by

Sudah Tahu Jenis dan Khasiat Rempah-rempah untuk Tubuh?

Rempah-rempah merupakan salah satu harta karun yang dimiliki oleh Indonesia dan termasuk hal yang dicari oleh para penjajah zaman dahulu. Hal ini bukan tanpa alasan karena khasiat rempah-rempah untuk tubuh dapat dibilang banyak, sehingga tidak heran apabila rempah-rempah banyak diincar. Namun, sebenarnya apa sih rempah-rempah itu?

Rempah-rempah adalah tumbuhan yang memiliki aroma kuat dan sering dipakai untuk membuat olahan makanan, agar lebih terasa harum dan nikmat meskipun digunakan dalam jumlah kecil. Meskipun dalam penggunaannya dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, ada pula rempah-rempah yang digunakan untuk mengawetkan makanan bahkan dijadikan obat herbal.

Jenis rempah-rempah
1. Rempah-rempah herbal

Rempah-rempah satu ini biasanya dijadikan untuk pengobatan alami, sehingga tidak heran apabila orang-orang zaman dahulu menggunakan tanaman atau rempah-rempah sebagai obat, untuk mengobati berbagai penyakit yang mereka percaya bahwa dengan mengonsumsi atau menggunakan herbal untuk sembuh.

Biasanya dalam pengolahannya pun memiliki caranya tersendiri sebelum dikonsumsi. Lantas apa saja rempah-rempah yang bisa dijadikan obat? Ada kunyit, kencur, kayu manis, jintan hitam, kapulaga, jahe, Temulawak, lengkuas, bunga lawang dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, rempah-rempah ini sering pula digunakan untuk olahan masakan.

2. Rempah-rempahan untuk olahan masakan

Nah, rempah jenis ini merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan untuk membuat masakan lebih terasa lezat dan mengeluarkan aroma yang lebih enak. Rempah-rempah pun dapat digunakan untuk mengawetkan makanan dan membuatnya tetap memiliki aroma yang sedap. Cara pengolahannya adalah mencampurkan rempah-rempah dengan makanan yang sedang dimasak.

Rempah-rempahan yang dapat dijadikan bumbu tambahan untuk olahan makanan diantaranya adalah  daun salam, sereh, kunyit, jahe, kayu manis, ketumbar, pala, bunga lawang, kencur, kemiri, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Acrophobia: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Khasiat rempah-rempah untuk Tubuh
1. Untuk sistem kekebalan tubuh

Ada pula rempah-rempah yang memang dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini tentu karena rempah-rempah tersebut memiliki kandungan yang mampu membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Rempah-rempah tersebut di antaranya ada:

1. Jahe

Rempah satu ini memang sudah terkenal dengan kebermanfaatannya dan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini dikarenakan jahe kaya akan kandungan  fenolik dan terpenoid.

Dimana kedua senyawa tersebut termasuk kedalam antioksidan alami yang memiliki fungsi untuk melindungi sel-sel tubuh, serta melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu bermanfaat untuk menjaga imunitas.

Jika kamu merasakan rasa pedas dan hangat ketika air jahe yang kamu konsumsi, itu dikarenakan dari kandungan senyawa tersebut. Sehingga, apabila kamu meminum air jahe atau olahan jahe, tetapi kamu tidak merasakan pedas dan hangat, berarti khasiat dari jahe tidak akan optimal.

Khasiat dari jahe pun ternyata sudah diteliti dan salah satu bukti ilmiahnya, adalah jahe sudah melalui uji yang bernama in vivo pada mencit, kemudian ditekan menggunakan siklofosfamid pada bagian imunnya.

Nah, hasil dari uji coba ini adalah pemberian minyak dari atsiri jahe dalam sehari sekali secara oral dalam seminggu, dapat membantu meningkatkan respon dari imun humoral.

Dimana imun ini melibatkan interaksi (sel B dengan antigen), yang nantinya menyebabkan terjadinya proliferasi serta diferensiasi menjadi sel plasma, inilah yang akan mensekresi antibodi.

1. Sereh

Rempah satu ini pun merupakan salah satu pewangi makanan dan tidak jarang dijadikan bumbu pendukung, untuk membuat sambal kacang, dan lain sebagainya. Atau kamu pernah membeli produk pengharum ruangan yang beraromakan sereh?

Baca Juga  Punya Masalah dengan Berat Badan? Ini 7 Makanan untuk Sarapan dengan Masalah Berat Badan

Tentu saja hal itu karena rempah satu ini memiliki aroma yang sangat enak. Selain itu, sereh pun dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena rempah  ini memiliki kandungan antioksidan dan anti mikroba

Dimana kandungan tersebut yang berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit sehingga tubuhmu terlindungi. Dengan begitu, sereh tidak hanya berfungsi untuk membuat ruangan ataupun olahan makanan harum, tetapi bermanfaat untuk melindungi tubuh agar tetap sehat.

2. Dapat memelihara kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, bagaimana tidak? Jantung berfungsi untuk memompa darah yang penuh oksigen  ke seluruh tubuh, lalu menampungnya kembali apabila sudah dibersihkan oleh organ paru-paru. Tidak terbayang, bukan apabila darah kita tidak dialirkan?

Maka dengan begitu, menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu hal terpenting. Banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengkonsumsi rempah-rempah. Ini tentu karena kandungan yang terdapat pada rempah-rempahan tersebut.

Rempah-rempah yang dapat membantu memelihara jantung yaitu bawang putih. Hal ini dikarenakan rempah satu ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol maupun tekanan darah, sehingga mengurangi resiko terjadinya aterosklerosis. Jika tidak menyukai bawang putih, kamu bisa mengkonsumsi kunyit, kapulaga, lada hitam, ginseng dan lain sebagainya.

3. Meredakan rasa sakit

Rempah-rempah pun memiliki manfaat atau khasiat  untuk meredakan sakit. Salah satunya cengkeh, rempah satu ini dipercaya dapat meredakan sakit gigi. Hal ini karena cengkeh memiliki kandungan eugenol, antioksidan, anti kuman dan anti jamur.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa senyawa euginol merupakan senyawa yang efektif untuk meredakan nyeri. Selain itu, cengkeh pun dapat membantu membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut.

Selain itu, cengkeh pun dapat menghilangkan bau mulut. Rempah-rempah lainnya yang dapat meredakan rasa sakit diantaranya ada jahe, kunyit dan peppermint. Dengan begini, kamu bisa memilih salah satu yang bisa kamu sukai untuk membantu meredakan nyeri secara alami.

Baca Juga  Yuk Intip Masjid Terindah di Dunia yang Sangat Megah dan Mempesona

Khasiat rempah-rempahan untuk tubuh ternyata tidak dapat dianggap sepele, selain bermanfaat dalam pengolahan makanan rempah-rempah pun bermanfaat untuk kesehatan. Maka bukan tanpa alasan, apabila orang zaman dahulu sering mengkonsumsi rempah-rempah dengan atau tanpa diolah sekalipun.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait