by

Wisata Buatan di Indonesia yang Menarik Banyak Wisatawan

Negara Indonesia merupakan salah satu dari banyak Negara, yang mempunyai keindahan alam tiada batas dan panorama yang sangat indah. Sebagai Negara kepulauan yang mempunyai banyak keeksotisan dan juga pemandangan tiada duanya, membuat banyak pelancong dari banyak Negara datang ke Indonesia, untuk menikmati betapa indahya pemandangan alam yang mempesona.

Terlepas dari hal tersebut tentu pemerintah Indonesia tidak hanya mengembangkan tempat wisata alam saja, tetapi ada beberapa wisata buatan di Indonesia yang mampu menarik banyak wisatawan, tentunya tidak hanya wisatawan lokal saja tetapi juga sampai wisatawan mancanegara.

Daripada berlama-lama lagi inilah beberapa rekomendasi wisata buatan di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

1. TMII atau Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia JAKARTA, INDONESIA -TMII
istockphoto

Tempat wisata buatan yang pertama adalah TMII yang berada di daerah Jakarta Timur. Uniknya lagi tempat wisata ini mempunyai tema budaya, jadi untuk Anda yang suka dengan sejarah dan juga perkembangan budaya di Indonesia, sangat dianjurkan untuk mengunjungi objek wisata ini. Untuk luas dari TMII sendiri yaitu sekitar 150 hektar, sangat luas sekali bukan?

Pada sejarahnya sendiri TMII atau taman mini Indonesia indah ini dibuka, untuk memberikan hormat kepada Ibu Tien Soeharto dan dibuka pada tanggal 20 April 1975. Sebagai tempat wisata yang bertemakan budaya, tentu saja di TMII banyak tersimpan budaya Indonesia yang beragam. Selain itu, di TMII juga sering ada pagelaran atau pertunjukan budaya.

2. Dufan atau Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol
Dufan
minews.id

Masih dari daerah yang sama yaitu provinsi Jakarta yaitu sebuah objek wisata buatan yang bernama Dufan. Mungkin sudah banyak dari Anda yang mendengarnya, bahkan adapula yang sudah mengunjunginya. Untuk letak detailnya sendiri Dufan berada di 2 kawasan di Jakarta, yaitu di Jakarta Barat dan Juga Jakarta Utara, untuk tanggal berdirinya yaitu sejak 29 Agustus 1985.

Baca Juga  Sederhana dan Enak Banget! Ini 5 Makanan Lezat Indonesia yang Mendunia

Secara umum objek wisata Dufan ini merupakan salah satu tempat wisata yang bertemakan hiburan edukatif. Jadi bisa digunakan untuk bermain dan juga belajar, sangat cocok sekali jika mengajak anak Anda untuk liburan ke Dufan. Untuk daftar wahananya sendiri sudah tidak bisa diragukan lagi karena mempunyai banyak wahana, sampai saat ini terhitung ada 25 wahana permainan di Dufan.

3. Jawa Timur Park 1, 2, dan 3
Jatim Park 1 Februari 2021 - Wisata Oke
wisataoke.com

Wisata buatan selanjutnya yang sangat terkenal dan tidak boleh Anda lewatkan adalah, Jawa Timur Park atau biasanya disebut sebagai Jatim Park. Untuk letaknya sendiri berada di Kota Batu, selain itu Jatim Park juga terbagi menjadi 3 tempat yaitu, Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Meskipun sama tapi tiap-tiap tempat mempunyai tema yang sangat berbeda.

Untuk Jatim Park 1 merupakan objek wisata yang mempunyai banyak wahana, yaitu sekitar 36 wahana. Selain itu, tema dari Jatim Park 1 sendiri adalah permainan dan edukasi. Selanjutnya untuk Jatim Park 2 yaitu, mempunyai tema ilmu alam dan mengusung konsep pembelajaran biologi dan juga satwa. Terakhir Jatim Park 3, yang bertema hiburan dan juga atraksi satwa langka seperti Dinosaurus.

4. Trans Studio
Trans Studio bandung
istockphoto

Merupakan salah satu dari banyaknya tempat wisata buatan, yang paling terkenal dan terpopuler di Indonesia, karena mengusung tema rekreasi indoor. Untuk lokasinya sendiri berada di kawasan kota bandung, dan lebih menariknya lagi Anda bisa berbelanja sambil bermain, karena Trans Studio bersebelahan dan menyatu dengan mall trans studio.

Untuk konsep yang diusung trans studio memilih konsep permainan dengan gaya acara televisi atau sebuah film, jadi sangat cocok untuk dijadikan liburan keluarga. Memiliki banyak pengunjung dan semakin bertambah serta meningkat membuat pihak trans studio, selalu berinovasi mengembangkan wahana tempat bermain, ada juga tersedia beberapa peket liburan seru yang ditawarkan.

Baca Juga  Kamu Ingin ke Korea Selatan? Berikut ini Rekomendasi Tempat Wisata di Korea Selatan
5. Museum Angkut dan Pasar Apung
Museum Angkut dan Pasar Apung
dakatour.com

Objek wisata berikutnya adalah sebuah tempat wisata yang mengusung konsep bertemakan transportasi, yaitu museum angkut yang berada di kota Batu. Untuk pembukaannya sendiri yakni pada tanggal 9 Maret 2014, dan sangat berdekatan dengan kawasan wisata Jatim Park. Untuk luas dari tempat wisata ini kuarang lebih sekitar 3,7 hektar.

Untuk latar belakang pembuatan tempat wisata ini sebenarnya untuk memberikan apresiasi, terhadap perkembangan transportasi di dunia dan juga nusantara, jadi wajar jika banyak berbagai macam koleksi transportasi dari dulu hingga sekarang. Untuk Anda yang suka kulineran, juga tersedia wisata pasar apung sebagai pusat bermacam-macam kuliner khas kota Malang.

6. Eco Green Park
√ Eco Green Park Malang, Wahana, Gambar, Harga Tiket Masuk 2020
wisatabagus.com

Objek wisata buatan ini masih tergabung dalam bagian Jatim Park 2, tapi mempunyai tema yang berbeda yaitu mengusung konsep ekosistem dan reptil. Tanggal pembukaan dari objek wisata ini adalah 1 Juli 2012, dan untuk tempatnya sendiri yaitu masih di kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Terdapat 35 wahana menarik yang bisa Anda coba bersama keluarga dan kerabat.

Sangat disarankan untuk program studi tour bagi anak-anak SD, karena Eco Green Park ini sangat cocok digunakan untuk liburan asyik sambil belajar. Selain itu, jika Anda berkunjung kesana juga akan ada sebuah permainan bertemakan sains yang siap memanjakan Anda.

7. Kampung Gajah Wonderland
Wisata Horor di Bandung: Kampung Gajah yang Tak Sama Lagi
bobobox.co.id

Tempat wisata buatan terakhir ini berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Konsep yang diusung juga hampir sama dengan Jatim Park, yaitu merupakan tempat belajar dan juga bermain. Jadi disarankan untuk Anda liburan bersama keluarga, teman, ataupun kerabat terdekat.

Selain adanya fasilitas dan banyak wahana menarik serta menyenangkan, Anda juga bisa melakukanwisata kuliner untuk sekedar mencicipi makanan khas Bandung. Selain adanya wisata kuliner yang bisa memanjakan Anda, adanya pusat wisata belanja juga dapat dicoba untuk membeli oleh-oleh khas Bandung.

Baca Juga  Ayo Berwisata Ke Kebun Kopi Arabica Gayo

Meskipun termasuk wisata buatan, pesona dan juga keindahan dari objek wisata di atas, dapat membuat pengunjungnya merasa dimanjakan. Selain itu, wahana dan permainan yang ada juga mampu membuat senang banyak wisatawan.

Demikian ulasan tentang beberapa tempat wisata buatan di Indonesia, semoga dapat menambah referensi untuk liburan Anda bersama keluarga tercinta.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait