by

6 Hal Positif yang Hanya dimiliki Anak Broken Home

Terlihat lemah dan pasrah akan jalannya proses kehidupan, anak broken home sering dinilai menyedihkan lantaran dikucilkan dengan alasan tidak ada yang perlu dibanggakan.

Sementara, di balik kendala kebahagiaan yang gagal didapat oleh anak dari keluarga yang mereka punya, anak broken home justru memiliki hal positif yang tidak selalu anak-anak lainnya bisa miliki.

Untuk itu, pada artikel kali ini, telah dimuat pembahasan terkait hal-hal positif yang hanya dimiliki anak broken home. Dan supaya kamu lebih bisa memahami bagaimana poin-poin yang dimaksudkan, maka ada baiknya jika kamu menyimak artikel ini dengan hati yang tenang dan jauh dari kebisingan.

Oleh karena itu, pilihlah tempat ternyaman yang bisa membuatmu lebih enak untuk membaca. Baiklah, ini dia penjabarannya!

1. Lebih Teliti Memilih Pasangan

Kondisi broken home merupakan kondisi yang umum terjadi akibat tidak adanya kesesuaian pada pola pikir, tujuan dan sudut pandang dari sepasang kekasih yang sudah sah menjadi suami istri.

Ketidaksesuaian itupun terjadi karena kurangnya pengenalan terhadap pasangan, maupun kurangnya persiapan menuju pernikahan. Alhasil, pernikahan bahagia yang diharapkan malah menimbulkan percekcokan, serta penolakan di setiap pendapat, serta dianggap tidak pantas dan tidak layak dilanjutkan. Hingga berdasarkan situasi tersebut, keduanya pun setuju untuk berhenti dan tidak lagi bersedia hidup semati.

Akibatnya, anak yang terlahir sebagai anugerah di tengah-tengah keduanya harus merasakan kegagalan dari orangtua mereka. Sungguh menyakitkan sekali. Namun, lewat kegagalan orangtua mereka itulah, anak broken home menjadi lebih teliti untuk memilih pasangan yang tepat, benar dan sehati sepemikiran, sebelum benar-benar disatukan dalam pernikahan.

2. Lebih Mandiri dan Berorientasi Tinggi Menyikapi Masalah

Banyaknya tantangan yang harus diselesaikan oleh anak broken home, mulai dari pergaulan, pendidikan dan lain sebagainya secara kesendirian, membuat anak broken home menjadi lebih mandiri dan sungguh berorientasi tinggi ketika menyikapi sebuah masalah.

Baca Juga  Yuk Lebih Tahu Dengan Ragam Manfaat Daun Seribu Pada Bidang Kesehatan

Hal positif inilah yang mendorong alasan tentang mengapa anak broken home, bisa sanggup melanjutkan sepanjang waktu dalam pencapaian tujuan di masa depan.

Meskipun sangat jelas sekali bahwa mereka sudah terlepas dari ikatan dan dukungan orangtua yang mereka sayangkan. Maka dari itu, seandainya saja kamu memiliki seorang teman yang berstatus broken home, tentulah pasti kamu sudah mendapatkan nilai positif ini daripadanya.

3. Lebih Peka dan Mudah Mengerti Perasaan Orang Lain

Lebih peka dan mudah mengerti perasaan orang lain, merupakan salah satu hal positif yang hanya dimiliki anak broken home. Dimana runtuhnya keharmonisan keluarga yang dialami oleh anak-anak broken home, memberi pengajaran penting mengenai pahitnya kehidupan dan sakitnya untuk tetap bisa bertahan. Sehingga lewat keadaan tersebut, anak broken home menjadi lebih mudah mengerti dan lebih peka pada keadaan orang-orang kecil, maupun orang-orang lemah yang ada disekitarnya.

Bahkan, anak broken home dinilai lebih gampang luluh saat diperhadapkan pada seseorang yang hidupnya cukup memprihatinkan.

Maka tidak heran jika anak broken home lebih terbilang dekat dengan orang-orang sederhana, ketimbang orang-orang yang memperoleh penilaian hebat pada status hidupnya. Alasannya, orang-orang serdehana jauh lebih memahami apa dan bagaimana sebenarnya hidup yang sesungguhnya, dan jauh lebih mengerti perasaan anak broken home, daripada mereka semua, yang berada di luar bagiannya.

4. Menjadi Lebih Berani

Hidup tanpa bentangan kasih dan dukungan orangtua, sungguh telah melatih anak broken home menjadi terbiasa ketika menyelesaikan tantangan secara sendiri dan sangat-sangat mandiri. Posisi yang sangat berat itulah, yang pada akhirnya berhasil membangun kepribadian anak broken home menjadi lebih berani, saat berhadapan dengan tantangan yang harus ia lalui.

Baca Juga  Inilah Ide Renovasi Kamar Ala Drama Korea yang Penuh Nuansa Cozy, Nyaman Hingga yang Instagramable!

Berbeda dengan anak-anak lain yang hidup berdampingan bersama orangtuanya, mereka tentu akan merasa sangat cemas hingga ada yang begitu merasa takut untuk memilih solusi yang tepat untuk diri sendiri.

Karena itu, janganlah diantara kita masih lagi mengira bahwa mereka yang terlahir sebagai anak broken home, adalah anak yang lemah dan sungguh tidak berdaya. Sebab fakta yang sebenarnya ialah anak broken home jauh lebih berani dan berkesan sangat penuh dengan nyali.

5. Lebih Memahami Apa Itu Keluarga

Sukses belajar dari kegagalan, anak broken akhirnya mampu menempatkan diri atas pemahaman utama tentang apa itu keluarga. Sesuai dengan pemahaman itulah, anak broken home kerap berusaha semaksimal mungkin, untuk bisa menjaga pergaulan yang ia punya, yakni supaya para sahabat dan kerabat dekat yang dimiliki olehnya, jangan sampai lupa membagi waktu pada keluarga, hanya demi bersenang-senang di usia muda.

6. Membangun Kerohanian dan Lebih Dekat dengan Tuhan

Tidak lagi ada tempat untuk mengadu dan bercurah hati, anak broken home senantiasa mulai mendekatkan diri kepada Tuhan untuk berserah dalam segala asa dan harapan yang ia punya.

Sedemikian, anak broken home pun menjadi lebih dekat dengan Tuhan dan mulai mengandalkan Tuhan di setiap pergumulan. Dengan hal ini, anak-anak broken home lebih terbangun kerohaniannya dan semakin erat pula hubungannya dengan Tuhan.

Itulah dia penjabaran mengenai hal-hal positif yang hanya dimiliki anak broken home. Setelah membaca artikel ini, semoga kita semakin tahu bagaimana keadaan teman atau kerabat kita yang berada di suasana keluarga broken home, dan tidak lagi meremehkan sosok anak broken home.

Terlebih jika menganggap mereka kecil dan juga hina. Karena sungguh, kita akan mendapat malu luar biasa, ketika hal positif ini mulai mereka tonjolkan secara terbuka. Namun baiklah kita yang dikaruniai akhlak dan jiwa sosialitas yang berkualitas, sekiranya memberi kesadaran, tentang betapa pentingnya memahami kehidupan antar sesama manusia.

Comment

Artikel Terkait