by

7 Mindset Negatif Berbahaya, Waspadalah

Mindset negatif atau pikiran yang buruk merupakan kecenderungan berpikir yang tidak boleh ada di dalam otak. Pasalnya lambat laun pola pikir semacam ini akan mengganggu aktivitas keseharian sehingga mengubah pandangan tentang kehidupan itu sendiri. Orang yang bunuh diri terkadang karena di dalam pikirannya sudah dipenuhi dengan mindset semacam ini.

Tentunya masyarakat harus berusaha sekeras mungkin, supaya pikiran hanya dipenuhi dengan pandangan-pandangan yang positif saja. Pandangan yang sejatinya hanya untuk memotivasi diri supaya bisa hidup dengan nyaman, tanpa harus memandang buruk pada orang lain. Nah, kalau ingin mengetahui mindset buruk yang dimaksud, silakan baca ulasan berikut:

1. Ayo Tunda Pekerjaan

Kalau Anda selalu menunda pekerjaan maka pastikan itu dimulai dari pola pikir yang salah. Bisa jadi di dalam pikiran sudah dipenuhi dengan pikiran negatif kalau menunda pekerjaan merupakan sesuatu yang lumrah. Padahal sejatinya tidak demikian. Justru dengan menunda pekerjaan akan lebih banyak lagi pekerjaan yang terbengkalai.

Maka dari itu, kalau di pikiran mulai muncul mindset semacam ini lebih baik buang jauh-jauh. Bukan justru dipupuk karena yang menyesal pasti Anda sendiri. Salah satunya tidak ada satu pekerjaan yang diselesaikan dengan baik karena selalu dikerjakan terburu-buru. Jika sudah seperti ini tentu Anda akan kesulitan untuk mendapatkan prestasi.

2. Diri Selalu Dilanda Keburukan

Hidup ini harus dijalani dengan rasa tawakal yang tinggi. Serta tidak pernah berhenti belajar memahami hikmah dibalik suatu peristiwa. Terutama peristiwa buruk yang di dalam hemat diri sangat merugikan, mengecewakan dan selainnya. Bukan justru berpendirian kalau diri tidak pernah berhenti mengalami hal-hal yang buruk.

Sejatinya tidak ada manusia yang di seluruh kehidupannya hanya berisi hal yang buruk. Ada kalanya juga dia mendapatkan sesuatu yang menyenangkan dan menggembirakan begitu juga sebaliknya. Nah mindset selalu buruk ini yang harus dibuang. Karena resikonya akan memunculkan keinginan untuk mengakhiri kehidupan yang sejatinya indah.

Baca Juga  Tips Menghemat Uang dan Hidup Minimalis
3. Mementingkan Diri Sendiri, Itu Menguntungkan

Ada orang yang selalu berpikir kalau mementingkan diri sendiri itu jauh lebih menguntungkan. Tentunya ini merupakan mindset negatif yang tidak boleh ada di dalam pikiran. Karena pastinya Anda akan menjadi sosok yang egosentris bahkan memiliki mental anti sosial.

Ingatlah, kalau sejatinya Anda tidak tinggal seorang diri melainkan bersama orang lain. Bukan hanya dengan tetangga dekat saja, Anda pun juga harus mementingkan keluarga di atas segala-galanya di dunia ini. Karena bagaimanapun juga keluarga dan Anda merupakan satu jiwa sekalipun dengan profil yang berbeda-beda.

4. Selalu Dia yang Beruntung

Pikiran selalu dia yang beruntung merupakan mindset yang harus dirubah secepatnya. Kalau tidak Anda akan menjadi tipikal orang yang mudah berputus asa dan kecewa. Padahal bisa jadi kegagalan hanyalah pelecut supaya Anda bisa berusaha dengan maksimal lagi. Serta mengupayakan untuk memantaskan diri dengan rajin belajar dari kegagalan.

Kalau memang Anda beranggapan ada orang yang selalu mendapatkan keberuntungan dan Anda tidak, bukankah itu justru bagus. Paling tidak Anda bisa belajar kepada orang tersebut untuk mencari tahu apa alasan ia mendapatkan keberuntungan yang dimaksud. Bukan justru menganggap orang lain buruk dan di sisi lain juga menyalahkan diri sendiri.

5. Seandainya Begitu Aku Pasti Bahagia

Kebiasaan berandai-andai juga tidak diperbolehkan utamanya di dalam hukum Islam. Hiduplah sesuai fakta hari ini karena sungguh pengandaian tentang hari kemarin dan esok tidak akan bermanfaat sedikitpun. Untuk itu, buang mindset seandainya begitu aku pasti bahagia. Tanamkan juga prasangka kalau hari kemarin sudah hilang dan esok masih belum datang.

Jika hari ini Anda tidak mendapatkan kebahagiaan maka bangkitlah dengan mencari alasan-alasannya. Bukan justru menghabiskan waktu dengan berkhayal yang pastinya tidak akan merubah apapun. Justru risiko yang muncul dari mindset semacam ini ialah Anda akan menjadi sosok pemalas dan pesimistik.

Baca Juga  Tetap Tampil Kece Dalam Kehangatan Outfit Saat Musim Hujan Ini
6. Mengapa Ujian Selalu Datang Bertubi-tubi

Jika diri ini selalu dilanda dengan musibah tentunya itu kesempatan untuk introspeksi diri. Bukan justru mempertanyakannya karena bisa berpotensi melahirkan mindset negatif yang berbahaya. Dan juga perlu diingat, Allah menurunkan ujian kepada orang yang senantiasa mampu untuk mengatasi ujian tersebut.

Mindset diri selalu dilanda ujian bertubi-tubi bisa melahirkan pandangan buruk kepada Allah. Sungguh ini sangat berbahaya dan tidak layak ada di dalam pikiran orang yang mengaku Islam. Untuk itu, ubah mindset kalau ujian sejatinya bentuk kasih sayang Allah kepada diri ini. Karena hanya dengan ujian Allah meminta kita untuk sadar dan bertobat.

7. Andai Aku Cantik dan Tampan Seperti Dia

Ada beberapa orang yang berpenampilan kurang menarik, lalu berdiam di balik mindset andai aku secantik dan setampan dia. Padahal, mereka masih memiliki banyak kesempatan untuk tampil menjadi diri sendiri. Banyak orang sukses yang sejatinya penampilan dirinya tidak begitu cantik dan tampan.

Selain itu, tidak ada laki-laki dan perempuan yang tidak menarik. Melainkan mereka  hanya tidak mampu untuk meningkatkan pemenarikan diri. Maka dari itu, jika Anda berpenampilan kurang menarik, jangan tanam mindset ini. Melainkan tanamkan pikiran kalau saya pun bisa menjadi cantik atau tampan.

Mindset negatif yang sudah dijelaskan di atas tidak boleh ada di dalam pikiran. Karena pikiran semacam ini yang akan merusak esensi kemanusiaan Anda karena bisa melahirkan mental-mental yang buruk. Seperti suka menghayal, penyendiri, posesif, tidak percaya diri, angkuh dan selainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya