by

10 Cara Mendewasakan Diri Sendiri di Bawah Ini Penting untuk Kamu Tahu!

Kedewasaan pada seseorang nyatanya tidak dapat dilihat hanya dari usia atau pengalamannya saja. Memang usia dan pengalaman bisa salah satu hal yang menjadi pendukung dari kedewasaan seseorang, tetapi hal tersebut bukanlah penyebab utama dari timbulnya kedewasaan seseorang.

Memiliki sifat dewasa dalam diri sendiri bisa membantu seseorang dalam menjalankan hidupnya, tetapi sayangnya masih banyak orang yang sulit untuk bersikap dewasa karena banyak faktor, entah dari dirinya sendiri atau karena lingkungannya. Kemudian kira-kira bagaimana ya caranya mendewasakan diri sendiri? Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Hadapi dan Jangan Lari dari Masalah!

Cara pertama yang kamu bisa lakukan untuk mendewasakan dirimu sendiri, ialah dengan menghadapi dan jangan lari dari masalah. Setiap orang pastinya memiliki masalah dan mugkin pernah berada di fase merasa stress atau depresi.

Namun, kamu harus ingat bahwa semakin kamu berani dalam menghadapi masalah dan tidak lari hal itu bisa menambah pengalaman dan membuat kamu semakin dewasa dan berani, dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan. Tidak peduli apakah itu permasalahan yang kecil atau besar, hendaknya kamu harus bisa menyelesaikannya dan jangan sampai lari dari permasalahan.

2. Latih Dirimu untuk Menjadi Sosok yang Mandiri

Saat ini kamu masih sering bergantung dengan orang tua? Apabila masih, cobalah untuk belajar mandiri dengan melakukan hal-hal yang sekiranya bisa kamu lakukan sendiri. Cobalah untuk belajar melakukan hal-hal mandiri mulai dari hal-hal terkecil, seperti membereskan rumah, membersihkan kamar, mencuci baju sendiri dan hal-hal sepele lainnya.

3. Belajar Mengambil Keputusan Sendiri

Salah satu hal yang membahayakan untuk hidup ialah ketidakmampuan dalam mengambil keputusan sendiri. Sejak kecil kamu sebaiknya sudah belajar untuk bisa mengambil keputusan sendiri, agar saat dewasa nanti kamu bisa memiliki rasa tanggung jawab dan mampu untuk mengatur hidupmu sendiri, sehingga tidak bisa dipengaruhi oleh orang lain.

Baca Juga  Tips Memilih Skincare yang Aman Untuk Perawatan Tubuh

Selain itu, dengan dapat mengambil keputusan sendiri hal ini bisa membantu kamu, untuk bisa berpikir lebih panjang dan tidak terpaku dengan satu hal saja.

4. Mau untuk Introspeksi Diri

Introspeksi diri merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan banyak orang, meskipun teori untuk melakukan instrospeksi ini sangatlah mudah. Walaupun kamu sudah menjadi sosok orang dewasa, tetapi belum tentu kamu bisa instrospeksi diri dan bersikap dewasa.

Nah, hal inilah yang menjadi poin besar kamu apabila kamu mampu untuk introspeksi diri, maka cara kamu untuk menjadi dewasa sudah tepat.

5. Sering Melakukan Diskusi Terbuka

Sering melakukan diskusi terbuka, bisa membantu kamu untuk membuka pikiran serta bertukar pengalaman dengan orang lain. Dengan diskusi ini juga bisa membantu kamu untuk mengetahui, apa yang orang lain pikirkan dan kamu bisa menjadikan kehidupan orang lain sebagai pembelajaran.

Tak jarang dengan cara ini bisa membantu kamu untuk menjadi lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki, sehingga ini bisa membantu kamu untuk menjadi lebih dewasa dan bijaksana.

6. Mengubah Kebiasaan-Kebiasaan Buruk yang Kerap Dilakukan

Terkadang kamu tidak sadar bahwa kebiasaan buruk yang kamu anggap biasa, menjadi salah satu hal yang menyebabkan kemunduran sikap dan kepribadian kamu. Kebiasaan ini mungkin memang sulit diubah, karena tanpa kamu sadari sudah menjadi hal biasa yang terus-terusan kamu lakukan.

Oleh sebab itu, kamu harus menyadari bahwa kebiasaan buruk tersebut harus segera kamu hilangkan, dan segeralah untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik. Dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk inilah, secara tidak langsung kamu sudah merubah dirimu menjadi lebih dewasa.

7. Kurangi Rasa Mengeluh yang Kerap Muncul

Mengeluh merupakan salah satu sikap yang manusiawi, tetapi kamu harus tahu bahwa terus-terusan mengeluh hanya menghambat pemikiran dewasamu. Mereka yang dewasa akan memanfaatkan waktunya, untuk hal-hal yang lebih penting dibandingkan harus mengeluh.

Baca Juga  14 Kiat Lejitkan Semangat Kerja Karyawan

Buat kamu yang masih sering mengeluh karena hal-hal kecil, sebaiknya segera ubah sikapmu dan cobalah untuk menjadikan hidupmu lebih baik, daripada kamu menghabiskan waktumu untuk mengeluh, sebab mengeluh tidak bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang kamu miliki.

8. Tentukan Prioritas yang Kamu Miliki

Buat kamu yang masih suka bersenang-senang kamu mungkin masih kesulitan dalam menentukan prioritas, yang harus kamu lakukan dan kamu pilih. Hal ini sebaiknya kamu hindari, sebab seseorang yang sudah dewasa pastinya sudah memiliki pemikiran yang fokus ke depan dan sudah memiliki prioritas.

Jangan gunakan waktumu untuk hal-hal yang tidak berguna, tetapi gunakanlah waktumu untuk hal-hal yang penting dan bermanfaat.

9. Peduli dengan Orang Lain

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan orang lain. Salah satu ciri yang menjadi pertanda bahwa seseorang itu telah dewasa, ialah mereka tidak egos dan peduli dengan orang lain. Mereka tidak bersikap seperti anak-anak dan memiliki rasa simpati dan empati kepada orang lain.

Apabila kamu ingin mendewasakan diri kamu, cobalah untuk bersikap peduli dengan orang lain dan cobalah buang jauh-jauh rasa egois dalam diri kamu.

10. Menerima Kritik dan Saran dari Orang Lain

Banyak orang yang susah dalam menerima kritik dan saran dari orang lain, entah itu karena merasa ia sudah benar atau merasa orang lain tidak sepaham dan tidak menyukai dirinya, padahal kritik dan saran itu ada untuk membantu memperbaiki sesuatu yang kurang tepat, termasuk sikap seseorang.

Buat kamu yang ingin bersikap dewasa, sebaiknya mau menerima kritik dan saran dari orang lain dan jangan merasa kamu yang paling benar.

Itu tadi beberapa cara mendewasakan diri sendiri yang harus kamu tahu. Semoga dengan uraian tadi bisa membantu kamu untuk merubah sikap menjadi lebih dewasa.

Comment

Artikel Terkait