by

Apa Saja Jenis dan Manfaat Dari Sabun Mandi? Yuk Kenali Lebih Dalam!

Sabun mandi merupakan salah satu bahan yang tidak akan pernah ketinggalan ketika hendak mandi. Bagaimana tidak, jika tidak menggunakan sabun, mandi terasa kurang bersih bahkan merasa belum mandi.

Produk sabun ini dibuat pada tahun 2800 SM. Produk ini terbuat dari campuran lemak atau minyak, seperti nabati (minyak zaitun) atau minyak hewani (lemak kambing dan lain-lain) dengan basa atau alkali, seperti kalium hidroksida atau natrium. Kemudian diproses yang dikenal dengan saponifikasi.

A. Jenis Sabun

Jenis sabun yang digunakan tentu cukup berpengaruh terhadap kulit. Hal ini dikarenakan kulit setiap orang berbeda jenisnya, ada yang kulit berminyak, kulit sensitif, kulit kering dan kulit kombinasi. Sehingga sabun yang digunakan pun perlu diperhatikan jenisnya! Lalu apa saja jenis sabun?

1. Sabun Batang

Sabun ini memiliki bentuk padat dan biasanya  berbentuk oval, kotak, bahkan bulat. Sabun ini dapat membuat kulit kering karena terbuat dari bahan yang mengandung Sodium Hydroxide. Namun, jika kamu ingin tetap menggunakan sabun ini, meskipun kulit kamu termasuk kulit kering, cobalah cari sabun yang mengandung pelembab alami.

Meskipun begitu, tetaplah lihat komposisinya karena apabila sabun ini memiliki kandungan alkali yang sangat tinggi, ini akan membuat kulitmu menjadi iritasi. Sabun ini memiliki manfaat untuk membersihkan segala kotoran pada tubuh.

Sabun ini pun lebih terjangkau harganya dibandingkan sabun lainnya dan lebih awet. Meskipun begitu, sabun ini kurang cocok untuk digunakan ke area wajah karena kulit wajah lebih tipis dibandingkan bagian kulit lainnya.

2. Sabun Cair

Bentuk sabun ini kebalikannya sabun batang. Selain itu, sabun ini pun memiliki pelembab sehingga aman digunakan pada kulit kering. Pelembab petroleum inilah yang akan melindungi kulit dari iritasi dan menjaga kulit agar tetap lembut.

Baca Juga  Tips Menghemat Uang dan Hidup Minimalis

Sabun jenis ini tersedia dari yang ukuran besar, sedang dan kecil. Hal ini tentu akan memudahkan kamu dalam memilih sabun yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu hendak bepergian, sebaiknya kamu membawa ukuran sedang atau kecil, agar hemat juga praktis.

Sabun ini pun cenderung lebih disukai karena dalam pemakaiannya pada tubuh lebih highenis dibanding sabun batang. Namun, biasanya harga dari sabun cair lebih mahal dibanding sabun batang.

3. Shower Gel

Jenis sabun berikutnya adalah sabun Shower Gel, jenis sabun ini hampir sama dengan sabun cair. Akan tetapi memiliki perbedaan karena sabun ini lebih kental dibanding sabun yang cair. Sabun ini pun direkomendasikan untuk kulit berminyak karena dapat membantu mencerahkan kulit.

Selain itu, sabun Shower Gel ini, biasanya lebih wangi dibanding sabun batang maupun sabun cair. Bahkan wanginya memiliki ketahanan lebih lama dibanding sabun cair maupun sabun batang. Sehingga, dapat membantu menjaga aroma tubuhmu agar tetap segar dan harum.

4. Shower Oil

Nah jenis sabun ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit yang sensitif. Ini dikarenakan sabun ini memiliki kandungan minyak lebih banyak dibandingkan dengan sabun cair atau pun sabun yang berjenis Shower Gel.

Selain itu, sabun ini pun memiliki tingkat Ph yang dipercaya netral, sehingga sangat aman untuk kulit yang sensitif.  Untuk harganya memanglah relatif lebih mahal dibandingkan sabun lainnya. Namun, meskipun begitu, sabun jenis ini tetaplah memiliki tempat di hati para customernya. Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu layak mencobanya!

5. Body Scrub

Sabun ini memiliki bentuk yang lembut sekaligus butiran-butiran layaknya pasir. Sabun ini berguna untuk mengangkat kotoran atau sel-sel kulit mati dari tubuh. Selain itu, biasanya sabun ini pun memiliki aroma harum yang nempel di kulit.

Baca Juga  Punya Masalah Kulit Komedo? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Komedo

Untuk mengaplikasikan sabun jenis ini, kamu hanya perlu mengoleskannya pada seluruh tubuh lalu memijat tubuh dan menggosok bagian demi bagian dengan lembut, agar kotoran yang ada pada tubuhmu terangkat, termasuk sel-sel kulit mati.

B. Manfaat Sabun

Setelah mengenal jenis-jenisnya, mari kita ketahui lebih jauh manfaat dari sabun secara umum. Meskipun beberapa poin telah diinformasikan di atas. Lantas apa saja manfaat dari sabun mandi, sehingga sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari?

1. Mengatasi berbagai masalah kulit

Sabun mandi dapat membantumu untuk menyelesaikan masalah kulit yang dialami. Adapun masalah kulit yang sering dihadapi oleh manusia di antaranya, kulit kusam, gatal, kering, maupun ruam.

Sabun dengan kandungan tertentu dapat menunjang kesembuhan, selain kamu meminum obat untuk menyembuhkan masalah kulitmu. Hal ini dikarenakan sabun yang mengandung bahan alami tertentu dan memiliki pelembab, mampu membuat kulit halus sekaligus sehat serta cerah alami.

2. Membunuh mikroorganisme yang merugikan pada kulit

Manfaat selanjutnya yaitu untuk membunuh para mikroorganisme yang merugikan kulit tubuh. Mikroorganisme ini dapat berasal dari kotoran debu yang menempel dan keringat ketika beraktivitas, sehingga membuat mikroorganisme ini berkembang biak dan merugikan kulit kamu bahkan kesehatanmu sendiri.

Sehingga kamu perlu memilih sabun yang memiliki kandungan yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme yang ada pada kulitmu. Dengan begitu, kuman-kuman yang ada pada kulitmu dapat terbunuh dengan cepat.

3. Membantu membersihkan kulit hingga tuntas

Sabun mandi dengan kandungan yang dapat membantu membersihkan debu, keringat, kuman dan sebagainya dapat membuat kulit tubuh bersih dan sehat. Dengan begitu, kulitmu dapat terjaga dari berbagai permasalahan kulit yang mengganggu.

4. Memberikan aromatik pada tubuh

Selain dapat membantu menyehatkan dan mencerahkan kulit, sabun mandi juga memiliki berbagai aromatic untuk memberikan aroma harum pada tubuh, sehingga membantumu tampil lebih percaya diri. Aroma ini dapat kamu pilih, sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga  7 Cara Agar Tidak Overthinking Sebelum Tidur

Menggunakan sabun ketika mandi diharapkan dapat membantu menjaga kesehatanmu. Agar sesuai dengan manfaat yang kamu harapkan, pilihlah jenis sabun yang memang sesuai dengan kulitmu. Selain itu, perhatikan pula kandungan yang terdapat pada sabun sebelum kamu membelinya.

Comment

Artikel Terkait