by

7 Manfaat Yoga Bagi Tubuh dan Jenisnya!

Manfaat Yoga bagi tubuh, mungkin sudah diketahui oleh orang yang sering melakukannya. Namun, bagi orang yang belum pernah atau bahkan baru pertama kali mendengar olahraga tersebut, pasti belum mengetahui manfaatnya, bukan?

Apa itu yoga? Yoga merupakan salah satu olahraga, dimana dalam prakteknya menggunakan tubuh maupun pikiran yang berfokus kepada kelenturan, pernafasan, serta kekuatan untuk meningkatkan kesehatan secara mental maupun fisik.

Manfaat Yoga

Yoga memiliki manfaat untuk tubuh, sehingga kamu merasa lebih fit dan fresh. Inilah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan apabila melakukan yoga:

1. Stres berkurang

Olahraga yoga dapat membantu dalam mencegah maupun mengatasi stress pada seseorang. Bahkan ada beberapa kasus dapat meredakan kecemasan seseorang karena mengalami gangguan kecemasan.

Tidak hanya itu, yoga pun dapat membantu mengatasi gangguan tidur, tantrum pada orang dewasa, dan lain sebagainya. Hal ini karena olahraga yoga mampu membuatmu lebih rileks sehingga ketika pikiran rileks, maka rasa cemas pun akan berkurang.

2. Tingkatan kebugaran

Yoga memiliki dampak yang baik untuk kebugaran tubuh, pasalnya olahraga satu ini dapat membantu untuk membentuk kelenturan tubuh, kekuatan pada tubuh, dan dapat memperbaiki postur tubuh. Bahkan beberapa  gerakan yoga, dapat pula menurunkan berat badan.

3. Bantu atasi masalah kesehatan

Manfaat yang akan dirasakan salah satunya adalah membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti, tekanan darah tinggi, maupun penyakit jantung. Hal ini karena yoga merupakan olahraga yang berfokus kepada pernapasan sehingga dipercaya dapat memperbaiki denyut jantung.

Selain itu, jenis olahraga ini pun dipercaya dapat membantu orang yang mengalami insomnia. Hal ini dikarena yoga merupakan olahraga yang berfokus kepada meditasi, sehingga dapat membuat tubuh menjadi rileks yang akhirnya membantu untuk tidur

Baca Juga  Banyak Khasiat! Ini 5 Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah
4. Sakit punggung

Yoga pun dipercaya dapat membantu meringankan nyeri karena sakit punggung. Ini tentunya dikarenakan  gerakan-gerakan yoga dapat  membantu tubuh menjadi lentur. Bahkan, olahraga satu ini dipercaya dapat mengurangi nyeri pada orang yang memiliki sakit punggung kronis.

5. Ringankan gejala asma

Asma merupakan penyakit yang menyerang pernapasan, sehingga ketika kambuh orang yang mengalami asma akan merasa sesak atau kesulitan bernafas. Hal ini tentu sangat mengganggu berbagai aktivitas orang tersebut.

Gerakan-gerakan dari olahraga yoga memiliki manfaat untuk meredakan masalah dari asma ini. Hal ini pun telah diteliti pada penderita asma ringan, hasilnya gerakan-gerakan yoga seperti Pranayama dapat meringankan gejala asma ketika kambuh. Namun, untuk lebih jauhnya, belum ada validasi secara ilmiah mengenai keefektivitasannya.

6. Membantu menurunkan berat badan

Yoga memiliki manfaat untuk membakar lemak pada tubuh, kamu dapat melakukan berbagai jenis yoga seperti hot yoga, ashtanga yoga, dan power yoga. Selain itu, kombinasikan dengan olahraga lainya, seperti aerobic,  jalan kaki beberapa puluh menit, berlari, dan lain sebagainya.

Jeni-jenis Yoga

Yoga pun memiliki beberapa jenis, sehingga kamu dapat memilih yoga mana yang paling cocok untuk kebutuhan maupun tujuanmu. Jenis-jenis olahraga yoga ini mencakup:

1. Hatha Yoga

Yoga jenis ini memiliki gerakan yang berfokus kepada menyeimbangkan pernapasan dengan latihan fisik. Style-style yoga ini diantaranya adalah power yoga, Iyengar, Ashtanga, Vinyasa dan lain sebagainya.

Dalam yoga ini, kamu akan melakukan gerakan-gerakan dengan tempo maupun pace dengan tenang. Sehingga yoga ini cocok untukmu yang menyukai ketenangan. Gerakan-gerakannya akan mudah kamu kenali  karena hal tersebut. Selain bisa olahraga dengan rileks, kamu pun bisa sehat dan mendapatkan kebugaran jasmani.

Baca Juga  7 Olahraga Mudah Tanpa Alat yang Bisa Dilakukan di Rumah
2. Vinyasa Yoga

Jenis yoga ini, berbeda dengan yang sebelumnya karena dalam prosesnya membutuhkan koordinasi fisik, napas, serta postur.  Selain itu, untuk temponya pun lebih cepat dibandingkan jenis sebelumnya dan tidak memiliki aturan atau rangkaian bangku ketika dilakukan.

Namun, yoga ini memiliki tujuan tertentu. Tujuan ini biasanya di sampai oleh instruktur yoga sendiri, seperti pada hari itu berfokus untuk membuat otot lengan kuat. Jenis yoga ini, cocok untuk kamu yang menyukai gerakan dinamis maupun spontanitas. Hal ini karena setiap sesi gerakannya akan berbeda.

3. Ashtanga Yoga

Jenis yoga ini memiliki gerakan yang lebih dinamis, atletik, dan intens dibandingkan dengan yoga hatha.  Selain itu, ada serangkaian gerakan yang bernama Ashtanga series dan ini harus kamu ikuti. Dalam prakteknya, olahraga ini memiliki dua metode yaitu, Led Class dan Mysore.

Metode Led Class ini akan dipandu oleh guru maupun instruktur, sedangkan Mysore merupakan gerakan-gerakan yang didapat panduan serangkaian postur tanpa panduan guru. Yoga ini dapat membantu tubuh  memiliki kondisi baik, secara fisik maupun mental.

4. Iyengar Yoga

Yoga ini memiliki gerakan yang sistematis dan bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, kekuatan tubuh, maupun stabilitas tubuh. Selain itu, jenis yoga ini dapat dijadikan sebagai alternatif terapi dalam mengatasi beberapa kondisi tubuh tertentu.

Jenis yoga ini sebenarnya, sangat memperhatikan anatomi tubuh dengan detail, dalam prakteknya Anda akan menggunakan beberapa alat bantu misalnya, starp, blok dan lain sebagainya. Jenis yoga ini cocok untuk kamu yang ingin melakukan terapi dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan tertentu.

5. Hot Yoga

Nah yoga ini dilakukan di dalam ruangan yang sudah dipanaskan dan salah satu yang populer namanya Bikram Yoga. Olahraga yoga ini dilakukan dalam ruangan dengan suhu 42 celcius dan melakukan serangkaian gerakan dengan 26 postur tetap.

Baca Juga  Lakukan 5 Olahraga di Rumah untuk Jaga Kebugaran Tubuh

Yoga ini cocok bagi kamu yang menyukai olahraga yang menyebabkan keringat bercucuran di dalam ruangan, dan terasa memberikan efek detox sehingga dapat memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh.

Beberapa manfaatnya yoga bagi tubuh dapat dirasakan, jika yoga dilakukan secara rutin dan diimbangi dengan pola hidup sehat. Selain itu, kamu pun dapat mencoba beberapa jenis yoga yang cocok untuk kamu praktekan.

Comment

Artikel Terkait