by

Anda Masih Bujangan? Kenali Alasan Harus Menikah Berikut Ini

Setiap umat Islam diwajibkan untuk menikah dan kalau tidak menikah berarti separuh dari agamanya masih belum terpenuhi. Maka dari itu, bujangan yang sudah mapan lebih baik segera mengakhiri masa lajang dan menikahlah dengan niat untuk beribadah kepada Allah. Namun sebelum itu, Anda harus tahu dulu alasan harus menikah sehingga tidak ada kesan keterpaksaan di dalamnya.

Jika syariat mewajibkan umat harus menikah, berarti ada suatu rahasia di dalamnya yang bisa membawa umat ke dalam kebahagiaan dan kesejahteraan. Rahasia ini akan muncul dengan terang kalau Anda sudah berikrar di depan penghulu dan telah menjalani rumah tangga. Jadi, tunggu apalagi segera kenali alasan menikah di bawah ini, supaya rahasia tersebut dapat Anda temukan. Ini alasan yang dimaksud:

1. Untuk Mendapatkan Keturunan

Lahirnya seorang bayi yang lucu merupakan impian semua pasangan menikah. Sedangkan kelanjutan generasi merupakan alasan mengapa manusia harus menikah dan memiliki anak.

Kalau sepakat dengan pernyataan ini, maka menikah merupakan dinamika yang tidak boleh dihindari tetapi justru dilakukan dan dijalankan. Sebab, tidak ada satu manusia pun yang ingin nasabnya terputus di bumi ini karena tidak memiliki keturunan.

Kalau Anda ingin memiliki keturunan yang akan melanjutkan estafet perjuangan, dan menjaga diri di usia tua, maka menikahlah. Ini harga mati karena tentu tidak sama mengadopsi anak angkat dengan anak yang memang lahir dari kita.

Nah, seharusnya adanya keturunan menjadi alasan utama mengapa kita harus menikah. Termasuk menikah di usia sebelum kepala tiga karena menurut ilmu medis, di usia tersebut kesuburan manusia lebih bagus dibandingkan usia setelahnya.

Jika ada Anak, orang tua tinggal mendidiknya menjadi anak yang sholeh dan sholeha. Nah, kalau berhasil, tentu ini tabungan yang sangat mahal serta investasi yang keuntungannya tidak ternilai. Selain ada penjagaan di hari tua, Anda juga bakal mendapatkan kucuran pahala jariah ketika kelak sudah kembali ke haribaan Allah. Ini bisa terjadi kalau Anda menikah dan meniatkannya untuk ibadah.

Baca Juga  7 Aplikasi Wajib Setelah Install Ulang Windows
2. Demi Kebutuhan Biologis Manusia

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan biologis yang sama. Allah lebih mengenal hal tersebut sehingga mewajibkan seluruh manusia untuk menikah, daripada terjebak pada dosa perzinahan. Sedangkan kalau hasrat berahi ini dikekang, tentu akan menimbulkan masalah bagi yang bersangkutan termasuk bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Maka dari itu, daripada Anda membujang lebih baik menikah. Di sanalah Anda diberi kebebasan untuk mencurahkan hasrat kepada pasangan secara sah. Bahkan, Anda akan mendapatkan pahala yang besar atasnya.

Anda juga berkesempatan untuk saling cinta dengan pasangan layaknya cinta laki-laki dengan perempuan, yang esensinya tidak sama dengan cinta kepada orang tua, maupun cinta kepada anak.

3. Agar Memiliki Pendamping Hidup

Alasan harus menikah yang berikutnya ialah agar memiliki pendamping hidup. Ada teman yang akan menemani baik dalam suka maupun duka yang saling bergantung satu sama lain. Kalau Anda tidak menikah, berarti Anda tidak bijak karena harus menggantungkan diri kepada orang tua yang sepuh, seperti ketika sakit, maupun dalam urusan finansial.

Sedangkan kalau sudah menikah, segala macam persoalan kehidupan sudah bisa diatasi bersama. Bahkan, Anda bisa menjaga orang tua yang sudah lansia dan menanggung segala kebutuhannya. Jika suami sakit, masih ada istri yang akan merawat. Jika si istri kesulitan uang, sudah tidak perlu meminta kepada orang tua, karena sudah ada suami yang siap untuk menyediakannya.

Adanya pendamping hidup sedikit banyak juga mengangkat status sosial. Paling tidak Anda tidak merasa risih ketika datang ke kenduri teman, resepsi pernikahan kerabat, pesta reuni karena ada pasangan yang mendampingi. Sedangkan orang yang masih bujangan tentu risih berada di situasi tersebut. Bahkan akan menjadi olokan oleh masyarakat sekitar yang juga terundang.

Baca Juga  Penasaran Bagaimana Cara untuk Tidak Bosan dengan Pasangan? Simak ini yuk!
4. Untuk Mendapatkan Pahala

Menikah merupakan perintah agama yang harus dijalankan dengan baik. Itu artinya, kalau pernikahan dilakukan sesuai dengan yang disyariatkan, tentu Anda akan mendapatkan pahala dari Allah.

Nah, pahala ini tidak hanya kelak diberikan di akhirat, tetapi juga akan diberikan di dunia dalam bentuk badan yang sehat, pikiran yang tenang, dan kesuksesan-kesuksesan duniawi yang lainnya.

Sebaliknya, kalau Anda tidak ingin menikah karena ingin membangkang terhadap perintah agama, berarti Anda akan mendapatkan dosa yang sangat besar.

Di akhirat telah dipersiapkan siksa sedangkan di dunia Anda tidak akan mendapatkan ketenangan. Logikanya ialah, jika Anda dilanda masalah besar tetapi ada pasangan setia yang mendampingi, tentu kondisi hati terhadap masalah tersebut tidak sama dengan Anda mendapatkan masalah yang sama tetapi tinggal sendirian.

5. Untuk Mendapatkan Rezeki Berlimpah

Ada sebagian orang yang mengatakan kalau menikah hanya menambah beban saja. Beban biaya makan karena harus menanggung makan anak orang, serta beban biaya kebutuhan ketika sudah memiliki anak. Karena anggapan tersebut mereka rela membujang atau enggan menikah dengan alasan belum siap.

Padahal, ini merupakan anggapan yang keliru. Allah tidak akan mewajibkan umat untuk menikah kalau hanya akan memberikan kesengsaraan. Justru Allah akan memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka.

Seperti, seorang bujangan yang awalnya hanya honorer akhirnya diangkat PNS setelah menikah.  Bisnis semakin meningkat hingga membuka banyak cabang beberapa saat setelah kelahiran si buah hati. Ini fakta kalau Allah tidak akan memberikan kemelaratan kepada hambanya yang patuh dan taat.

Jika Anda sudah membaca alasan harus menikah di atas, seharusnya motivasi harus lebih terangkat. Paling tidak, Anda harus menargetkan di usia berapa akan menikah dan harus memantapkan hati kalau Anda akan melakukannya. Jangan takut, silakan menikah karena ada rahasia besar yang sedang menanti Anda.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait