by

Tak Pernah Tinggal, Ini 9 Rekomendasi Minuman Segar untuk Buka Puasa

Ketika menjalankan ibadah puasa salah satu momen atau saat yang paling ditunggu-tunggu oleh mayoritas orang adalah saat berbuka. Menjelang berbuka banyak orang sudah menyiapkan berbagai macam hidangan, yang tentu sangat menarik dan menggugah selera. Mulai dari makanan, minuman, hingga camilan dengan rasa manis yang menjadi pilihan menu berbuka oleh kebanyakan orang.

Salah satu menu yang paling menjadi favorit banyak orang, saat bulan puasa dan digunakan untuk santapan berbuka adalah minunan manis.

Ada banyak jenis minuman manis yang bisa dijadikan ide kreasi untuk menu buka puasa mulai dari kolak roti, teh manis, hingga minuman dengan tambahan es. Berikut ini adalah rekomendasi minuman segar untuk buka puasa, antara lain yaitu:

1. Es Kolak Pisang
es kolak pisang
pinterest

Minuman pertama yang bisa Anda jadikan sebagai menu berbuka puasa adalah es kolak pisang. Jika biasanya kolak pisang disajikan tanpa ada tambahan es, maka ketika memasuki bulan puasa banyak sekali orang yang membuat kolak pisang dengan tambahan es. Mungkin alasannya agar lebih menyegarkan.

Minuman ini sudah sering menjadi makanan umum dan mudah ditemui, biasanya banyak dijual oleh warung-warung kecil di pinggir jalan. Meskipun begitu dari segi rasa sudah tidak bisa diragukan lagi, minuman ini termasuk takjil yang mudah dalam pembuatannya.

2. Es Dawet Atau Cendol
pinterest

Dari dulu sampai sekarang minuman es dawet atau cendol masih saja menghiasi dunia kuliner, bukannya semakin hilang tapi malah berkembang. Bahkan saat ini banyak minuman es dawet yang bervarian, sehingga membuat mayoritas orang semakin suka.

Es dawet merupakan salah satu minuman khas Indonesia, dengan rasa manis dan ada sedikit gurih karena menggunakan santan sebagai kuahnya, untuk bahan cendolnya sendiri biasanya terbuat dari tepung beras dan diwarnai dengan pewarna alami.

Baca Juga  Gulai Ikan Hiu Khas Aceh, Menu Yang Bikin Ketagihaan: Berikut Resepnya!
3. Es Lidah Buaya
pinterest

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya, tanaman yang biasanya dijadikan sebagai bahan kecantikan kini dapat diolah menjadi sebuh minuman yang menggugah selera. Jika dilhat dari teksturnya sendiri, maka sudah bisa dipastikan akan menarik banyak orang.

Selain rasa segar dan unik, es lidah buaya juga menyehatkan dan cara membuatnya pun sangat mudah dan simpel. Cara mudahnya yaitu pastikan untuk merebus lidah buaya yang telah dipotong-potong, kemudian sajikan dengan sirup dan juga es batu.

4. Es Blewah

Es Blewah, the Javanese Iced Cantaloupe Drink Es Blewah, the Javanese iced drink of julienne of cantaloupe with red cocopandan syrup. Increasingly popular during the month of Ramadan at breaking the fast. Four glasses filled with ice cubes, the cantaloupe julienne and the syrup that dripped down all the way to the bottom of the glass. Garnished with a decorative bamboo leaf. The glasses are arranged on a large ceramic plate with rough texture. A few more bamboo leaves are placed on the plate. The drinks are served outdoor on the terrace; with the plants in the garden as the background. Es Blewah stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto
Blewah merupakan salah satu jenis buah-buahan yang disukai oleh banyak orang, dari segi rasa blewah tidak terlalu manis tapi lebih kearah menyegarkan. Biasanya buah ini banyak ditemui di toko buah dipinggir-pinggir jalan.

Saat bulan puasa blewah menjadi satu-satunya buah yang sering digunakan untuk takjil atau minuman berbuka, tentu saja karena rasanya yang menyegarkan tadi. Biasanya es blewah dibuat dengan tambahan buah lainnya seperti semangkan, kelengkeng, dan melon.

5. Es Selendang Mayang
Es Selendang Mayang Es Selendang Mayang, literally means ice of young lady's scarf, is a traditional ice dessert drink from Betawi, Jakarta. It consists of layered rice flour jelly cubes with coconut milk, sugar syrup with some crushed ice added. It is served in old-fashioned glass; arranged on a wooden block with some ice cubes scattered. On the glass on the left, the sugar syrup is being poured in. Further back a decorated tin can holds the long-handle wooden spoons and regular teaspoons.  Es Selendang Mayang stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Minuman menyegarkan yang cocok dijadikan sajikan menu berbuka puasa selanjutnya adalah es selendang mayang. Minuman ini sangat populer dan terkenal, tapi jika Anda berada di luar daerah Jakarta maka akan kesulitan menemukan es ini, karena minuman ini adalah khas betawi.

Meskipun sulit ditemukan, saat ini sudah banyak yang mulai menjualnya diluar daerah Jakarta, dan untuk resep atau cara membuatnya yakni Anda cukup menyiapkan bahan, berupa tepung hungkwe yang dicampur dengan tepung sagu untuk dijadikan adonan, setelah itu tinggal diberi warna dengan pewarna alami.

6. Es Kacang Hijau
pinterest

Jika biasanya kacang hijau digunakan sebagai bahan utama membuat bubur ataupun kolak. Saat bulan puasa khususnya menjelang berbuka mayoritas orang menambahkan sedikit sentuhan, agar lebih segar dan cocok digunakan sebagai menu berbuka, yaitu dengan tambahan es batu.

Baca Juga  Baik untuk Kesehatan, Berikut Manfaat Telur yang Harus Diketahui

Secara umum es kacang hijau ini mudah ditemui di warung-warung, atau biasanya digunakan sebagai minuman takjil maupun pada acara tertentu. Cara membuatnya sangat mudah yaitu kacang hjau yang direbus selama 1 jam atau lebih, lalu diberi sirup atau air gula merah dan diberi sedikit es.

7. Es Biji Selasih
pinterest

Minuman berbuka selanjutnya yang tidak kalah menyegarkan dengan minuman yang lainnya adalah es biki selasih. Biji selasih sendiri merupakan sebuah bahan tambahan yang sering digunakan sebagai pelengkap minuman, salah satunya pada menu es buah atau sop buah.

Es biji selasih ini sampai sekarang masih menjadi pilihan utama untuk membuat es buah, untuk bahan utama selai buahbuahan Anda juga bisa menambahkan jeli ataupun cendol sebagai pelengkap es biji selasih.

8. Es Kopyor
Es Kelapa Kopyor, the Delicacy Dessert of Iced Coconut Curd with Pandan Syrup Es Kelapa Kopyor, the Javanese delicacy dessert drink of coconut curds with crushed ice and pandan syrup. This dessert drink is served outdoor at the poolside. Es Kopyor stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Es kopyor merupakan minuman favorit banyak orang, di luar bulan puasa minuman ini sudah menjadi menu favorit bagi mayoritas orang. Biasanya minuman ini banyak dijual di warung atau tempat-tempat dipinggir jalan, dari segi rasa minuman ini sangat segar dan juga menyehatkan.

Bahan utama dari pembuatan es kopyor ini adalah daging dari buah kelapa yang masih muda atau biasa disebut dengan degan. Sama dengan blewah cara membuat es kopyor ini sangat muah yakni daging kelapa yang masih mudah diserut terlebih dahulu, kemudian ditambah sirup dan sedikit air serta terakhir diberi tambahan es batu agar lebih menyegarkan.

9. Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo, the Iced Dessert of Plantain Banana Roll with Coconut Milk Custard from Makassar, South Sulawesi Es Pisang Ijo, the popular dessert of plantain banana roll with coconut milk custard and red sugar syrup from Makassar (Ujung Pandang), South Sulawesi. The banana is wrapped with pandan crêpe; then served in slices on the custard and drenched with red sugar syrup. The dessert is plated on a wooden bowl and placed on a ceramic plate. A wooden spoon is placed on the rim of the bowl. Several sprigs of bamboo leaves are used for table decoration. Es Pisang Ijo stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Minuman terakhir yang bisa dijadikan menu berbuka puasa adalah es kacang ijo. Mungkin banyak yang sudah tahu mengenai minuman yang satu ini, karena minuman ini sendiri merupakan salah satu minuman yang paling laris dibanding dengan minuman es lainnya.

Baca Juga  6 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang Aman dan Murah

Untuk bahannya sendiri biasanya terbuat dari pisang yang telah dibungkus dengan adonan dengan warna hijau, setelah itu direbus dan dipotong kemudian disajikan dengan es batu juga sirup. Tapi agar lebih menarik lagi Anda bisa mengganti es batu, dengan es krim dan juga tambahan mutiara sebagai bahan pelengkapnya.

Sebenarnya banyak sekali jenis atau menu yang bisa digunakan sajian saat berbuka, tetapi minuman merupakan salah satu jenis menu yang menjadi pilihan banyak orang.

Semoga artikel di atas yang mengulas tentang rekomendasi minuman segar, untuk buka puasa dapat menjadi referensi dan juga rujukan bagi Anda yang ingin berbuak dengan yang segar-segar, semoga bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait