by

10 Dampak yang Akan Ditimbulkan Jika Kamu Tidak Mengonsumsi Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab sayuran mengandung banyak vitamin, protein, serat, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi sayuran sangat dianjurkan untuk pertumbuhan, menjaga metabolisme, dan kesehatan tubuh. Namun, jika kamu termasuk dalam orang yang tidak suka makan sayuran, akan ada dampak yang ditimbulkan jika kamu tidak mengonsumsi sayuran. Apa saja dampak itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Mengalami Gangguan Pencernaan
Ilustrasi (Foto: pixabay.com/nastya_gepp)

Kurangnya asupan serat pada tubuh yang didapatkan dari sayuran, dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tersebut di antaranya ialah sembelit, diare, wasir, dan diverticulosis.

Gangguan pencernaan ini akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman di tubuh, khususnya pada perut dan saluran pencernaan lainnya.

2. Mengalami Sariawan dan Gusi Berdarah
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Kekurangan sayuran seperti bayam, sawi, dan sayuran berdaun hijau tua lainnya yang banyak mengandung vitamin C, magnesium, dan kalsium dapat menyebabkan mulut gampang terkena sariawan dan gusi berdarah.

Sariawan dan gusi berdarah akan membuat daerah mulut terasa sakit dan menjadi susah makan, karena setiap luka tersenggol benda yang masuk dalam mulut rasa sakitnya akan muncul.

3. Beresiko Terkena Kanker
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

American Institute for Cancer Research (AICR), menyatakan bahwa tidak ada makanan yang bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Namun, pola makan-makanan sehat, seperti makan-manakan nabati, antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, dan karetenoid dapat mengurasi resiko munculnya kanker dalam tubuh. Dan makanan-makanan tersebut, dapat diperoleh dari mengonsumsi sayuran.

4. Anemia
Ilustrasi (Foto: pixabay/natsya_gepp)

Dampak yang akan ditimbulkan jika tidak mengonsumsi sayuran selanjutnya ialah anemia. Anemia merupakan penyakit yang diakibatkan karena kekurangan sel darah merah.

Baca Juga  Modis dan Fashionable, Ini 6 Motif Kemeja yang Banyak disukai Milenial

Penyakit ini timbul karena kurangnya zat besi yang ada di dalam tubuh. Kurangnya zat besi dalam tubuh disebabkan oleh kurangnya mengonsumsi sayuran hijau. Anemia akan membuat tubuh menjadi lemas, lesu, hingga menyebabkan pingsan.

5. Sering Kelelahan
Ilustrasi (Foto: pixabay.com/free-photos)

Sering kelelahan yang terjadi dalam tubuh diakibatkan karena kekurangan asam folat.

Kekurangan asam folat ini disebabkan karena kurangnya mengonsumsi sayuran, yang mengandung vitamin B, seperti sayuran yang berdaun gelap dan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, asparagus, dan lentil.

6. Pendarahan yang Tidak Normal
Ilustrasi (Foto: hellosehat.com)

Vitamin K yang ada pada sayuran berfungsi dalam proses pembekuan darah, mineralisasi tulang, dan membantu pertumbuhan sel agar tepat.

Apabila kekurangan sayuran yang mengandung vitamin K, seperti bayam dan kale akan menyebabkan pendarahan abnormal, seperti menstruasi yang hebat, gusi berdarah, dan adanya memar.

7. Membuat Otak Menjadi Lemot
Ilustrasi (Foto: eventkampus.com)

Kekurangan sayuran seperti sayuran berdaun hijau, wortel, brokoli, jagung, dan tomat yang berfungsi untuk meningkatkan sistem pembelajaran dan memori dalam otak, menyebabkan otak menjadi lemot. Oleh karena itu, kamu harus memaksimalkan mengonsumsi sayuran agar otak mampu bekerja secara maksimal.

8. Sering Mengalami Kram
Ilustasi (Foto: pixabay.com/septimiu)

Mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, dapat menghindarkan diri dari kram otot, karena kaya akan kalsium dan magnesium. Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau juga juga dapat mencegah terjadinya kram perut saat menstruasi, yang banyak dialami oleh banyak wanita.

9. Dapat Meningkatkan Berat Badan
Ilustrasi (Foto: hellosehat.com)

Ketika kamu tidak mengonsumsi sayuran, berarti kemungkinan besar kamu pasti sedang mengonsumsi makanan yang memiliki lemak dan kalori yang tinggi. Lemak dan kalori yang tinggi ini akan menyebabkan meningkatnya berat badan.

Oleh karena itu sebaiknya kamu mengonsumsi sayuran, karena sayuran mengandung kalori yang rendah, jadi tidak heran sayuran menjadi makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan diet.

Baca Juga  5 Kulit Buah Ini Bisa Membuat Kulit Glowing
10. Gampang Terkena Stres
Ilustrasi (Foto: pixabay.com)

Stres merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam hidup dan pasti pernah dialami oleh setiap orang. Sayuran berfungsi sebagai perangsang produksi hormon dopamin, yang menimbulkan perasaan relaks dan bahagia.

Jika kamu kekurangan dopamin dalam tubuh, maka kamu akan berisiko tinggi terkena kecemasan, stress, dan masalah dalam psikis lainnya.

Nah, itu tadi dampak yang akan ditimbulkan jika tidak mengonsumsi sayuran. Walaupun rasa dari sayuran memang tidak selezat junk food atau makanan instan yang kamu sukai, tetapi nyatanya sayuran lebih menyehatkan dari makanan tersebut. Oleh karena itu, jangan pernah bosan untuk mengonsumsi sayuran ya!

Comment

Artikel Terkait