oleh

5 Kegunaan Setrika Listrik, Bukan Cuma untuk Melicinkan Pakaian!

Memiliki sebuah setrika listrik adalah sebuah keharusan jika ingin memakai pakaian yang rapi, licin, dan berbau harum, dengan tambahan semprotan cairan pewangi pakaian. Benda itu selalu ada hampir di setiap rumah, kecuali di perkampungan yang belum tersentuh aliran listrik.

Jika setrika listrik yang kita miliki hanya digunakan untuk menyetrika pakaian, seprai, atau bed cover, maka sebenarnya penggunaannya belum maksimal. Di samping fungsi utamanya tersebut, ada 5 kegunaan setrika listrik yang lain, yang tak kalah unik dan bermanfaat, sebagai berikut,

1. Membuat Kolase atau Kerajinan Tangan dari Bunga Segar atau Daun-daunan

Bunga dan daun-daun segar dapat dijadikan kolase atau berbagai bentuk kerajinan, dengan cara mengeringkan dan menempelkannya pada kertas atau kayu. Bunga dan daun kering ini akan tahan lama dan tidak menjadi rusak. Selain dengan cara dijemur atau diangin-anginkan, kita dapat mengeringkan bunga dan daun segar dengan menggunakan setrika listrik.

Pertama, keringkan bunga atau daun dengan tisu sampai benar-benar tidak mengandung air. Letakkan bunga atau daun di antara dua lembar kertas lilin atau kertas roti lalu tambahkan selembar kain tebal di atas kertas tersebut.

Letakkan setrika di atas kain tebal dan gerakkan maju mundur, sampai seluruh bunga atau daun terkena panas setrika dengan merata, tetapi jangan ditekan. Balik kertas sehingga sisi yang terkena setrika berada di bagian bawah. Lakukan hal yang sama terhadap sisi lain dari bunga atau daun. Atur panas setrika agar tidak terlalu panas supaya warna bunga atau daun tetap bagus.

2. Laminating Kartu atau Dokumen

Laminating adalah proses melapisi atau membungkus benda-benda, berupa kartu atau dokumen dengan menggunakan alat dan plastik khusus. Dokumen yang sudah dilaminating tidak dapat dilepaskan lagi dari plastiknya karena sudah melekat. Jika biasanya kita membawa kartu atau dokumen ke tampat laminating yang menggunakan alat khusus, kita bisa mencoba melakukannya sendiri di rumah dengan setrika listrik.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menjadi Orang yang Pemberani?

Benda yang diperlukan hanyalah kartu atau dokumen, plastik khusus untuk laminating, dan setrika listrik. Cara melakukannya dengan memanaskan setrika listrik hingga panasnya merata. Letakkan kartu atau dokumen di antara dua lembar plastik laminating, yang telah dipotong seukuran kartu dengan melebihkan sedikit bagian pinggirnya.

Pastikan kita telah menempatkan kartu dan plastiknya dengan pas. Letakkan selembar kain agak tebal di atas plastik laminating bagian atas, lalu gerakkan setrika secara maju mundur hingga seluruh kartu terkena panas setrika.

Balik posisi plastik dan kartu sehingga bagian yang sudah disetrika berada di bawah. Lakukan hal yang sama pada bagian sebaliknya. Jika kartu belum melekat dengan sempurna, proses tersebut dapat diulangi lagi.

3. Menghilangkan Noda Lilin atau Permen Karet pada Pakaian

Setrika listrik dapat kita gunakan untuk menghilangkan noda lilin yang mengeras atau permen karet yang menempel pada pakaian. Caranya adalah dengan meletakkan sebuah karton yang agak tebal di atas noda lilin atau permen karet, lalu letakkan selembar kain di atas karton tersebut. Panaskan setrika lalu letakkan di atas kain, gerakkan maju mundur sambil ditekan. Noda lilin atau permen karet akan menempel pada karton secara perlahan-lahan.

4. Menghilangkan Noda Uap Panas Pada Meja Kayu

Meja kayu yang ketumpahan minuman atau kuah sayuran yang panas, akan meninggalkan noda berwarna putih. Untuk menghilangkannya, kita dapat meletakkan selembar handuk di atas noda uap tersebut lalu meletakkan setrika panas di atas handuk sambil di tekan sampai seluruh noda menjadi hilang.

5. Membuat Roti, Pisang Bakar, atau Menggoreng Telur

Kegunaan lain yang sangat penting dari setrika listrik adalah untuk memasak. Anak-anak kos yang tidak mempunyai kompor biasanya sangat kreatif dalam memanfaatkan setrika listrik. Di antara berbagai makanan yang bisa dibuat dengan setrika listrik adalah roti bakar, pisang bakar, dan telur dadar.

Baca Juga  Dijamin Berkesan! Ini 10 Referensi Kado untuk Teman yang Selesai Sidang Skripsi

Untuk membuat roti bakar, kita hanya perlu menyiapkan setangkup roti yang sudah dberi isian sesuai selera, dua lembar kertas roti, dan setrika listrik. Letakkan roti isi di antara dua lembar kertas roti lalu letakkan setrika listrik yang sudah panas di atas kertas roti. Gerakkan setrika sambil agak ditekan sampai merata. Balik roti dan lakukan hal yang sama untuk sisi sebelahnya.

Untuk membuat pisang bakar dengan siraman susu bertabur meises dan keju ala warung tenda, kita harus menyiapkan pisang kepok atau pisang tanduk yang sudah dibelah dua secara memanjang agar tidak terlalu tebal dan bisa matang secara merata.

Letakkan selembar daun pisang lalu tata beberapa pisang secara berjajar di atasnya. Tutup seluruh pisang dengan selembar daun pisang yang lain. Letakkan setrika panas di atas daun pisang, gerakkan secara merata sambil ditekan. Balikkan pisang dan lakukan hal yang sama untuk mematangkan sisi sebelahnya. Jika kedua bagian pisang sudah matang merata dan berwarna kecoklatan, siram dengan susu kental manis lalu taburi meises dan keju.

Jika kita ingin membuat telur dadar dengan setrika listrik, maka setrika harus dipanaskan sampai maksimal lalu diletakkan dengan posisi terbalik sehingga bagian alas sterika berada di atas. Letakkan sebuah wajan teflon kecil di atas alas setrika, beri sedikit minyak lalu tuangkan telur yang sudah dikocok dan diberi garam.

Tidak hanya telur dadar, kita juga bisa menggoreng bahan makanan lain yang cepat matang seperti sosis dengan cara yang sama. Cara ini tidak dapat digunakan untuk menggoreng bahan makanan yang memerlukan panas tinggi atau waktu yang lama, karena panas dari setrika yang disalurkan ke wajan teflon tidak akan menyamai panas dari api kompor.

Baca Juga  Manfaat Ngobrol Pinggiran (Ngopi) yang Oke Banget

Setelah mengetahui berbagai kegunaan dari setrika listrik selain untuk membuat licin pakaian, kita bisa mulai mempraktikkannya untuk berbagai keperluan di rumah. Saat bepergian ke tempat-tempat yang tidak menyediakan kompor, kita juga dapat menggunakan setrika listrik untuk membuat hidangan sederhana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Publikasi Terkait Lainnya