by

6 Tips Jadi Wanita Karir!

Jadi wanita karir? Mungkin seringkali pertanyaan itu dilayangkan kepada sebagian besar perempuan. Ketika ingin mulai berkarir. Ada yang mendukung dan ada pula yang malah menyepelekan. Namun, hal tersebut bukan menjadi persoalan apabila kamu yakin.

Tips Jadi Wanita Karir

Ada beberapa tips bagi kamu yang ingin menjadi wanita karir. Sehingga, kamu bisa membagi waktu untuk diri, pekerjaan, maupun untuk keluarga. Selain itu, tips ini pun dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan kamu. Lalu apa saja tipsnya? Simak berikut ini.

1. Percaya Diri

Hal yang harus kamu lakukan adalah percaya diri. Kenapa ini  penting? Karena ketika kamu merasa minder, kamu akan sulit maju. Sehingga kepercayaan diri ini sangat penting untuk dimiliki. Hal tersebut, tidak bisa datang begitu saja.

Kamu harus membukanya secara terus menerus. Sebaiknya, jangan menghardik diri atau mengumpat pada diri ketika kamu melakukan kesalahan. Pasalnya, apapun yang diucapkan oleh diri kamu akan tersimpan di alam bawah sadar. Sehingga, jika terus menerus kamu menghardik diri. Hal tersebut dapat membuat kamu merasa rendah diri.

Maka, ketika melakukan kesalahan, terima hal tersebut. Katakan pada diri, tidak apa-apa. Kemudian, lakukan evaluasi dan ambil hikmahnya. Karena melakukan kesalahan dalam proses merupakan wajar dan dari hal tersebutlah, kamu dapat belajar.

2. Mengembangkan Skill

Jika kamu ingin sukses menjadi seorang wanita karier. Maka kamu perlu selalu mengasah kemampuan kamu. Terutama dalam bidang yang kamu tekuni. Apabila kamu memutuskan menjadi seorang content writer, maka kamu perlu untuk berlatih menulis, membaca, mengamati lingkungan sekitar dan lain sebagainya.

Sehingga, content yang kamu sajikan pun relevan dengan kebutuhan sekitar yang menjadi target market. Selain itu, pembaca pun dapat menikmati tulisanmu. Selain itu, kamu pun bisa mengikuti beberapa e-course yang untuk meningkatkan skill mu.

Baca Juga  12 Alat Masak yang Wajib Ada di Dapur: Kamu yang Mau Belajar Memasak Harus Tahu nih!

Tidak hanya itu, selain bekerja di sebuah perusahaan, kamu pun bisa membuat blog sendiri. Dengan begitu, skill yang kamu miliki akan terasah. Karena bukan hanya menulis, tetapi kamu pun akan mengetahui trafik visitor yang membaca tulisanmu. Sehingga kamu bisa menganalisanya dan melakukan evaluasi.

3. Manajemen Waktu

Meskipun kamu memiliki segudang kesibukan, tetap saja manajemen waktu ini butuhkan. Hal ini untuk menjaga kondisi kesehatan tetap fit, dan keperluan-keperluan lain tidak terabaikan. Sehingga dengan manajemen waktu yang baik, kamu pun dapat melakukan hal-hal lain selain bekerja.

Ini sangat penting, sehingga kehidupan kamu pun akan stabil. Hal ini pun dapat membantu kamu untuk meminimalisir stress. Dengan begitu, pekerjaan yang kamu kerjakan akan jauh lebih baik. Dibandingkan dengan melakukan pekerjaan dalam kondisi stress.

Hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal. Kamu bisa memulai mengatur waktu, dari pagi hari hingga malam hari. Usahakan pula, untuk mematuhi waktu yang telah ditetapkan. Lakukan hal ini setiap hari, sehingga waktu kegiatanmu lebih terjadwal.

4. Pola Hidup Sehat

Pernah dengar suatu pepatah, bahwa segala hal tidak artinya jika kita sakit? Hal itu pun berlaku bagi kamu yang ingin menjadi wanita karir, karena kalau sakit, otomatis semua pekerjaan akan terbengkalai dan itu pasti akan merugikan diri kamu sendiri.

Karena kesehatanmu merupakan tanggung jawab kamu sendiri. Usahakan setiap pagi, untuk selalu sarapan dan makan tepat waktu. Selain itu, usahakan pula untuk selalu berolahraga setiap minggu minimal tiga kali.

Tidak perlu olahraga yang berat-berat, lakukan olahraga yang ringan-ringan saja. Seperti yoga, lari sekitar 10 menit dan lain sebagainya. Sehingga, tubuh kamu pun tetap bugar. Dengan begitu, pekerjaan kamu pun akan lebih mudah dilakukan apabila kamu sehat.

Baca Juga  Ini dia 6 Persiapan Menuju Sholat Khusyu'
5. Me Time

Waktu untuk diri sendiri pun sangat penting kamu perhatikan. Termasuk bagi kamu yang ingin menjadi seorang wanita karir.  Pasalnya,  Me time ini dibutuhkan untuk membuat kamu rileks dan membantu kamu mengenal diri sendiri.

Tubuh dan jiwa yang rileks, itu dapat membantu kamu untuk lebih produktif lagi. Selain itu, kamu dapat mengenali tujuan kamu. Sangat mungkin pula kamu menemukan cara-cara untuk mencapai tujuanmu. Dengan begitu kamu bisa menjadi wanita karir yang tidak mengabaikan diri sendiri.

Me time yang digunakan dengan baik pun tidak hanya mampu mengenali tujuanmu saja, melainkan mampu mengenali kelebihan dan kekurangan mu, Sehingga kamu bisa memaksimalkan kelebihanmu dan tidak menjadikan kekuranganmu sebagai motivasi dan tidak memaksakan diri.

6. Kemampuan Komunikasi

Seorang wanita karir dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Sehingga, hal tersebut dapat membantu untuk menyampaikan gagasan. Ketika meeting atau pun ketika berdiskusi dengan rekan kerja.

Selain itu, kemampuan ini pun akan membantu kamu dalam menghindari kesalahpahaman. Selain itu, dapat membantu ketika presentasi. Dengan begitu, lawan bicara atau rekan kerjamu dapat lebih memahami apa yang kamu maksud.

Mencakup ide, solusi, permasalahan dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu akan sangat membantu, bukan? Skill ini pun tentu tidak bisa kamu dapatkan begitu saja. Kamu perlu melatihnya secara berkala.

Untuk bisa menyampaikan suatu hal pada rekan kerja, kamu pun perlu menjadi pendengar yang baik. Sehingga, kamu bisa memahami apa yang menjadi permasalahan, apa yang tidak dipahami, solusi yang ingin ditawarkan dan hal lainnya.

Jadi wanita karir bukan lah hal yang mudah. Namun, tidak mudah bukan berarti tidak bisa dilakukan. Terutama, bagi kamu yang sudah memiliki keluarga. Kamu harus perlu menyeimbangkan antara waktu untuk keluarga, diri, maupun pekerjaan. Sehingga, kamu bisa lebih memenejnya dengan baik.

Comment

Artikel Terkait