by

Lakukan 5 Olahraga di Rumah untuk Jaga Kebugaran Tubuh

Olahraga di rumah tidak selalu membutuhkan banyak peralatan. Kamu bisa mengandalkan anggota tubuh sendiri. Ini menjadi kabar bagus, saat banyak tempat gym yang tutup akibat pandemi corona.

Olahraga di rumah bisa menjadi rutinitas untuk menambah kebugaran. Kamu mungkin bisa melatih semua otot di tubuh dari bagian atas hingga bawah.

Nah olahraga apa saja sih? Berikut ini daftar 5 olahraga di rumah yang hanya mengandalkan tubuh.

1. Push-up
Ilustrasi Push Up (Foto: healthline.com)

Push-up adalah latihan yang lama dikenal banyak masyarakat. Kamu bisa memulai dengan berlutut, lalu menyatukan kedua kaki di lantai. Lalu, letakkan telapak tangan menyentuh lantai, posisikan tangan selebar bahu.

Turunkan tubuh secara perlahan ke lantai, sambil mempertahankan tubuh dan kepala sejajar dengan tulang belakang. Lalu, teruskan hingga dada atau dagu menyentuh lantai. Lakukan secara berulang.

2. Plank
Ilustrasi Plank (Foto: journal.sociolla.com)

Olahraga di rumah lain yang bisa kamu lakukan adalah plank. Caranya, kamu terlebih dahulu tengkurap di atas lantai. Jika ada matras, ini akan lebih baik.

Rapatkan siku ke samping dan di bawah bahu. Lalu, letakkan telapak tangan menghadap ke bawah.

Regangkan kaki, lalu kontraksikan paha dan perut kamu. Angkat perlahan badan dari lantai lalu pertahankan, sehingga perut dan kaki menjadi kaku.

Pertahankan selama kurang lebih 5 detik. Kemudian, turunkan badan dengan pelan kembali ke lantai, lalu bernapaslah dengan normal.

Plank adalah olahraga di rumah yang mungkin terlalu keras. Jika merasa nyeri, segera hubungi dokter.

3. Cobra
Ilustrasi Cobra (Foto: istockphoto.com)

Cobra hampir menyerupai push-up, tetapi mengandalkan kekuatan dari dada. Caranya, pertama kamu posisikan badan secara tengkurap di atas lantai dengan tangan di samping tubuh.

Posisikan badan tepat di bawah bahu dan tangan menghadap ke depan. Rentangkan kaki dan tekuk ujung jari kaki menjauh dari tubuh. Buang napas secara perlahan dan tarik dada dari lantai, sambil menjaga pinggul tetap stabil.

Baca Juga  Sangat Baik Dikonsumsi, Inilah Manfaat Sayur dan Buah Bagi Tubuh

Ini akan meregangkan otot di dada dan perut. Tahan posisi ini selama 15-30 detik, kemudian bawa turun badan secara perlahan dan bernapaslah secara rileks.

4. Squat Jumps
Ilustrasi Squat Jumps (Foto: istockphoto.com)

Olahraga di rumah selanjutnya adalah melompat atau squat jumps. Untuk melakukannya, kamu perlu mengambil sikap berdiri dengan membuka kaki selebar pinggul.

Letakkan lengan di samping tubuh dan luruskan tulang punggungmu. Geser pinggul ke belakang secara perlahan-lahan, untuk membuat gerakan seperti engsel di lutut kamu.

Badan kemudian menurun. Pertahankan punggung agar tetap lurus dan badan kamu tetap seimbang.

Lalu, segera dorong tubuh bagian bawah dengan segera melompat ke udara. Pertahankan kaki agar sejajar saat di udara. Hindari gerakan yang berlebihan, untuk mengurangi tekanan pada lutut.

Saat mendarat, kamu pastikan posisi kaki benar dan rata. Mendaratlah dengan lembut dengan mendorong sedikit pinggul ke belakang. Jangan sampai kamu mengunci lutut dan paha, ketika mendarat agar kamu tidak cedera.

5. Berdiri satu kaki
Ilustrasi Berdiri satu kaki (Foto: merdeka.com)

Olahraga di rumah terakhir yang mungkin bisa kamu terapkan adalah, single leg stand atau berdiri dengan satu kaki. Kedengarannya mudah, tetapi kamu perlu mencoba kualitas latihannya dengan mencari keseimbangan tubuh.

Pertama, kamu berdiri dengan membuka kedua kaki sedikit lebar. Lalu, angkat satu kaki secara perlahan dari lantai antara 8-15 cm. Pertahankan keseimbangan, jangan sampai badan miring atau bergoyang ke samping.

Tahan selama 10 -15 detik sebelum mengembalikan kaki ke lantai. Ulangi latihan ini secara bergantian dari kaki kamu.

Variasi dari berdiri ini dapat kamu lakukan dengan mengangkat kedua lengan ke atas, mengangkat satu lengan ke samping, atau memiringkan kepala sambil menutup mata.

Itulah 5 olahraga di rumah yang akan membantu kebugaran kamu. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dengan merenggangkan bagian tubuh terlebih dahulu, untuk mencegah cedera saat olahraga.

Comment

Artikel Terkait