by

5 Makanan yang Baik untuk Mata Ini Sebaiknya Kamu Konsumsi!

Mata merupakan salah satu terpenting yang patut kita jaga karena tanpa mata kita tidak akan melihat. Tidak hanya itu, mata yang mengalami berbagai masalah dapat menghalangi penglihatan kita. Nah, ternyata makanan yang dikonsumsi pun sangat mempengaruhi kesehatan mata, lalu apa saja makanan yang baik untuk mata.

1. Wortel

bundel wortel organik dengan batang masih terpasang - wortel potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sayuran ini termasuk ke dalam ke umbi-umbian, biasanya wortel akan dipanen setelah 100 hari ditanam, tetapi tergantung jenisnya juga. Wortel pun memiliki bunga dengan warna putih, sementara untuk rasanya manis langu.

Tentu sayuran ini tidak asing, bukan? Bahkan khasiatnya pun sudah diketahui oleh sebagian besar orang. Namun, memang ada beberapa orang yang tidak menyukai sayuran satu ini. Lalu apa sih yang menjadikan sayuran ini baik untuk mata?

Tentu karena kandungan yang terdapat didalam wortel. Sayuran berjenis umbi ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan itu pun dapat mempertajam penglihatan mata, sehingga kemampuan penglihatan jarak jauh pun dapat meningkat.

Ternyata tidak hanya vitamin A yang ada dalam wortel, terdapat beberapa kandungan lainnya seperti kalium, sodium,magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, dan vitamin B1, B2, B3, B6, B9, serta vitamin C.

Tentu kandungan lainnya pun sangat dibutuhkan untuk tubuh untuk menunjang kesehatan. Wortel bisa kamu konsumsi dengan diolah menjadi jus, direbus, makan langsung atau bahkan dijadikan teman nasi (sop atau dicampurkan dengan makanan lainnya), tetapi dengan catatan dimasak tidak terlalu lama (baiknya, cukup setengah matang saja).

2. Buah-buahan

camilan buah-buahan campuran - fruits potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk makanan yang sebaiknya kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah buah-buahan. Sepertinya makanan satu ini, banyak disukai dikarenakan banyak variannya. Jadi, jika kamu tidak menyukai buah yang satu, kamu bisa mengonsumsi buah yang lainnya.

Baca Juga  Yuk Kurangi Konsumsi Garam Agar Kualitas Dietmu Semakin Meningkat!

Nah, buah apa saja yang termasuk baik untuk kesehatan mata? Buah tersebut adalah buah labu, pepaya dan mangga. Seperti halnya wortel yang berwarna orange yang memiliki kandungan  vitamin A, dalam ke tiga buah tadi pun terdapat Vitamin A yang sangat baik untuk menunjang kesehatan mata.

Dimana vitamin A ini dapat membantu menjaga kelembaban mata, meningkatkan fungsi dari kornea mata, dan retina. Nah selain ketiga buah tadi, buah jeruk  bali, jeruk nipis, jeruk dan lemon pun sebaiknya kamu konsumsi.

Ini dikarenakan buah-buahan ini memiliki kandungan kaya vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat. Dimana antioksidan ini berfungsi untuk membentuk serta mengelola jaringan ikat (kolagen pada kornea mata).

Hal ini pun dapat mengurangi risiko degenerasi makula serta katarak. Stroberi pun ternyata kaya akan vitamin C. Kalian bisa mengonsumsi buah-buahan ini dengan memakannya langsung atau dibuat jus, bahkan dijadikan topping untuk minuman dan makanan.

3. Ikan

steak salmon segar dengan berbagai makanan laut dan rempah-rempah. - ikan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Makanan satu ini cenderung diminati oleh kebanyakan orang, tetapi ada beberapa orang yang tidak menyukainya. Alasan yang paling umum bagi seseorang tidak menyukai ikan, karena ikan merupakan salah satu hewan air yang memiliki tulang ikan, yang kerap mengganggu mereka dalam menelan dan menikmati makanan.

Namun, ada beberapa ikan yang memang tulang ikannya mudah untuk dipisahkan dari dagingnya. Seperti yang kita ketahui ikan merupakan hewan dengan menggunakan alat pernafasan bernama insang.

Alat pernafasan ini berfungsi untuk tetap membuat ikan bernafas di dalam air. Lalu kenapa kah ikan termasuk makanan yang baik untuk kesehatan mata? Hal ini dikarenakan ikan mengandung Omega-3 yang berfungsi untuk melindungi dan berperan penting pada proses perkembangan otak janin, fungsi otak dan penglihatan.

Baca Juga  Simak 3 Langkah Cara Menjaga Kesehatan Telinga Berikut Ini

Sehingga, mungkin kamu sering dengar ada beberapa produk yang mengandung Omega-3 selalu dipresentasikan baik untuk pertumbuhan anak, bukan? Omega pun bermanfaat untuk  meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga sistem saraf tubuh, terhindar dari masalah mata kering dan memelihara sel.

Selain itu ikan pun ternyata mengandung vitamin A, dimana vitamin ini ada pada minyak hati ikan dan ini berfungsi untuk mencegah kebutaan pada anak. Ikan pun memiliki kandungan serat protein, asam amino, vitamin D, Vitamin B6, Vitamin B12, Zat besi, yodium, selenium, flour dan seng.

Maka tidak heran ikan banyak dianjurkan untuk dikonsumsi karena sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Penting juga buat kamu, untuk membeli ikan segar untuk diolah atau dimakan. Hal ini karena ikan segar mengandung manfaat yang lebih optimal.

4. Telur

telur - telur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Makanan satu ini sangat mudah didapatkan karena dijual bebas, bahkan ada sebagian yang memang ternak ayam, sehingga tidak perlu lagi untuk membeli telur. Apakah kamu menyukai telur dan kerap mengonsumsinya, baik dijadikan lauk atau memakannya tanpa nasi?

Makan ini pun sangat baik untuk kesehatan mata. Oh iya, selain dijadikan lauk, telur pun sering dijadikan salah satu bahan penting untuk membuat kue. Seperti, bolu cake, bolu kering dan lain sebagainya.

Telur memiliki kandungan karbohidrat, asam amino, protein dan  omega-3. Sementara dalam kuning telur terdapat kandungan vitamin A, Lutein, Zeaxanthin, serta Seng. Seperti yang kita ketahui dan telah kita bahas di atas bahwa vitamin A dan Omega-3 memiliki manfaat untuk membantu kesehatan mata.

Nah, ternyata Seng pun berguna untuk kesehatan retina dan melindungi mata dari berlebihannya paparan cahaya yang mengenai mata, dimana jika cahaya mengenai mata secara berlebihan dapat merusak mata.

Baca Juga  Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran
5. Sayuran hijau

berbagai sayuran berdaun - sayuran hijau potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernahkah kalian merasakan penglihatan atau mata kamu terasa lelah, lalu kamu disarankan untuk melihat warna hijau-hijau, agar mata kalian dapat rileks. Ternyata warna hijau memang dipercaya dapat merilekskan mata.

Selain itu, mengkonsumsi sayuran hijau pun dipercaya dapat memelihara kesehatan mata. Hal ini karena sayuran hijau mengandung Lutein serta Zeaxanthin yang termasuk ke dalam jenis antioksidan, dimana berfungsi untuk mencegah kerusakan mata.

Dari kelima makanan yang baik untuk kesehatan mata ini, mana yang belum kamu konsumsi? Makanan ini pun perlu dikonsumsi dengan cukup agar mendapatkan hasil yang optimal. Selain mengonsumsi makanan ini, barengilah dengan hidup pola sehat, sehingga tubuh dan mata kamu sehat.

Sumber Gambar: istockphoto

Comment

Artikel Terkait