by

5 Tips Menaikkan Berat Badan Secara Alami Mudah Tanpa Ribet!

Memiliki tubuh yang ideal pasti merupakan harapan bagi semua orang. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya orang-orang pasti ingin terlihat keren dengan bodynya yang tidak kurus dan tidak terlalu gemuk. Namun memiliki bentuk tubuh yang seperti ini bisa dibilang susah-susah gampang, karena harus menyeimbangkan pola makan dan juga aktivitas sehari-harinya.

Tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk kamu melakukan hal tersebut. Kamu dapat menaikkan berat badan dengan porsi yang ideal hanya dengan melakukan cara-cara yang benar. Mau tahu apa saja tips dan cara yang bisa ampuh untuk membantu menaikkan berat badan? Berikut informasi lengkapnya!

1. Penuhi Kebutuhan Kalori

Salah satu upaya yang pertama dan harus dilakukan untuk menaikkan berat badan dengan cepat, adalah menambah asupan kalori dalam tubuh. Atau bisa dikatakan tidak membakar kalori dalam tubuh dengan berolahraga maupun aktivitas yang mampu membakar kalori lainnya. Hal ini sangat penting karena tanpa kalori tubuh kamu akan tidak punya simpanan nutrisi yang cepat menaikkan berat.

Tentu saja hal ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki tubuh dibawah rata-rata, yang berarti tidak memenuhi standar kesehatan alami. Dalam rata-rata kesehatan alami sendiri berat badan yang dirasa kurang ialah senilai 18,5 kg. Jika kurang dari nilai tersebut, maka alangkah lebih baiknya jika kamu menambah berat badan tubuh untuk membentuk tubuh yang ideal.

Contoh makanan yang cocok untuk menambah kalori ialah nasi, telur, susu, kacang-kacangan, daging dan juga alpukat. Beberapa jenis makanan diatas sangat berperan penting dalam membentuk kalori yang berperan sebagai peningkat berat badan. Usahakan mengonsumsi makanan tersebut dengan ukuran yang pasti, agar tidak mengalami masalah overdosis kalori sehingga menyebabkan obesitas.

Baca Juga  5 Tips Menghadapi Orang yang Sedang Marah
2. Tetap konsisten dalam mengkonsumsi makanan

Kamu pernah melihat seseorang yang memiliki tubuh kurus dan kelihatan tulang belulangnya? Mereka termasuk orang yang tidak mau menaikkan berat badan hanya karena tidak pernah konsisten dalam mengonsumsi makanan. Hal ini bisa sangat berbahaya jika nantinya diikuti dengan gejala sakit lambung dan masalah pencernaan lainnya.

Hal ini bisa kamu lihat pada orang yang selalu telat makan atau bisa dikatakan tidak pernah mengatur pola makannya. Kualitas makan yang terbaik, ditentukan dari berapa kali frekuensi seseorang mengonsumsi makanan sehat dalam beberapa waktu sehari. Umumnya kualitas makan akan terhitung baik dan benar jika dilakukan sehari 3 kali, kurang dari itu maka seseorang tersebut dikatakan tidak konsisten dalam mengatur pola makannya.

Jenis makanan yang dirsa pas untuk hal ini ialah karbohidrat, protein, lemak dan juga berbagai camilan padat yang mengandung zat nutrisi lain. Dengan asupan berbagai zat, di atas maka energi dalam tubuh akan terkumpul dan mampu membantu proses peningkatan berat badan.

 3. Atur Pola Minum

Hal ketiga yang perlu dilakukan saat proses menambah berat badan tubuh ialah dengan mengatur pola minum keseharian. Pasalnya hal ini sangat penting untuk mencegah rasa kenyang yang terjadi, sebelum tubuh mendapatkan asupan makanan. Bisa dikatakan jika kamu terlalu banyak meminum air sebelum makan, maka otomatis perut akan terasa kenyang terlebih dahulu.

Lalu jika hal ini terjadi maka bukan tidak mungkin perut yang seharusnya terisi oleh zat nutrisi, akan beralih terisi zat air yang tidak terlalu menunjang segi pertumbuhan berat badan. Akan lebih baik jika kamu mampu mengatur pola minum ketika makan pagi, siang ataupun malam, karena jika tidak terpola maka komposisi zat di dalam tubuhmu akan terdominasi oleh zat air.

Baca Juga  Cara Biar Nggak Ngantuk di Pagi Hari tanpa Obat Kimia

Pola minum yang baik dalam sehari tak hanya dilakukan ketika akan makan saja lo? Perlu kamu ketahui bahwa dalam memenuhi aktivitas kamu sehari-hari, tubuh juga memerlukan air dengan skala yang cukup besar. Kamu bisa memenuhi kebutuhan akan air di saat jam luar makan dengan frekuensi 2-4-2, yakni 2 gelas saat pagi, 4 gelas saat siang dan 2 gelas saat malam.

4. Perhatikan Jumlah Protein dalam Tubuh

Pernahkah kamu mengetahui sebelumnya bahwa pembentukan massa otot, ternyata dipengaruhi oleh kapasitas protein dalam tubuh? Mungkin hal ini belum pernah diketahui oleh banyak orang, karenanya memanfaatkan protein untuk cara menaikkan berat badan, menjadi sebuah alasan tersendiri bagi seseorang yang ingin memiliki tubuh ideal.

Hal ini bukanlah sebuah wacana saja melainkan fakta, berdasarkan studi penelitian yang dilakukan oleh para profesional, mereka pernah menyimpulkan, bahwa otot manusia terbentuk dari banyaknya protein yang terkandung dalam tubuh. Lalu untuk masalah pembentukan massa tubuh yang menggumpal hal itu disebabkan karena lemak dan bukan protein.

5. Hilangkan Kebiasaan Merokok

Masih mencari-cari cara supaya dapat membentuk tubuh ideal namun masih sering merokok? Tampaknya hal itu tak akan pernah berhasil sampai kapanpun. Hal ini bukan tanpa alasan yang jelas, merokok merupakan aktivitas paling berbahaya bagi penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena kandungan zat nikotin di dalamnya.

Nikotin ini berfungsi sebagai pelepas hormon norephineprine dan dopamine, sehingga secara tak langsung akan menekan laju nafsu makan. Jika sudah seperti ini, seorang perokok akan sulit untuk menerima bahwa dirinya memang benar-benar lapar. Mereka akan tidak mempunyai nafsu makan yang besar, sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan berat badan, nah dengan tidak merokok maka akan ada alasan mengapa berat badan bisa naik.

Baca Juga  5 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Harus Kamu Ketahui

Nah itulah tips dan cara menaikkan berat badan dengan simpel dan tanpa ribet, yang pasti kamu harus menjaga segi keseimbangan makanan dan juga minuman. Serta satu hal yang penting yakni berhenti merokok. Selamat mencoba!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya