi, berikanlah pada Si Kecil secara pelan-pelan.

7. Labu

labu di atas meja - labu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Buah satu ini sebenarnya sudah secara alami memiliki tekstur yang lunak. Selain itu, buah ini memiliki rasa yang gurih dan apabila labu sudah matang maka akan memiliki rasa yang manis. Bunda dapat membersihkan labu dan potonglah menjadi beberapa potongan kemudian kukus. Setelah matang, pisahkan kulit dan daging labu secukupnya.

Baca Juga  Segala Hal Tentang 'Gastronomi', Istilah yang Sering Digunakan Dalam Kuliner Indonesia

Kemudian lembutkan labu tersebut dengan garpu dan berikan pada Si Kecil. Adakah cara selain itu? Ada, Bunda dapat memberikan pada bayi usia enam bulan setelah labu dikukus dan dipisahkan dari kulitnya.

Pastikan, labu tersebut sudah bersih dari berbagai biji labu. Sehingga, dapat dinikmati oleh Si Kecil dan dicerna dengan baik. Sehingga, secara tidak langsung kandungan Vitamin A dan C sudah dikonsumsi.

Beberapa makanan untuk bayi usia enam bulan tadi dapat diberikan pada Si Kecil. Pilihlah, jenis makanan yang aman buat Si Kecil, selain itu hindari memberikan madu maupun susu sapi pada si Kecil karena itu dapat menimbulkan masalah pada bayi bahkan mengancam kesehatannya. Jika terjadi, alergi segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Comment

Artikel Terkait