by

Review Destinasi Taman Tektona Madura

Di Madura ada satu destinasi wisata yang sangat elegan. Namanya Taman Tektona Madura yang berada di kabupaten paling ujung Pulau Madura yaitu Kabupaten Sumenep. Destinasi ini tidak pernah sepi pengunjung bahkan di malam hari juga masih banyak orang yang mendatanginya.

Taman Tektona Madura
Taman Tektona Madura // transmadura.com

Taman Tektona Madura merupakan tempat wisata buatan yang didesain seperti destinasi wisata alam. Sedangkan lokasinya sendiri tepat di area hijau dan sedikit agak keluar kota. Maka dari itu, jika ingin melepas penat, maka silakan datangi destinasi ini dan dijamin pasti memuaskan.

Nah, di artikel wisata berikut ini akan diinformasikan terkait dengan destinasi Taman Tektona. Semoga apa yang akan diulas, bisa menjadi motivasi para traveller untuk segera mengunjunginya ketika PPKM telah berakhir. Jadi, silakan disimak ini review destinasi selengkapnya:

Daya Tarik Destinasi Taman Tektona Madura

Taman Tektona merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Sumenep Madura. Tepatnya, diresmikan pada tahun 2018 dan hingga saat ini destinasi masih tegak berdiri dengan jumlah pengunjung per-tahun terus bertambah. Hal ini disebabkan oleh pesona destinasi yang memang luar biasa.

Daya tarik Taman Tektona terletak pada desain taman yang elegan. Di sana terdapat ratusan jenis bunga dan puluhan jenis pohon dengan ukuran tinggi menjulang. Selain itu, di area taman yang penuh dengan tanaman tersebut, ada empat kolam renang yang cukup luas. Sedangkan di bagian belakang terdapat area outbound dan taman bibit buah.

Jika datang ke Taman Tektona, sepertinya diri sedang pelesir ke Taman Selecta Malang. Sebab, desain taman sangat mirip dan yang membedakan hanya desain bukitnya saja yang tidak terlalu natural. Walaupun demikian ini cukup tertutupi dengan pematang bertingkat yang dikelilingi kolam ikan, tepat di depan gazebo utama.

Baca Juga  Bosan dengan Masakan Itu-itu Saja?Yuk Simak 10 Ide Olahan Daging Selain Rendang
Kegiatan Wisata di Taman Tektona

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dinikmati di Taman Tektona Madura. Di antaranya adalah kegiatan outbound dengan instruktur yang profesional. Traveller juga bisa mengajak anak kecil untuk bermain di Play Ground dengan alat permainan lengkap dan menyenangkan.

Kegiatan utama di Taman Tektona adalah berenang di kolam renang yang jernih. Ada empat kolam yang bisa dicoba sesuai kategori usia pengunjung. Kolam ini juga sangat indah, karena berada di tempat yang teduh dan di sekitar kolam renang terdapat aneka bunga yang indah.

Bagi yang suka karaoke, maka silakan datang ke Taman Tektona. Di sini, terdapat satu panggung khusus karaoke yang berhadapan langsung dengan kantin. Sedangkan panggung terbuka tersebut dikelilingi oleh tempat duduk warna-warni berbagai ukuran yang bisa dijadikan tempat bersantai.

Fasilitas Wisata di Taman Tektona

Destinasi Taman Tektona dikelola oleh pihak swasta. Sekalipun demikian, fasilitas di sana sangat lengkap dan benar-benar memanja traveller yang sedang melakukan kunjungan. Salah satu fasilitas yang menarik adalah banyak gazebo yang tersebar di setiap area destinasi.

Fasilitas berikutnya adalah outbound dengan sarana permainan yang lengkap. Ada fillyng fox, jembatan gantung, Jebakan Laba-Laba dan yang lainnya. Fasilitas berikutnya adalah kantin namun tidak seperti kantin biasa melainkan kantin yang berbentuk stand-stand kecil, dan berada di area khusus tepatnya di sisi utara taman. Kantin-kantin ini tidak hanya menjual makanan khas Sumenep, tetapi juga makanan kekinian seperti salad buah dan hamburger.

Di Taman Tektona juga ada fasilitas standar wisata seperti musholla, panggung, toilet, hingga kamar bilas. Lokasinya berada di area kolam renang sedangkan musholla berada di bagian depan taman berdampingan dengan gazebo utama. Ini merupakan wilayah yang paling sejuk karena seakan berada di tengah-tengah hutan buatan.

Baca Juga  Yuk Simak Fakta Tentang Si Wedang Ronde, ‘Boba Tradisonal’ yang Cocok Diminum Saat Hujan Turun
Jam Buka Taman Tektona

Jam buka Taman Tektona adalah dari jam 08.00 pagi dan tutup jam 22.00 malam. Sedangkan kalau akhir pekan biasanya buka dari jam 07.00 pagi sampai jam 23.00 malam. Waktu yang paling disukai pengunjung ialah pagi hari dan sore hari. Sedangkan di akhir pekan biasanya malam hari juga ramai dengan pengunjung.

Kalau ingin mendapatkan sensasi berwisata yang lebih menarik, silakan kunjungi Taman Tektona beramai-ramai. Ajak seluruh anggota keluarga maupun pasangan untuk melepas penat di destinasi ini. Pengunjung juga diperbolehkan untuk membawa bekal dari rumah dan memakannya di gazebo yang telah disediakan.

Harga Tiket Masuk Taman Tektona

Harta tiket masuk di Taman Tektona Madura sangat murah. Kalau waktu normal, harga tiket hanya Rp10.000 per-orang. Sedangkan kalau saat akhir pekan maupun saat liburan, harga tiket naik menjadi Rp15.000 per-orang. Ini sudah termasuk tiket untuk berenang di kolam renang. Sedangkan kalau ingin main outbound, pengunjung harus membayar lagi Rp10.000 per fasilitas.

Tiket parkir kendaraan di taman ini juga sangat terjangkau. Untuk parkir sepeda motor, silakan bayar Rp5.000 saja. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 atau mobil biaya parkir hanya Rp10.000 saja. Anda cukup memasukkan kendaraan di sisi depan taman yang luas dan dijaga oleh beberapa panitia yang terus siaga.

Alamat dan Rute Menuju Taman Tektona

Taman Tektona berada di Desa Torbang Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep Madura. Sebuah tempat yang strategis karena lokasi berada tepat di pinggir jalan utama menuju Kecamatan Lenteng. Dijamin, pengunjung tidak akan tersesat karena jalan menuju destinasi tidak terlalu berkelok dan minim persimpangan.

Jarak dari Alun-Alun Kota Sumenep juga sangat dekat. Kurang lebih berkisar 7 km saja yang bisa ditempuh dengan kendaraan selama 15 menit. Bahkan bisa lebih cepat lagi jika pengunjung mengendarai kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam ke atas.

Baca Juga  Italia Hingga Meksiko, Ini Nih Berbagai Kumpulan Resep Masakan Dari Bayam!

Kalau berangkat dari depan Masjid Agung Sumenep atau Alun-Alun Taman Bunga, silakan menuju arah utara sampai simpang 4 setopan. Setelah itu, ambil jalur kiri dan lurus saja hingga Jembatan Kebonagung. Kalau sudah tiba di sini, maka lurus kembali ke arah barat dan akan langsung sampai di depan destinasi yang berada di kiri jalan setelah Sekolah Dasar Torbang 1.

Itulah review singkat tentang Taman Tektona Madura yang sekarang telah menjadi destinasi primadona di Sumenep. Sekalipun destinasi masih baru berdiri, tetapi antusiasme masyarakat untuk mengunjungi masih sangat besar. Apalagi di kabupaten paling timur Madura ini minim sekali tempat wisata berbasis perbukitan dan taman.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait