by

Apa Saja Jenis Karakter yang Harus Dijauhi? Simak Ini Yuk!

Ada beberapa jenis karakter yang memang harus dijauhi. Hal tersebut dikarenakan hanya akan berdampak buruk pada dirimu, bahkan jika terlalu intens maka dapat mempengaruhi kehidupanmu. Selain itu, biasanya berapa karakter ini sendiri sebenarnya sudah dapat kamu rasakan memang tidak baik.

Namun, karena kemahiran mereka kemungkinan perasaan dan pikiranmu pun tidak terlalu dianggap serius. Adapun dampak yang akan kamu rasakan di antaranya lambat laun tidak percaya diri, tidak optimis dan lain sebagainya, bahkan apa yang menjadi mimpimu selama ini, kamu tidak lagi memiliki minat untuk mewujudkannya.

Jenis Karakter yang Harus Dijauhi

Seperti halnya penjelasan di atas, bahwa tindakan ini bukan hanya dilakukan tanpa alasan. Melainkan untuk menghindari hal-hal yang sebenarnya akan merugikan dirimu sendiri. Adapun karakter tersebut adalah sebagai berikut!

1. Manipulatif

Karakter seperti ini memang cukup berbahaya alasannya membuat kamu lambat laun akan meragukan dirimu sendiri, mengubah prioritas, bahkan tujuan hidup. Ia pun akan menyerang setiap kelebihan yang dimiliki oleh dirimu. Bahkan tidak ragu untuk mendiamkan dirimu ketika dia marah sehingga menimbulkan rasa bersalah.

Selain itu, ia pun sangat pintar memanfaatkan situasi yang ada untuk keuntungan dirinya sendiri. Maka, jangan heran apabila ketika dia salah dan bukti-bukti sudah mengarah kepadanya dirinya, ia dapat langsung menolaknya. Bisa juga melimpahkan kesalahan tersebut kepada orang lain.

Tentu jika kamu terus-terusan bersama orang seperti ini kamu pun akan merasa kehilangan identitas diri dan hanya akan melakukan apa yang dia inginkan. Namun, parahnya kamu tidak menyadari bahwa hal tersebut memang lah salah.

2. Narsistik

Orang-orang seperti ini selalu ingin menunjukan kepada dunia bahwa dia merupakan sosok yang penting, bahkan tidak ragu untuk mengatakan sesuatu hal yang dapat menarik perhatian banyak orang kepadanya. Meskipun tidak selihai orang manipulatif dalam mengendalikan banyak orang, tetapi orang seperti akan bersikap sangat egois.

Baca Juga  7 Olahraga yang Seru Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumah

Selain itu, dia tidak ingin satu orang pun bersikap tidak peduli pada dirinya. Jika kamu berteman dengan orang seperti ini, ia tidak akan senang apabila kamu mendapatkan lebih banyak perhatian dari siapapun dibandingkan dirinya. Padahal dunia tidak hanya berputar pada dirinya saja, bahkan orang seperti ini tidak segan untuk play victim, hanya untuk mendapatkan perhatian dari banyak orang atau orang tertentu yang ia mau.

3. Pesimis

Orang seperti ini biasanya senang sekali mengeluh bahkan ia lakukan setiap hari. Ia kesulitan dalam melihat sesuatu dari sisi positif dan kelihatan  sering sekali murung. Bahkan di hari kebahagiaan orang-orang terdekatnya. Ia merasa apa yang dilakukannya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Bahkan dia pun sering mundur  sebelum mencoba sesuatu dan  memilih tidak melakukan apa karena meyakini hal tersebut tidak akan berhasil. Sehingga tidak heran, apabila skill atau kemampuan dia pun tidak akan berkembang. Ketika orang disekitarnya sukses atau berhasil, ia akan mengeluarkan kata-kata pamungkasnya. Seperti “ iya lah dia sukses karena keluarga suportif, kaya, dan sayang sama dia” atau kata-kata lainnya.

Padahal,  sebenarnya dia pun belum pernah mencoba mengerjakan atau melakukan pergerakan apapun. Sehingga hal tersebut pun akan  mempengaruhi pola pikirmu apabila selalu berinteraksi dengan orang yang pesimis. Kamu akan melihat sesuatu seperti halnya si pesimis lihat.

4. Senang Mengkritik

Kritik yang membangun memanglah bagus untuk meningkatkan kemampuan diri. Namun, beda halnya ketika  segala sesuatu dikritik hanya karena beda dengan sudut pandangnya, bahkan hal tersebut pun akan dilakukannya kepadamu, meskipun kalian berteman. Misalnya, ketika kamu dan dia jalan lalu melihat orang berpenampilan yang menurutmu unik.

Baca Juga  Ini Ternyata 6 Rekomendasi Minuman Sehat saat Pandemi

Akan tetapi, ia kana berpendapat bahwa selera berpakaian orang tersebut norak atau kampungan. Contoh lainnya ketika seseorang mendapatkan prestasi, bukannya mengapresiasi malah mencari-cari kelemahan. Sehingga ia mengkritik orang tersebut tanpa henti. Namun, meskipun ia senang mengkritik orang lain, biasanya orang tersebut tidak suka untuk dikritik balik dan marah besar.

Nah, jika kamu terus-terusan bergaul dengan orang seperti itu, lambat laun pun kamu akan menjadi seperti dia. Tentu hal tersebut akan sangat merugikan dirimu. Pasalnya,  kamu hanya berfokus kepada orang lain dibandingkan dengan dirimu sendiri.

5. Tidak Sopan

Di lingkungan atau di sekitarmu pasti kamu pernah bertemu dengan orang yang tidak memiliki attitude atau sopan santun. Hal ini merujuk bukan hanya pada cara berbicara yang kasar saja. Namun, dengan mengungkapkan privasi orang lain dan membicarakan kekurangan orang lain dan menjadikannya bahan candaan merupakan salah satu sikap tidak sopan.

Bahkan beberapa orang diantaranya tidak segan untuk mencampuri urusan orang lain tanpa batas. Meskipun gaya bicara mereka halus dan mengungkapkannya dengan kata-kata yang bagus. Namun, tetap saja hal tersebut tidaklah bagus. Apanya, menganggur dan tidak menghormati orang lain.

Sehingga, orang seperti ini akan susah untuk dipercaya. Tipe orang seperti ini pun tidak akan ragu akan membuatmu merasa malu. Sehingga, sebaiknya kamu menjauhi orang dengan karakter seperti ini.  Sehingga tidak menguras emosi dan waktu yang kamu miliki.

6. Tidak Tulus

Orang-orang yang seperti ini biasanya tidak akan senang apabila kamu mendapatkan sesuatu yang baik. Bahkan ia hanya akan merespon seadanya dan tidak terlalu bersemangat seperti teman-teman yang lainnya. Selain itu, ia akan ada saat kamu dalam posisi yang stabil saja, tetapi saat kamu berada dalam kesulitan ia seolah-olah tidak ada.

Baca Juga  Suka Ngemil Tapi Punya Asam Lambung? Berikut 5 Rekomendasi Kudapan Ringan Untuk Penderita Maag

Namun, ia sangat senang ketika kondisi kamu berada dibawah. Bahkan beberapa diantaranya tidak menghargai keberadaanmu karena ia hanya memanfaatkan apa yang kamu punya saja. Hal tersebut bisa saja tenaga, uang, prestasi, dan lain sebagainya. Tentu jenis karakter yang harus dijauhi ini memang sangat merugikan, bukan?

Itulah beberapa jenis karakter yang harus dijauhi karena memiliki dampak buruk untuk hidupmu. Jika kamu tidak bisa menjaganya secara langsung, maka lakukanlah secara perlahan-lahan. Bisa dengan membatasi komunikasi, bertemu dan lain sebagainya. Sampai akhirnya, kamu benar-benar lepas dari orang tersebut. Selain itu, hal yang paling penting adalah kamu tidak goyah untuk menjauh dari orang seperti ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya