oleh

12 Tips untuk Bisa Berhenti Merokok, yuk Mulai Dari Sekarang!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok merupakan salah satu dari bagian gaya hidup masyarakat Indonesia khususnya pria. Meskipun bahaya merokok sudah dikampanyekan secara besar-besaran bahkan di bungkus rokok sekalipun, tetapi orang-orang yang sudah kecanduan untuk merokok tidak bisa lepas dari benda tersebut. Lalu bagaimana ya cara agar bisa berhenti merokok? Berikut tips untuk bisa berhenti merokok buat kamu.

1. Kumpulkan Niat dan Bulatkan Tekad untuk Berhenti Merokok

Tips pertama yang bisa dilakukan agar bisa berhenti merokok ialah, kumpulkan dahulu niat serta bulatkan tekad untuk bisa berhenti merokok dahulu. Dengan niat dan tekad yang sudah bulat, maka keinginan untuk berhenti lepas dari rokok akan semakin besar.

Dengan tekad yang kuat ini kamu bisa meyakinkan diri kamu sendiri untuk bisa berhenti merokok. Dengan niat dan tekad yang kuat ini pula, akan membuat kamu menjadi tidak gampang untuk tergoda dan ingin kembali menyicipi rokok.

2. Kurangi Konsumsi Rokok dari Hari ke Hari

Kamu mungkin ada di fase yang sulit untuk tiba-tiba langsung tidak lagi merokok. Oleh karena itu, kamu bisa melatih diri kamu untuk berhenti merokok secara perlahan dan bertahap.

Kamu bisa mulai mengurangi konsumsi rokok kamu dengan mengurangi satu batang per hari, hingga kamu benar-benar tidak lagi mengonsumsinya. Apabila kamu tiba-tiba ingin kembali merokok, coba kembali kumpulkan niat dan bulatkan tekad kamu untuk berhenti merokok.

3. Ingat Waktu dan Situasi Kapan Kamu Paling Sering Merokok

Kamu harus ingat kira-kira kapan waktu kamu paling sering merokok, sehingga agar kamu dapat mengubah kebiasaan sering merokokmu menjadi hal-hal yang lebih positif, seperti dengan mengonsumsi permen, coklat, atau melakukan hal-hal positif lainnya untuk mengalihkan keinginan merokok dengan hal positif tersebut.

Baca Juga  Perbaiki Kualitas Udara Ruangan, Ini 9 Jenis Tanaman Hias Untuk Meja
4. Menahan Keinginan Merokok dengan Menundanya

Apabila tiba-tiba ada keinginan dalam diri kamu untuk merokok, sebaiknya kamu segera menunda-nunda keinginan kamu untuk merokok. Dengan menunda-nundanya dahulu, maka secara perlahan kamu lama-kelamaan melupakan keinginan untuk merokok.

5. Berolahragalah dengan Teratur

Olahraga menjadi salah satu langkah yang bisa kamu ambil untuk berhenti merokok, dengan berolahraga tubuh akan terasa sehat dan bugar serta bisa membantu kamu untuk lupa dengan kebiasaan merokokmu. Selain itu, dengan berolahraga juga dapat membantu untuk melancarkan peredaran darahmu, mengurangi lemak di dalam tubuh, dan membantu kebugaran tubuhmu.

6. Hindari untuk Mengonsumsi Alkohol

Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, merokok ada kaitan erat dengan pengonsumsian alkohol. Saat minum alkohol, tak jarang tiba-tiba ingin merokok. Nah, agar pertahanan diri yang kamu bangun tidak runtuh dan kembali menyentuh rokok, sebaiknya kamu harus menghindari minuman beralkohol.

7. Hindari Hal-Hal yang Memicu Keinginan untuk Merokok

Kamu mungkin akan ada di posisi yang membuatmu ingin merokok, entah kapan itu kamu mungkin bisa saja sewaktu-waktu mengalami hal itu. Pemicu-pemicu ini bisa terjadi saat kamu tengah mengunjungi bar, saat merasa stress, atau saat kamu tengah minum kopi. Penting buat kamu untuk mengetahui berbagai macam pemicu keinginan untuk merokok agar kamu dapat mengantisipasinya.

8. Cobalah untuk Menggunakan Teknik Relaksasi

Sudah menjadi rahasia umum jika rokok dijadikan sebagai jalan pintas untuk menghilangkan stres. Alhasil bisa saja keinginan kamu untuk berhenti merokok malah membuat kamu semakin menjadi stres.

Untuk mengatasi stres ini, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan teknik relaksasi. Teknik relaksasi yang bisa kamu pilih untuk mengatasi stres ini ialah dengan melakukan pernapasan dalam, yoga, olahraga, relaksasi otot, pijat, bernyanyi, menari, hingga mendengarkan musik yang menenangkan.

Baca Juga  Dijamin Berkesan! Ini 10 Referensi Kado untuk Teman yang Selesai Sidang Skripsi
9. Sampaikan Keinginan Berhenti Merokok Kepada Orang-Orang Terdekat

Dukungan menjadi salah satu faktor penguat keinginanmu untuk berhenti merokok. Dengan dukungan yang kuat dari keluarga dan orang-orang terdekat kamu, mereka bisa menjadi salah satu alarm alamiah kamu saat keinginanmu untuk merokok timbul. Mereka bisa menjadi penyemangat sekaligus pengingat kamu saat kamu tiba-tiba ingin merokok.

10. Hindari Teman-Teman yang Suka Merokok

Salah satu hal yang sulit bagi perokok ialah saat ia tidak merokok di tengah-tengah teman-temannya yang merokok. Hal ini menjadi suatu godaan tersendiri, oleh karena itu sebaiknya kamu menghindari dahulu teman-teman yang suka merokok di tengah masa transisi kamu, sebelum akhirnya kamu bisa berhenti total untuk tidak merokok kembali.

11. Unduh Aplikasi-Aplikasi Pendukung untuk Berhenti Merokok

Zaman sekarang teknologi semakin maju, kamu dapat menemukan banyak aplikasi yang ditujukan untuk orang-orang yang ingin berhenti merokok. Biasanya aplikasi ini dibuat untuk mengingatkan sejauh mana perkembangan kamu dalam berhenti merokok.

Lebih menariknya lagi, biasanya aplikasi tersebut juga memiliki fitur untuk menghitung uang yang sudah berhasil kamu hemat setelah berhenti membeli rokok. Dengan aplikasi ini bisa menjadi motivasi kamu untuk berhenti merokok.

12. Meminta Pil Resep Ke Dokter

Perlu kamu ketahui, salah satu kondisi yang mungkin dialami oleh perokok pada fase awal ia berhenti disebut sebagai gejala penarikan. Ciri-ciri gejala ini di antaranya ialah keinginan kuat untuk merokok, berkeringat, mual, sakit kepala, insomnia, susah untuk berkontraksi, gelisah, gampang marah, sampai depresi.

Tak jarang gejala-gejala tersebut susah untuk ditangani sendiri dan membutuhkan dokter untuk menyembuhkannya. Oleh karena itu, kamu bisa mengunjungi dokter untuk mendapatkan resep pil untuk mengatasi gejala tersebut yang mungkin timbul.

Baca Juga  Kenali Gejala-Gejala Diabetes Sejak Dini Agar Segera Dapat Diobati

Itu tadi tips untuk bisa berhenti merokok. Semoga informasi ini membantu kamu untuk berhenti merokok yang bisa merusak kesehatan kamu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya