by

Selain Suasana Sejuk, Ini 7 Manfaat Liburan ke Desa

Jika kamu bosan liburan ke tempat-tempat wisata yang ada di ibu kota, mungkin liburan ke desa dapat dijadikan alternatif. Pasalnya, wisata di desa pun tidak kalah menarik dengan yang ada di kota-kota. Selain itu, kamu pun dapat melihat suasana yang asri dan kegiatan orang desa dari pagi hari hingga malam hari.

Jika kamu ingin liburan ke sana, pastikan kamu sudah mengetahui akan menginap dimana, destinasi mana yang akan dikunjungi dan lain sebagainya. Sehingga kamu akan lebih aman dan nyaman ketika liburan ke daerah desa ini. Selain itu, ingatlah untuk membuang sampah pada tempatnya. Sehingga keindahan wisata desa tidak tercemar oleh sampah.

Manfaat Liburan ke Desa

Liuntuk berkunjung ke daerah tersebut. Inilah beberapa manfaat berlibur ke desa yang sangat sayang jika dilewatkan!

1. Membuat Tubuh Sehat

Biasanya rata-rata di desa mengharuskan kamu untuk jalan, terutama jika wisata alam. Kamu akan dituntut untuk berjalan kaki, hingga beberapa menit bahkan sampai berjam-jam.  Namun, kamu tidak perlu khawatir. Karena selama perjalanan tersebut akan disajikan pemandangan yang sangat keren dan menakjubkan.

Sehingga kamu tidak akan bosan. Selain itu, biasanya jika track jalan sampai berjam-jam ada penjual makanan. Dengan begitu, jika kamu merasa kelelahan, kamu dapat beristirahat sambil makan terlebih dahulu. Selain itu, udara di pedesaan pun sangat sejuk, ini tentu akan menyehatkan, bukan?

2. Memberikan Inspirasi

Desa identik dengan suasana yang sunyi dan adem. Hal inilah yang membuat beberapa inspirasi mulai berdatangan. Meskipun sebenarnya, ada beberapa faktor lain juga yang mempengaruhi. Misalnya, kamu lebih rileks. Biasanya, inspirasi akan mudah datang.

Tentu dengan inspirasi tersebut dapat meningkatkan produktivitas. Baik bekerja maupun belajar. Hal ini akan semakin menguntungkan untuk kamu pribadi. Terutama bagi kamu yang bekerja di bidang atau industri kreatif. Hal ini pasti akan sangat penting karena akan membantumu membuat maupun menghasilkan suatu karya yang fresh dan bagus.

Baca Juga  Ini Dia Tips Belanja Baju Lebaran yang Bikin Hemat
3. Membuat Ikatan Hubungan Semakin Erat

Ketika kamu berlibur ke desa, kamu pasti akan melihat hubungan kekeluargaan di desa lebih terasa erat. Baik Antar tetangga, teman, maupun keluarga. Terutama jika yang kamu kunjungi adalah daerah desa yang terpencil. Pasti keakraban dari hubungan mereka akan sangat kamu rasakan.

Jadi, jika kamu berlibur bersama keluarga maupun teman, itu merupakan keputusan yang bagus. Untuk mempererat tali hubungan di antara kamu dan mereka. Karena akan terfokus dengan aktivitas yang dilakukan di sana, tanpa menghabiskan waktu dengan handphone dan internet.

4. Memberikan Kedamaian

Liburan ke desa pun memiliki manfaat untuk memberikan kedamaian pada hati. Hal ini dikarenakan desa memiliki suhu yang tidak panas layaknya di daerah ibu kota, tidak bising dan banyak pohon-pohon. Hal ini tentu berbeda dengan daerah yang ada di perkotaan.

Dimana terkadang suhu panasnya, membuat emosi meledak-ledak. Akan lebih adem lagi, jika kamu berkunjung atau berliburnya ke daerah desa pegunungan. Di sana pasti akan terasa dingin bahkan air pun ikut dingin. Berbeda halnya, jika kamu berlibur ke daerah pantai.

5. Menumbuhkan Rasa Cinta Kepada Lingkungan

Liburan ke desa pun dapat memberikan manfaat lain yaitu menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan. Hal ini tentunya dikarenakan lingkungan desa yang sangat asri. Dimana kamu akan merasa nyaman apabila lingkungan tempat tinggal, kerja, maupun lingkungan se-asri di desa tersebut.

Bahkan ada beberapa desa yang sangat menjaga kebersihan. Sehingga, menemukan sampah di desa tersebut adalah sebuah kemustahilan. Salah satu desa terbersih di dunia adalah Desa Penglipuran, Bali. Desa ini pun masuk ke dalam ke-tiga jajaran Desa terbersih di Dunia. Lingkungan yang bersih pun, tidak akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Baca Juga  Beragam Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!
6. Lebih Bersyukur

Berlibur ke desa pun akan membuat kamu bersyukur. Sebenarnya factor yang membuat itu terjadi berbeda pada setiap orang. Ada yang disebabkan oleh keindahan alam, kebaikan orang-orang desa dan lain sebagainya. Namun, yang pasti ketika kamu berlibur ke daerah Desa akan memberikan warna baru bagi kehidupan yang sedang kamu jalani.

Kamu pun akan melihat ketenangan yang dimiliki warga setempat, meskipun tanpa pengakuan Instagram, ditemani oleh internet, dan lain sebagainya. Kamu akan menemukan makna hidup. Tentu hal inilah yang menjadikan dasar alasan berlibur ke Desa membuat kamu lebih bersyukur dari sebelumnya.

7. Menambah Wawasan

Dengan berlibur ke desa, kamu akan belajar berbagai hal, seperti budaya, asal usul wisata dan lain sebagainya. Selain itu, secara tidak langsung kamu pun akan belajar mengenai pola pikir dari warga desa. Bahkan makna atau pun nilai-nilai kehidupan yang mereka  pegang. Namun, dengan catatan kamu harus beradaptasi dan berbincang dengan mereka.

Dari obrolan-obrolan tersebutlah, kamu akan memahami kehidupan seperti apa yang dijalankan oleh mereka. Dengan begitu, kamu akan menambah wawasan dan memiliki pandangan yang berbeda. Sehingga, nantinya ini akan berdampak pada pola pikirmu dalam melihat suatu permasalahan.

Beberapa manfaat liburan ke desa di atas dapat kamu rasakan, jika kamu sukarela dan memiliki niatan yang baik. Seperti yang diketahui, bahwa segala sesuatu itu tergantung dengan niat. Oh iya, jika kamu ingin lebih murah lagi, sebaiknya cari homestay atau menginap di rumah warga. Meskipun kemungkinan lokasinya agak jauh dengan lokasi wisata.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya