by

8 Alasan Mengapa Memilih Kamar Tidur Minimalis

Kamar tidur minimalis merupakan desain yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan alasan-alasan tertentu baik kenyamanan maupun keindahan. Tak hanya itu, dana juga menjadi pertimbangan bahkan menjadi alasan berikutnya. Untuk mengetahui alasan yang lengkap yuk baca artikel ini sampai selesai.

Yang dimaksud kamar tidur minimalis adalah kamar tidur yang tidak terlalu luas. Aksen yang digunakan untuk desain juga sederhana dan tidak terlalu mewah atau lux. Cuma di dalam kamar terdapat beberapa perabot dengan ukuran yang kecil, seperti satu laci dengan vas bunga serta lemari saja. Mengapa memilih kamar tidur semacam ini? Berikut ulasannya:

1. Bagus untuk Ruangan yang Sempit

Tidak semua ruang tidur memiliki ukuran yang lebar dan luas. Jika kamar semacam ini dipaksa menggunakan desain modern, tentu akan terasa sempit. Pengguna tidak akan merasa nyaman jika beristirahat di dalamnya. Apalagi jika warna dinding yang digunakan salah serta memaksa memakai gradasi.

Kamar tidur berukuran kecil lebih baik menerapkan desain minimalis. Baik dari segi desain, pemasangan perabot, wallpaper, variasi warna serta yang lain. Usahakan semua instrumen tersebut harus membuat kamar tidur terasa lebih luas. Bukan justru membuat semakin pengap akibat banyaknya aksen yang digunakan.

2. Untuk Menghemat Biaya

Desain kamar tidur modern membutuhkan biaya yang mahal. Bahkan biaya untuk membeli wallpaper saja membutuhkan hingga jutaan rupiah. Dan bisa dipastikan untuk desain semacam ini, tempat tidurnya juga harus berkelas. Makanya, kalau memiliki dana minim lebih baik berpikir lagi kalau ingin menerapkan konsep tersebut.

Sebaliknya, pembangunan kamar tidur minimalis tidak membutuhkan biaya yang besar karena perabotannya tidak banyak, desain aksen juga tidak terlalu beragam. Paling hanya memainkan warna dan tidak sampai menggunakan dua material berbeda. Maka dari itu, desain ini yang lebih pas untuk masyarakat yang memiliki dana terbatas.

Baca Juga  Tips Menghindari Berat Badan Naik Saat Lebaran
3. Kamar Tidur Terlihat lebih Elegan

Ada kalanya desain kamar tidur modern lebih norak dan terkesan berlebihan. Apalagi kalau warna yang digunakan salah. Dan perlu diketahui, untuk desain semacam ini memang lebih bagus menggunakan warna-warna cerah. Akan tetapi, bisa dibayangkan, bagaimana jika warna yang digunakan terlalu mencolok.

Lain lagi dengan desain kamar tidur minimalis, desain semacam ini tidak membutuhkan penggunaan warna yang beraneka ragam. Bahkan kalaupun menerapkan konsep gradasi, yang digunakan tetap warna-warna gelap. Warna cerah sekadar pemanis ruang saja.

4. Membuat Istirahat Lebih Relaks

Kalau kamar tidur elegan tentu istirahat di dalamnya lebih rileks dan nyenyak. Ini juga menjadi alasan mengapa masyarakat memilih kamar tidur desain minimalis. Kalau tidur malam pulas tentu keesokan harinya, tubuh lebih segar. Sehingga bisa digunakan beraktivitas seperti biasa.

Sebaliknya, kamar tidur yang dipenuhi aksen, akan membuat istirahat tidak nyaman. Yang ada, ketika di luar mengantuk, tetapi ketika rebahan mata tidak bisa terpejam. Jika terbiasa seperti ini setiap malam, tentu tubuh akan terasa lelah dan lemah. Di tempat kerja pun akan sering mengantuk sehingga mengganggu aktivitas.

5. Kamar Mudah Dibersihkan

Sudah dijelaskan, kamar tidur minimalis adalah kamar yang berukuran tidak terlalu luas. Makanya kamar ini mudah dibersihkan serta tidak butuh waktu lama untuk membersihkannya. Paling tidak, ada efisiensi waktu yang muncul karena sisanya bisa digunakan untuk membersihkan ruang lain.

Jika ada asisten rumah tangga mungkin tidak masalah menggunakan kamar tidur modern, namun jika membersihkan sendiri tentu sangat merepotkan Anda. Apalagi ada aktivitas lain yang juga harus dikerjakan dengan segera, sedangkan kamar tidur harus dibersihkan setiap saat supaya tetap nyaman digunakan.

Baca Juga  8 Manfaat Berlatih Pencak Silat Terkait Fisik dan Mental
6. Kamar Lebih Rapi

Kalau ingin memiliki kamar tidur rapi, cobalah untuk mendesain menggunakan konsep minimalis. Selain mudah dibersihkan, jumlah perabotan di dalamnya juga tidak terlalu banyak. Sehingga setiap ada ketidak rapian, pasti mudah dan cepat dirapikan. Hal ini penting karena menjadi penunjang kenyamanan ketika beristirahat di sana.

Kamar tidur rapi juga mempercantik tampilan ruang. Apalagi kalau desain yang digunakan mengedepankan estetika dan eksotisme. Tentu pengguna akan betah di dalamnya sekalipun tidak selalu untuk beristirahat. Bisa menonton televisi, membaca buku atau sekadar menulis rencana esok hari sembari rebahan.

7. Desain Kamar Tidur Bisa Dirubah Sesuai Keinginan

Satu alasan memilih kamar tidur minimalis ialah desain bisa dirubah sesuai keinginan. Seperti mengubah posisi lemari, mengganti warna dinding, serta mengatur posisi ranjang. Pengaturan semacam ini mudah dilakukan karena ruang tidak terlalu luas. Selain itu, penggunaan perabot dan warna sangat simpel serta sederhana.

Pengguna tidak perlu menyewa ahli interior kalau untuk mengubah tampilan kamar tidur, karena analisis dan reka desain sangat mudah bahkan dalam satu pandangan saja. Lain soal kalau menggunakan kamar tidur modern dengan desain yang kompleks. Tentu membutuhkan analisa khusus untuk melahirkan interior yang memang elegan.

8. Demi Efisiensi Ruang

Jika memilih kamar tidur modern, tentunya membutuhkan ukuran ruang yang luas. Pengguna harus menyediakan banyak perabotan supaya tidak ada bagian yang tidak terpakai. Tentunya ini membutuhkan biaya yang besar atau fungsi ruang tidak lagi efisien. Bisa juga dikatakan ini pemborosan tempat.

Masalah efisiensi ruang tidak akan terjadi di kamar mandi minimalis, karena ruang tidak membutuhkan perabotan yang banyak sebab ukurannya kecil. Pengguna bisa memasang perabotan di semua tempat. Sekaligus bisa mengaturnya supaya terlihat rapi dan estetik.

Baca Juga  Rekomendasi Cafe Instagramable di Solo: Siapa Tahu Cocok Buat Kamu

Jika membaca ulasan di atas, memang seharusnya Anda memilih kamar tidur minimalis daripada yang terlalu luas. Oleh karena itu, silakan persiapkan budget-nya sekarang juga lalu mulai membangun. Jangan lupa, desain tetap harus diperhatikan karena ini pendukung estetika ruang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya