by

Rekomendasi Tempat Wisata Solo yang Bisa Kamu Datangi saat Liburan Nanti

Solo merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki sejuta pesona yang indah. Wisata alam hingga wisata modern banyak tersedia di kota ini, kamu bisa memilih untuk pergi dari tempat satu ke tempat lainnya dengan bebas. Nah, buat kamu yang ingin liburan ke Solo dan belum tau ingin pergi ke destinasi wisata yang mana, kamu bisa menyimak ulasan di berikut ini.

1. The Lawu Park: Wisata Alam Indah yang Ada di Kaki Gunung Lawu
Lebaran 2021, The Lawu Park Bakal Terapkan Aturan Waiting List Halaman all - Kompas.com
travel.kompas.com

Buat kamu yang suka dengan destinasi wisata alam, kamu bisa mencoba datang di The Lawu Park yang letaknya di Kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Di tempat wisata ini kamu bisa melakukan banyak hal seru, seperti hiking, forest walk, flying fox dan sky walk. Dengan pemandangan yang begitu asri dan udara yang sejuk, tempat wisata ini sangatlah cocok untuk didatangi bersama keluarga.

Untuk harga tiket masuknya juga ramah di kantong, yaitu Rp. 15.000 dan setiap aktivitas outdoor yang ingin kamu lakukan nantinya akan dikenai biaya tersendiri. Tempat wisata ini buka dari mulai hari senin sampai dengan hari minggu mulai pukul 9 pagi sampai pukul 6 sore.

2. The Heritage Palace: Tempat Wisata dengan Nuansa Seperti di Luar Negeri
The Heritage Palace, Destinasi Wisata Ala Eropa di Solo
instagram.com/theheritagepalace

Buat kamu yang ingin merasakan nuansa seperti di luar negeri atau seperti berada di tengah-tengah bangunan tua, kamu bisa mencoba untuk mendatangi The Heritage Palace ini. The Heritage Palace merupakan tempay wisata Solo yang berada di Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Tempat ini belum lama dibuka, yaitu baru pada 9 Juni 2018 lalu.

Di The Heritage Palace ini kamu bisa menikmati beberapa bangunan bersejarah yang estetik, mobil antik, musium 3D, dan Omah Walik. Oleh karena itu, tempat wisata yang satu ini benar-benar direkomendasikan untukmu dan keluarga. The Heritage Palace ini buka setiap hari, hari Senin sampai Selasa buka mulai pukul 10:00 – 18:00, hari Jum’at dan Minggu buka mulai pukul 09:00 – 21:00 dengan harga tiket masuknya Rp 55.000 per orang.

Baca Juga  Punya Masalah dengan Berat Badan? Ini 7 Makanan untuk Sarapan dengan Masalah Berat Badan
3. Pandawa Water World: Tempat Wisata Air Buat Kamu yang Suka Bermain Air
Wahana dan Promo Harga Tiket Pandawa Water World Oktober 2021 - Wisata Oke
wisataoke.com

Buat kamu yang suka kegiatan yang berhubungan dengan air, kamu bisa mampir ke tempat wisata yang ada di Solo satu ini, yaitu Pandawa Water World. Kamu bisa mengajak keluarga kamu untuk berwisata ke sini. Fun fact buat kamu, Pandwa Water Worlf ini menjadi salah satu tempat wisata air yang terbesar di Indonesia dengan 27 wahana air yang bisa memanjakan dirimu.

4. Wisata Budaya di Keraton Surakarta Hadiningrat
Indonesia Umbrella Festival 2017 at Pura Mangkunegaran, Solo - Indonesia Travel
indonesia.travel

Selain Keraton Jogjakarta, Keraton Surakarta Hadiningrat juga menjadi salah satu keraton di Indonesia yang begitu terkenal entah itu di Indonesia sendiri maupun di luar negeri. Daerah Keraton Surakarta Hadiningrat ini dibagi menjadi Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, Siti Hinggil Lor dan Kidul dan Kamagangan.

Di salah satu lokasi yang ada di Keraton ini juga dijadikan sebagai museum, loh! Isi dari musium tersebut di antaranya ialah berisi benda-benda koleksi dari peninggalan kerajaan, sehingga tempat wisata yang satu ini cocok juga sebagai wisata edukasi budaya anak-anak.

5. Grojogan Sewu: Wisata Alam Air Terjun yang Memanjakan Mata
Fakta Menarik di Balik Nama Air Terjun Grojogan Sewu
kabare.id

Bosan wisata alam cuma ke gunung atau pantai aja? Nah, kamu bisa nih coba wisata alam lainnya dengan mendatangi Grojogan Sewu yang ada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Rute untuk menuju tempat wisata ini cukup mudah diakses untuk motor maupun mobil. Tempat ini akan menyuguhi kamu pemandangan tebing yang hijau serta air terjun yang menyegarkan. Untuk menikmati keindahan alam tersebut kamu hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 18.000 untuk tiket masuk.

Baca Juga  Dumbeg, Jajanan Tradisional yang Menjadi Khas dan Populer di Tuban
6.  Pabrik Gula De Tjolomadoe: Tempat Wisata yang Mempunyai Gaya Eropa

Pabrik Gula Tempo Doeloe - Ulasan De Tjolomadoe, Karanganyar, Indonesia - Tripadvisor

Pabrik gula De Tjomadoe merupakan pabrik gula yang dijadikan sebagai tempat wisata yang beralamat di Jl Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1861 lalu mulai berhenti  untuk beroprasi kurang lebih selama dua puluh tahun yang lalu. Oleh sebab itu, tempat ini diubah menjadi tempat wisata dan tempat bersejarah pabrik gula. Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat ini ialah bangunannya yang mirip dengan gaya eropa.

7. Peser Gede: Tempat Wisata Buat yang Suka Belanja

AKTIVITAS JUAL-BELI DI PASAR GEDE

 

Pasar yang kerap disebut sebagai Pasar Gede Harjonagoro termasuk dalam pasar tertua yang berada di Solo. Pasar ini lokasinya cukup strategis, yaitu berada di sekitar Kantor Bupati Solo dan Keraton Kasunanan Surakarta. Bentuk dari desain bangunan pasar ini cukup unik, yaitu bentuknya merupakan perpaduan dari arsitektur Belanda dan Jawa. Selain menyuguhkan pemandangan yang estetik, saat kamu ke pasar ini, kamu nantinya akan menemukan banyak hidangan legendaris yang diperjual belikan di pasar ini.

Itu tadi beberapa tempat wisata Solo yang bisa kamu kunjungi saat ke kota tersebut. Karena ini tengah ada pandemi Covid-19, artinya kamu harus bisa melakukan protokol kesehatan apabila berkunjung di tempat-tempat wisata tersebut. Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau minum, dan selalu memakai hand sanitizer.

Comment

Artikel Terkait