by

6 Kebiasaan Sebelum Menyambut 17 Agustus Sampai Puncak Acara!

Mungkin kamu sudah tidak heran lagi, apabila memasuki bulan Agustus di lingkungan rumah atau sekolahmu disibukkan dengan berbagai macam acara, untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Untuk menyambut perayaan hari kemerdekaan ini masyarakat banyak yang mengadakan beragam acara, mulai dari acara yang sederhana hingga acara yang mungkin bagi sebagian orang rumit tapi unik. Namun, walaupun begitu inti dari acara-acara tersebut tetaplah sama. Nah, kira-kira apa saja ya kebiasaan sebelum menyambut 17 Agustus ini? Berikut ulasannya untuk kamu:

1. Kerja Bakti di Lingkungan Rumah

eko. selamatkan planet ini. orang-orang hidup dalam ekosistem. menyelamatkan eco life. vektor. - membersihkan desa ilustrasi stok

Biasanya ketika akan menjelang 17 Agustus, banyak masyarakat yang mengadakan kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah masing-masing. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ikut andil dalam kerja bakti ini. Biasanya dalam melaksanakan kerja bakti, masyarakat memberlakukan pembagian tugas agar pekerjaan bisa cepat diselesaikan.

Biasanya ada warga yang kebagian membersihkan selokan, memotongi atau mencabuti rerumputan yang ada di kanan kiri jalan, membersihkan irigasi, memangkasi ranting pohon, dan lain sebagainya. Tak hanya membuat lingkungan menjadi bersih, dengan gotong royong kerja bakti ini dapat mempererat kekeluargaan antar warga.

2. Memasangkan Umbul-Umbul serta Bendera Merah Putih di Depan Rumah hingga di Pinggir Jalan

tangan memegang bahasa indonesia dengan bambu tajam dalam simbol tiang untuk merayakan hari kemerdekaan pada 17 agustus 1945 konsep dalam ilustrasi kartun vektor - bendera 17 agustus ilustrasi stok

Saat menjelang 17 Agustus, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan banyaknya umbul-umbul atau bendera merah putih, yang dipasang di depan rumah-rumah warga hingga di kanan kiri jalan umum, sehingga rumah-rumah warga, gapura, dan kanan kiri jalan menjadi sangatlah indah.

Sekadar informasi untuk kamu, kebiasaan ini sudah menjadi tradisi selama bertahun-tahun lamanya, dan pemerintah pun juga turut andil dalam menetapkan aturan khusus untuk melakukannya.

Baca Juga  7 Kesalahan Memilih Undangan Pernikahan yang Paling Fatal

Kemudian dengan adanya pemasangan umbul-umbul serta bendera merah putih ini, juga membuat menjamurnya pedagang bendera merah putih dan umbul-umbul yang kerap membuka lapak di kanan kiri jalan.

3. Adanya Lomba Agustusan yang Seru dan Dinantikan Banyak Orang

kartu ucapan hari kemerdekaan indonesia dengan ilustrasi konsep permainan tradisional - lomba 17 agustus ilustrasi stok

Nah, kebiasaan sebelum menyambut 17 Agustus yang satu ini rasanya sangat tidak afdhol, apabila tidak diadakan dan pasti tentunya banyak masyarakat yang menunggu adanya acara yang satu ini, yaitu lomba agustusan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa senang dan memiliki antusias yang sangat tinggi, untuk mengikuti acara yang satu ini.

Banyak sekali lomba agustusan yang diadakan, biasanya yang kerap ada di tiap perlombaan yang diadakan masyarakat di antaranya ialah lomba tarik tambang, makan kerupuk, balap karung, memasukkan paku ke dalam botol kosong, mengambil dan mengumpulkan banyak belut dan lain sebagainya.

4. Adanya Karnaval dan Festival Kemerdekaan yang Keren dan Disukai Banyak Orang

karnaval 17 agustus - karnaval agustus potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tak hanya acara-acara yang seru saja yang menjadi tradisi menjelang Agustusan, tetapi ada juga acara yang begitu keren dan disukai oleh banyak orang, yaitu adanya karnaval dan festival yang biasanya tiap daerah di Indonesia diadakannya berbeda-beda.

Ada daerah yang mengadakan karnaval pembangunan yang biasanya berupa arak-arakan kendaraan, yang diubah sedemikian rupa menjadi kendaraan-kendaraan yang unik atau bentuk-bentuk makhluk hidup yang unik, kemudian ada festival seni dan budaya, hingga festival kuliner khas nusantara yang pastinya membuat siapapun yang berkunjung ke sana, merasa senang karena dapat mencicipi banyak makanan khas nusantara.

Salah satu festival unik yang ada di Indonesia ialah festival arak-arakan Telok Abang (Telur Merah), yang diadakan di Sumatra Selatan. Ternyata tradisi yang satu ini sudah ada sejak zaman Belanda menjajah Indonesia, tradisi ini awalnya diadakan untuk memperingati Ulang Tahun Ratu Belanda, yaitu Wilhelmina II.

Baca Juga  5 Lagu yang Membuatmu Bersemangat Ini Dapat Kamu Jadikan Support System

Kemudian setelah Indonesia merdeka, tradisi ini masih ada tapi bukan untuk memperingati ulang tahun Ratu Belanda, tetapi untuk memperihati 17 Agustus.

5. Upacara Bendera di Sekolah, Perkantoran, hingga di Istana Negara

paskibraka, pengibar bendera indonesia saat hari kemerdekaan - paskibraka potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pengibaran bendera merah putih atau yang biasa masyarakat sebut sebagai upacara bendera 17-an, merupakan salah satu puncak acara dari perayaan kemerdekaan Indonesia. Upacara bendera ini dilaksanakan oleh siswa, pegawai negeri maupun swasta, hingga Presiden Indonesia beserta dengan jajarannya.

Bagi para pasukan pengibar bendera atau yang biasa disebut paskibraka, momen upacara bendera ini bagi mereka dan keluarganya menjadi suatu kebanggaan tersendiri, karena untuk berhasil mengibarkan bendera merah putih di tingkat kota, provinsi, hingga nasional mereka harus melewati banyak seleksi yang sangatlah sulit, hal ini bukan tanpa sebab.

Pasalnya mereka harus mengibarkan bendera merah putih di depan bupati, gubernur, atau yang lolos di tingkat nasional mereka akan mengibarkan bendera merah putih di depan Presiden RI beserta jajarannya dan ditayangkan di seluruh channel televisi di Indonesia.

6. Pemotongan Tumpeng Menjadi Penutup Acara 17 Agustus

makanan tradisional indonesia, nasi kuning, lauk tumpeng - tumpeng potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Seperti warga Indonesia lainnya yang apabila berulang tahun, mengadakan acara pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah diberikan kesehatan di umurnya yang semakin bertambah.

Hal ini juga berlaku saat 17 Agustus tiba, tanggal tersebut layaknya tanggal kelahiran bangsa Indonesia yang merdeka dan bebas dari penjajah, sehingga tiap tahunnya harus diadakan acara pemotongan tumpeng ini untuk menutup acara 17 Agustus dan diiringi dengan doa bersama, untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur dan sebagai bentuk rasa syukur, karena Allah telah memberikan karunianya dengan membebaskan bangsa Indonesia dari penjajah.

Baca Juga  5 Tips Menaikkan Berat Badan Secara Alami Mudah Tanpa Ribet!

Itu tadi kebiasaan sebelum menyambut 17 Agustus. Bisa kamu lihat bahwa tiap daerah di Indonesia memiliki cara sendiri untuk merayakannya, kira-kira mana nih kebiasaan sebelum menyambut 17 Agustus yang menurutmu itu daerah kamu banget?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya