by

Yuk Kenali Macam-macam Kuliner Khas Asia Tenggara yang Mendunia

Secara umum di tiap-tiap Negara pasti memiliki beberapa menu khusus atau makanan andalan yang menjadi hidangan utama, bahkan juga bisa menjadi ciri khas sebuah Negara, karena mempunyai masakan yang populer di kancah Internasional.

Jadi akan merasa bangga, jika masakan dari Negara kita masuk dalam daftar macam-macam kuliner khas Asia Tenggara yang mendunia.

Di daerah Asia terutama pada Negara-negar di Asia Tenggara, banyak sekali jenis menu masakan atau kuliner yang terkenal tidak hanya pada benua Asia saja, namun juga terkenal di Negara-negara pada Benua lain seperti Eropa, Amerika dan yang lainnya.

Penasaran dengan daftar kulinernya, berikut adalah rekomendasi makanan khas Asia Tenggara yang wajib di coba.

1. Masakan Rendang Dari Indonesia

Rice with Rendang on a Box Creative Image rendang stock pictures, royalty-free photos & images

Tentu untuk menu masakan atau kuliner pertama ini berasal dari Negara kita tercinta yaitu Indonesia. Masakan rendang ini sudah umum di Indonesia, bahkan hampir di semua daerah mengenal makanan ini.

Selain itu, terbukti bahwa masakan rendang ini pernah dinobatkan sebagai masakan paling enak dan juga lezat di Dunia, bahkan saat ini sudah banyak masyarakat luar negeri yang mengenal masakan ini.

Rendang sendiri adalah masakan khas dari Padang, bahan-bahannya sendiri rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak melalui proses yang panjang, jadi tidak heran jika tekstur daginngya sangat empuk dan lembut.

Selain itu, bumbu rendang juga sangat khas sehingga sangat banyak yang suka, untuk bumbu rendang sendiri terdiri dari bahan rempah-rempah pilihan.

2. Nasi Lemak Dari Malaysia
Nasi Lemak with fried chicken Close up photo of Malaysia's traditional food nasi lemak ayam goreng malaysia nasi lemak stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Beralih ke Negara tetangga yaitu Malaysia, ternyata Negera ini juga mempunyai makanan khas dan juga sudah sangat terkenal hingga ke Mancanegara.

Nasi ini menjadi salah satu kuliner andalan dari Negeri Jiran, buktinya banyak sekali wisatawan dari berbagai Negara yang rela datang jauh-jauh ke Malaysia, hanya untuk mencicipi makanan nasi lemak ini.

Baca Juga  Spot Wisata Puncak Grapela Aceh Selatan, Surganya Desa Panton Luas

Pada dasarnya nasi lemak ini hampir memiliki kesamaan dengan nasi uduk dari Indonesia dari segi rasa, dimana rasa nasi lemak ini mempunyai rasa gurih yang berasal dari campuran santan yang digunakan untuk memasak nasinya.

Nah, mungkin yang menjadi pembeda adalah dari segi tampilan dan juga lauk pauknya, dimana nasi lemak biasanya disantap dengan telur, sambal hingga ikan teri.

3. Tom Yum Goong Dari Thailand
Tom Yam kung Spicy Thai soup Tom Yam kung Spicy Thai soup with shrimp, seafood, coconut milk and chili pepper in bowl on wooden background copy space Tom Yum stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Untuk rekomendasi makanan atau kuliner khas Asia Tenggara berikutnya yang wajib Anda coba adalah tom yum goong.

Jika Anda berkunjung ke Negari Gajah Putih, maka wajib untuk mencicipi masakan yang satu ini, karena rasanya sangat khas dan juga nikmat. Makanan ini merupakan salah satu menu yang tergolong dalam kuliner seafood yang sudah sangat mendunia.

Untuk bahan-bahan lengkapnya masakan ini biasanya terbuat dari beberapa bahan seafood seperti udang, cumi-cumi dan juga ikan.

Dari segi tampilan makanan ini mempunyai kuah yang cukup pekat dan berwarna mencolok, sedikit orange dan juga kemerah-merahan. Jadi sudah kebayang bukan bagaimana rasa dan juga kenikmatan dari kuliner asal Thailand yang satu ini.

4. Laksa Dari Singapura
Singaporean Laksa Soup Singaporean Laksa Soup with coconut broth and seafood singapore laksa stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Makanan laksa memang sudah sangat terkenal di manapun, buktinya makanan ini mudah sekali ditemui tidak hanya di Negara Singapura saja, namun di Indonesia juga sudah banyak yang mengenal kuliner laksa ini.

Tapi untuk menu laksa yang di Indonesia ini sedikit berbeda dengan laksa khas Negara Singapura, karena sudah diolah dan dikreasikan dengan bahan-bahan lain.

Meskipun demikian tidak akan mengubah rasa dan juga ciri khas dari masakan laksa itu sendiri, jika ingin mencicipi laksa khas Singapura secara langsung, Anda bisa langsung datang ataupun saat berkunjung Anda bisa mampir di kota Singapura, karena laksa dijual hampir disemua tempat di sudut kota Singapura, jadi jangan sampai ketinggalan.

Baca Juga  3 Resep Masakan Khas Surabaya yang Harus Dicoba
5. Ambuyat Dari Brunei Darussalam
Ambuyat or Nantung - Food in Borneo Ambuyat is a dish derived from the interior trunk of the sago palm. It is a starchy bland substance, similar to tapioca starch. Ambuyat is the national dish of Brunei, and a local delicacy in the Malaysian states of Sarawak, Sabah, and the federal territory of Labuan, where it is sometimes known as linut. Ambuyat stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Untuk rekomendasi selanjutnya dari beberapa makanan khas Asia Tenggara adalah masakan dengan nama ambuyat. Kuliner ini merupakan salah satu menu masakan yang sangat terkenal di Brunei Darussalam, bahkan juga sudah terkenal di Mancanegara. Jika penasaran dengan kuliner yang satu ini Anda bisa datang langsung ke Brunei Darussalam untuk mencicipi masakan ini.

Dari segi karakteristik kuliner ini mempuyai kesaaman dan bahkan bisa dibilang sangat mirip dengan makanan papeda khas Papua, dimana dari bahan utamanya juga sama yaitu terbuat dari tepung sagu.

Untuk masakan ambuyat ini paling enak dan nikmat disantap dalam keadaan hangat, selain itu ada menu pendamping lain berupa saus udang dengan tekstur kental yang sudah difermentasi.

6. Kaeng Som Gai Dari Laos
Kaeng Som Gai;
atmykitchentable.com

Jika Anda mencari masakan khas Asia Tenggara yang mempunyai cita rasa nikmat dan juga tergolong dalam masakan ringan, maka kaeng som gai menjadi pilhan utama yang wajib dicoba.

Jika dilihat secara sekilas masakan ini sangat mirip dengan masakan Chinese yaitu capcay, tapi mempunyai kuah yang tidak begitu kental dan dari segi warna sedikit lebih terang yaitu berwarna orange.

Menu ini termasuk dalam masakan yang tidak hanya memiliki rasa nikmat saja, tapi juga memiliki rasa segar karena adanya beberapa bahan tambahan seperti sayur-sayuran yang menjadi isian masakan.

Untuk bahan utamanya sendiri, kaeng som gai ini terbuat dari daging ayam pilihan yang telah dicampur dan dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah pilihan.

7. Nam Dari Vietnam
Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan
idntimes

Untuk rekomendasi kuliner khas Asia Tenggara yang patut untuk Anda coba, adalah masakan dari Negara Vietnam dengan nama nam. Sekilas makanan ini terlihat seperti risoles, namun secara detail dan terperinci banyak sekali perbedaanya dari mulai bahan kulit hingga isian.

Baca Juga  12 Tempat Wisata yang Populer di Jawa Timur yang Siap Memanjakan Liburanmu

Nam berisi hanya cincangan seafood seperti daging kepiting atau udang yang dicampur dengan jamur, lalu dibungkus dengan pangsit dan digulung menjadi bentuk bulat memanjang.

Selain itu yang menjadi pembeda selanjutnya adalah bumbu-bumbunya, dimana nam ini memakai bumbu rempah lengkap yang dicampur dengan bahan lain seperti telur dan juga irisan bawang bombai.

Demikian ulasan tentang macam-macam kuliner khas Asia Tenggara yang mendunia. Jika Anda tidak ingin jauh-jauh pergi ke beberapa Negara asal makanan di atas, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait