by

7 Rekomendasi Camilan Pereda Stres, Semuanya Enak Banget

Saat pikiran sedang kelelahan karena digunakan untuk bekerja seharian, membuat tubuh menjadi capek dan bahkan kehilangan semangat.

Akibatnya akan berdampak ke kondisi kejiwaan atau mental, yaitu terjadinya depresi tingkat rendah atau biasa disebut dengan stress. Kondisi ini sangat tidak baik jika terjadi secara terus-menerus bahkan sampai berulang-ulang.

Demi mengatasi hal itu, banyak cara yang sudah dipakai oleh banyak orang dengan permasalahan seperti di atas mulai dari menonton film, mendengarkan musik, bahkan sampai melakukan sesuatu yang disenangi atau hal yang baru.

Tetapi ada satu cara mudah atau tips meredakan stres, caranya dengan mengkonsumsi makanan ringat atau camilan pereda stres, berikut adalah daftar makanannya:

1. Biji Jambu Moyet Atau Kacang Mede
Sederet Manfaat Sehatnya Kacang Mede Sebagai Camilan Pagi Hari Ini
detik.com

Camilan yang bisa Anda makan di saat sedang mengalami overthinking atau stres adalah kacang mede. Camilan ini berasal dari biji jambu monyet, yang telah dikeringkan dan dimasak melalui proses yang panjang.

Secara umum, camilan ini mempunyai rasa khas gurih yang sangat unik, sehingga banyak orang yang suka sekali dengan camilan yang satu ini.

Mengapa kacang mede mampu meredakan stres? Karena pada camilan tersebut menpunyai suatu kandungan yang bernama zinc, yang mampu mestimulus dan mempengaruhi respon otak dalam berpikir dan mengingat.

Selain itu, ada juga kandungan lain seperti vitamin C dalam kacang mede, yang mampu menjaga tubuh dari kondisi kelelahan akibat pekerjaan yang menumpuk dalam sehari-hari.

2. Coklat
makan coklat
istockphoto

Tentu sudah tidak asing dan menjadi suatu rahasia umum bagi mayoritas orang, jika dalam keadaan tertekan atau depresi mengonsumsi coklat menjadi salah satu solusi atau alternatif dalam mengatasi masalah tersebut.

Bahkan biasanya hal ini dilakukan saat dalam kondisi mood buruk, untuk membangun mood yang baik kembali coklat menjadi menu atau camilan nomer satu.

Baca Juga  Cara Menata Tanaman Hias Agar Rumah Tampak Indah dan Enak Dipandang

Ada sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa bubuk kokoa, yang menjadi bahan dasar membuat coklat mengandung antioksidan, dengan nama flavanol yang mempunyai peranan penting, dalam meningkatkan tritofan untuk membentuk hormon serotonin.

Maka dari itu, jika merasa dalam keadaan penuh tekanan Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi coklat.

3. Yogurt
Yoghurt
istockphoto

Camilan selanjunya yang mempunyai manfaat dalam meredakan stres adalah yogurt. Pada dasarnya yogurt ini digunakan untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh, alasannya karena mempunyai kandungan probiotik atau biasa disebut dengan bakteri baik. Jadi mulai sekarang, jika Anda dalam keadaan stres atau depresi cobalah untuk mengkonsumsi yogurt untuk meredamnya.

Ada sebuah pernyataan yang menyebutkan bahwa probiotik seperti lactobacillus bulgarius serta streptococcus thermophilus, yang ada di dalam yogurt mampu meredakan atau menurunkan kondisi sedih, stres, bahkan sampai bisa mencegah sebuah perbuatan yang mempunyai kecenderungan mengarah pada suatu hal terkait, perbuatan menyakiti diri sendiri akibat dari tekanan.

4. Biji Bunga Matahari Kering Atau Kuaci
kuaci
istockphoto

Bagi Anda yang gemar sekali ngemil tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan ringan atau camilan yang satuini, yap! Kwaci merupakan salah satu camilan favorit banyak orang yang sering digunakan untuk teman nongkrong maupun saat santai.

kenyataan lain mengenai kuaci ini, ternyata mampu meminimalisir dan mencegah stres saat kelelahan bekerja seharian.

Jika dilihat dari fungsi dan manfaatnya sendiri kuaci ini hampir sama dengan kacang mede dalam segi kandungannya, yaitu mempunyai kandungan zinc yang berperan penting dalam memakasimalkan proses metabolism, dalam tubuh serta dapat meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, dalam kuaci juga ada satu lagi kandungan yaitu magnesium yang mampu membuat tubuh menjadi rileks.

Baca Juga  5 Rekomendasi Sepatu Running yang Nyaman di Kaki
5. Sayur-sayuran
sayur-sayuran
istockphoto

Camilan selanjutnya yang bisa Anda makan saat sedang depresi atau stres ringan adalah jenis sayuran hijau. Memang sudah tidak bisa dipungkiri, bahwa sayur-sayuran mempunyai peranan paling penting dalam menjaga kestabilan dan juga kesehatan tubuh, jadi sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran secara rutin dalam keseharian Anda.

Untuk jenis sayuran hijau yang bisa Anda buat sebagai camilan adalah pakcoy, bayam, bahkan selada. Jika Anda tidak ingin memakannya secara langsung, Anda bisa mengolahnya dengan cara dibuat salad.

Dipercaya dalam sayuran hijau terkandung sebuah vitamin yag sangat baik dan mempunyai peranan penting, untuk meredakan stres atau depresi yaitu vitamin B folat.

6. Buah-buahan yang Mengandung Banyak Vitamin C
Clementines Citrus fruit: Clementines in a rustic wooden bowl. orange stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Jika Anda gemar menyantap buah dalam keseharian, entah itu digunakan untuk makanan pencuci mulut atau memang sudah hobi dan suka, cara berikutnya ini akan sangat cocok untuk Anda dalam meredakan stress.

Tapi pilihlah jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Karena vitamin C yang ada pada buah mampu meminimalisir oksidasi pada tubuh.

Selain mampu mengurangi oksidasi pada tubuh vitamin C yang terkandung pada buah seperti jeruk, lemon, dan sebagainya, mampu mencegah Anda dari kondisi stress atau depresi.

Selain itu, antioksidan pada buah-buahan yaitu vitamin C mampu mencegah oksidasi, akibat paparan sinar matahari sampai dengan asupan dari makanan yang tergolong tidak sehat.

7. Buah Delima
buah delima
istockphoto

Camilan atau makanan terakhir yang bisa menjadi solusi sehat dalam meredakan gejala depresi adalah buah delima. Buah yang mempunyai ciri khas warna merah pekat ini, dipercaya mampu meredakan stres karena mempunyai kandungan yang kaya akan manfaat yaitu berupa vitamin C.

Dari segi rasa buah ini sangat menyegarkan, selain itu manfaat lain dari buah delima ini jika dikonsumsi setiap hari secara rutin dengan cara diblender untuk dibuat jus, akan meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan juga daya ingat.

Baca Juga  7 Rekomendasi Instagram yang Harus diikuti Mahasiswa

Sebenarnya banyak sekali cara untuk membuat rasa stres berkurang, tergantung pribadi Anda sendiri ingin memakai cara yang bagaimana. Tapi sebagai saran pilihlah cara yang termudah saja seperti memakan camilan pereda stres.

Demikian pembahasan mengenai berbagai macam rekomendasi makanan kecil atau camilan untuk meredakan stres, semoga dapat bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait