by

Suka Makan Junkfood? Ini Dampak Buruk Mengonsumsi Junkfood yang Harus Diwaspadai

Siapa yang tak suka dengan junkfood? Makanan cepat saji yang saat ini menjadi makanan yang amat digandrungi oleh masyarakat, dari berbagai kalangan. Junkfood disukai karena penyajiannya yang cenderung cepat dan praktis, serta karena rasa makanannya yang cenderung enak dan cocok dengan selera lidah kita. Tetapi perlu diingat, segala sesuatu yang instan tidak selamanya baik.

Begitu pula dengan makanan, khususnya junkfood. Terlalu banyak mengonsumsi junkfood ternyata punya berbagai dampak buruk. Dampak buruk mengonsumsi makanan cepat saji atau junkfood ini akan diulas dalam artikel ini. Yuk simak penjelasannya!

1. Meningkatkan Tekanan Darah

wanita senior mengukur tekanan di rumah - tekanan darah tinggi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dampak buruk mengonsumsi junkfood yang pertama adalah dapat meningkatkan tekanan darah. Ya, makanan cepat saji ini dapat memicu penyakit hipertensi atau tekanan darah. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan junkfood biasanya mengandung garam dalam jumlah yang tinggi, itu sebabnya kebanyakan dari makanan ini memiliki cita rasa yang asin.

Rasa asin dan kadar garam yang tinggi dalam junkfood ini dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Garam dapat meningkatkan hormone ouabain, menahan air, serta mempersempit pembuluh darah. Hal-hal tersebutlah yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah. Jika tekanan darah tinggi tidak terkontrol, bisa berakhir pada penyakit stroke nih sobat.

2. Menyebabkan Penyakit Jantung dan Penyakit Stroke

kecelakaan serebrovaskular - jantung stroke ilustrasi stok

Dampak buruk mengonsumsi junkfood yang kedua adalah dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit stroke. Seperti yang telah dibahas dalam penjelasan di atas, junkfood tinggi akan kandungan garam sehingga dapat memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Salah satu penyebab utama penyakit jantung dan penyakit stroke, adalah karena terjadinya penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh tersebut salah satunya disebabkan karena tekanan darah yang tinggi atau hipertensi. Jika tidak dikontrol, tekanan darah tinggi tersebut dapat memicu terjadinya penyakit jantung serta penyakit stroke.

Baca Juga  Referensi Kado Pernikahan: Cocok untuk Diberikan Pada Pengantin Baru

Selain itu, kandungan lemak jenuh dalam junkfood dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol. Tingginya kadar kolesterol tersebut menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, yang bisa menjadi salah satu penyebab utama penyakit stroke dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Kanker

gambar dekat dari banyak sel kanker ungu - kanker potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dampak buruk mengonsumsi junkfood yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker, terutama kanker usus. Hal ini dikarenakan junkfood merupakan makanan yang rendah serat.

Terlampau banyak mengonsumsi makanan instan dapat membuat pencernaan terhambat serta kotoran menjadi lambat. Hal ini lama kelamaan menyebabkan asam empedu rusak, sehingga jaringan tumbuh tak terkontrol sebagai penyebab terjadinya kanker usus besar.

Selain itu, bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan junkfood, juga turut memicu tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

4. Menyebabkan Penyakit Diabetes

kontrol diabetes dan konsep perawatan kesehatan - diabetes ilustrasi stok

Tanpa kamu sadari, terlalu banyak mengonsumsi junkfood juga dapat menyebabkan penyakit diabetes, sobat. Hal ini dikarenakan junkfood, memiliki kandungan kalori yang amat tinggi tetapi rendak serat dan rendah vitamin. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat tajam.

Selain itu, junkfood juga kaya akan kandungan lemak trans yang dapat menumpuk di dalam perut. Penumpukan lemak trans ini membuat insulin tidak bisa bekerja secara optimal dalam mengelola gula dalam darah. Jika gula dalam darah tidak diolah dengan baik, tentu saja risiko terkena penyakit diabetes menjadi lebih tinggi.

5. Mengganggu Fungsi Ginjal

tampilan closeup belakang pada wanita menyentuh sakit punggung merasakan sakit - sakit ginjal potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hal buruk yang terjadi selanjutya adalah dapat mengganggu kerja ginjal bagi tubuh. Hal ini dikarenakan junkfood memiliki kandungan natrium yang tinggi. Ketika tubuh terlalu banyak menerima natrium, ginjal akan menerima imbasnya.

Kandungan natrium berlebih dalam tubuh, dapat menyebabkan ginjal mengalami penurunan fungsi dan tidak bisa menyaring racun dalam darah secara optimal.

Baca Juga  Kamu Ingin ke Korea Selatan? Berikut ini Rekomendasi Tempat Wisata di Korea Selatan
6. Merusak Hati atau Penurunan Fungsi Hati

wanita asia merasakan sakit di dadanya memegang tangannya dan meremasnya. dia mengalami serangan jantung yang membutuhkan perawatan. - hati potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat merusak hati dan menurunkan fungsi hati. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika kita mengonsumsi junkfood, kita tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup karena junkfood memiliki kandungan gizi yang rendah.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi dan rendah gizi tersebut, dapat menyebabkan hati tidak bekerja dengan optimal, sehingga fungsi hati bisa saja terganggu dan hati tidak bisa bekerja secara optimal.

7. Menyebabkan Terjadinya Obesitas

gadis gemuk asia lapar dan makan junk food di atas meja - junkfood potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Selanjutnya yang paling akrab didengar telinga adalah dapat menyebabkan obesitas. Pernyataan ini bukanlah pernyataan tanpa dasar, sobat. Junkfood memang dikenal mengandung lemak trans atau lemak jenuh dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, junkfood juga mengandung kalori yang tinggi yang umumnya melebihi kebutuhan kalori harian tubuh.

Kandungan kalori yang tinggi dan lemak jenuh yang sudah menumpuk dalam tubuh, dapat menyebabkan terjadinya penumpukan cadangan lemak di tubuh. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan berat badan naik tak terkendali. Kenaikan berat badan yang tak terkendali ini lama-kelamaan dapat menyebabkan terjadinya obesitas.

8. Menyebabkan Tumbuhnya Jerawat

cermin tangan wanita muda mengkhawatirkan jerawatnya di wajah dalam desain datar. masalah jerawat pada kulit wanita. - jerawat ilustrasi stok

Jerawat merupakan musuh bagi sebagian besar dari kita khususnya kaum wanita. Salah satu penyebab tumbuhnya jerawat adalah karena terlalu banyak mengonsumsi junkfood. Hal ini dikarenakan junkfood memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Kedua hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Itulah beberapa dampak buruk mengonsumsi junkfood yang harus kamu perhatikan dan waspadai. Seperti yang kita tahu, junkfood ini kaya akan kandungan lemak jenuh yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Lemak jenuh tersebut lama-lama akan semakin menumpuk di dalam tubuh dan dapat memicu munculnya berbagai masalah kesehatan. Selain itu, junkfood juga rendah gizi sehingga tidak memberi manfaat untuk tubuh.

Baca Juga  Ini Dia 5 Kesalahan Penulis ketika Menulis yang Harus Dihindari

Untuk itu, ada baiknya kita membatasi jumlah makanan cepat saji yang kita konsumsi. Sobat, boleh-boleh saja mengonsumsinya, asalkan dalam jumlah yang wajar. Karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Yuk mulai kontrol makanan cepat saji atau junkfood yang kamu konsumsi, supaya terhindar dari dampak-dampak buruknya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya