by

Semua Hal Mengenai Kuskus Sayur Ayam, Hidangan Ala Afrika yang Cocok untuk Santapan Bersama Keluarga

Sobat LintasHaba, kamu pernah dengar tentang masakan Couscous Sayur Ayam atau lebih dikenal sebagai Kuskus Sayur Ayam nggak nih? Sekedar info Sob, bahwa Kuskus Sayur Ayam ini bukanlah masakan khas Nusantara loh! Jadi, simak bahasan terkait Kuskus Sayur Ayam di bawah ini ya!

Perlu kamu ketahui bahwa meski bukan masakan khas Nusantara, Kuskus Sayur Ayam ini sangat mudah untuk dijadikan makanan favorit banyak orang loh. Nah, secara umum Kuskus Sayur Ayam ini memiliki rasa yang ringan seperti nasi Sob! Akan tetapi, hal ini dapat dengan mudah menyerap rasa dari bumbu, sayuran serta daging yang digunakan untuk memasaknya.

Singkatnya, Kuskus Sayur Ayam ini merupakan masakan yang sederhana, murah, bergizi dan beraroma sedap. Tak hanya ini saja, masakan Kuskus Sayur Ayam ini dapat  dengan mudah digandakan untuk orang banyak loh.

Dan bahkan kamu dapat menggunakannya sebagai persiapan makan selama seminggu, tentunya apabila disimpan dengan cara yang baik serta benar ya! 

So, Inilah Semua Hal tentang Kuskus Sayur Ayam Yang Wajib Kamu ketahui. Hingga resep Kuskus Sayur Ayam yang dapat kamu pelajari. Check it out!

> Sejarah

Kini saatnya kita pergi ke Afrika Utara, untuk mendapatkan inspirasi di balik hidangan sederhana yang luar biasa ini yang menggunakan pasta terkecil di dunia, yaitu couscous. Perpaduan antara bawang putih, bawang bombay, paprika hingga rempah-rempah akan memberimu sentuhan gurih dan pedas pada makanan ini, bikin ketagihan deh! 

Menurut tradisi Afrika Utara, couscous adalah simbol keberuntungan, kelimpahan dan berkah. Oleh karena itu, sebagai akibatnya couscous sering disiapkan untuk merayakan liburan atau saat pindah rumah.

Nah, terdapat salah satu alasan hebat mengapa orang-orang sangat menyukai couscous ini, sebab couscous ini sangat serbaguna, mudah digunakan dan mudah untuk disesuaikan dengan cara apa pun yang kamu inginkan. Cara membuat couscous ini pun hanya membutuhkan sedikit waktu untuk menyelaraskan rasanya. 

Selain itu, membuat masakan couscous adalah cara yang baik untuk memanfaatkan sayuran apa pun yang kebetulan tertinggal di laci atau lemari es kamu. Jadi, couscous adalah masakan yang penuh rasa dan sangat cepat dibuat, sehingga makanan ini akan menjadi pemenang untuk dinikmati bersama seluruh keluarga.

> Variasi

Sob, ketahui bahwa Kuskus Sayur Ayam ini memiliki berbagai variasi rasa loh! Dan uniknya berbagai variasi ini dapat kamu pilih dengan apa yang kamu sukai. Jadi simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Bagi kamu yang menginginkan rasa sedikit pedas, maka kamu dapat menambahkan beberapa irisan almond. Sehingga, rasa Kuskus Sayur Ayam ini akan menjadi lebih gurih loh!
  2. Kemudian, bagi kamu yang tergolong dalam vegetarian, kamu bisa saja untuk tidak menggunakan ayam loh! Oya, jangan ragu untuk menambahkan berbagai jenis sayuran ya!
  3. Terakhir, bagi kamu yang ingin mencoba cita rasa manis dalam masakan couscus, maka kamu juga bisa menambahkan beberapa kismis gelap sesuai selera kamu.
> Catatan

Nah, setelah dari berbagai variasi yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan tambahan saat memasak hidangan Kuskus Sayur Ayam ini. Kini, saatnya kamu harus memperhatikan tentang apa saja yang wajib kamu catat dan ingat saat memasak masakan ini ya Sob! Check it out!

  1. Resep ini membutuhkan ayam tanpa tulang loh, dan kamu dapat menggunakan daging dari bagian paha ayam atau pun dada ayam. 
  2. Untuk pilihan dalam membuat kaldu, sebaiknya kamu menggunakan kaldu ayam sebagai pengganti air, hal ini dapat membantu untuk lebih mengintensifkan rasa loh.
  3. Kuskus Sayur Ayam adalah hidangan yang sangat cocok untuk disantap bersama keluarga, sehingga jika terdapat anak-anak yang tidak menyukai pedas, maka kamu bisa menambahkan peterseli untuk mengurangi rasa pedas. 
  4. Saat memasak Kuskus Sayur Ayam, pastikan cairan yangada telah mendidih sebelum kamu menambahkan bubuk kuskus ya!
  5. Nah, sebagai aturan praktis gunakan rasio cairan terhadap bubuk kuskus adalah 1:1, hati-hati ya karena dengan edikit tambahan saja dapat menghasilkan kuskus yang lembek.
> Yuk Simak Resep Kuskus Sayur Ayam di Bawah Ini!

Asal Masakan: Afrika

Waktu Persiapan: 15 menit

Waktu Memasak: 15 menit

Jumlah Porsi: 5 orang

Jumlah Kalori: 517 kkal

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Kuskus Sayur Ayam:
  • 100 gram bubuk Kuskus
  • 50 gram bubuk kari
  • 500 gram daging ayam tanpa tulang, potong-potong menjadi bagian kecil
  • 4 sdm minyak goreng, pisahakan menjadi dua mangkuk
  • 3 buah bawang putih
  • 4 batang daun bawang
  • 1 buah paprika merah
  • 1.5 buah bawang bombay
  • 1 sdt bubuk paprika
  • 800 ml kaldu ayam
  • Peterseli secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada hidam secukupnya
Petunjuk Pembuatan Kuskus Sayur Ayam:

Pertama, panaskan 2 sdm minyak dalam wajan dengan api sedang lalu tambahkan daging ayam tanpa tulang. Campurkan bumbu-bumbu mulai dari garam, lada hitam, bubuk kari, bubuk paprika dan masak hingga matang. Kurang lebih selama 7 menit, angkat wajan dari api dan sisihkan.

Kedua, panaskan 2 sdm minyak yang tersisa dan masukkan bawang bombay, bawang putih, serta potongan dadu paprika merah. Kemudian, tumis semua bahan tersebut selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

Ketiga, tuangkan sebanyak setengah bagian dari potongan daun bawang dan masukkan kaldu ayam yang sudah disiapkan. Masak hingga cairan ini mendidih dengan merata ya!

Keempat, tambahkan bubuk kuskus lalu aduk secara perlahan tetapi beraturan, tutup segera dengan tutup wajan dan matikan api. 

Kelima, tambahkan kembali potongan daun bawang dan peterseli secukupnya. Setelah itu, biarkan dinging selama kurang lebih 5 hingga 6 menit ya!

Itulah tadi semua hal mengenai masakan Kuskus Sayur Ayam yang telah kami rekap dari berbagai sumber. Tunggu artikel selanjutnya, mengenai berbagai jenis masakan dari mancanegara atau Nusantara ya!

Baca Juga  Tahukah Kamu Cara Memasak Ikan Baung? Begini Resep Olahan Ikan Baung yang Mantap

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait