by

Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya Selain Mall yang Wajib Kamu Kunjungi

Surabaya adalah salah satu kota yang masuk dalam kota besar di Indonesia. Kota yang menjadi ibu kota provinsi Jawa Timur ini memiliki luas wilayah seluas 326,8 kilometer persegi. Kota yang mendapat sebutan Kota Pahlawan ini menawarkan keindahan di setiap sudutnya.

Tak heran jika banyak sekali wisatawan dari luar kota khususnya kota sekitar Surabaya, yang menjadikan Surabaya sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat hari libur tiba. Julukan sebagai kota besar yang disematkan pada kota Pahlawan ini, tak lantas menciptakan identik dengan bangunan-bangunan megahnya yang sarat dengan kehidupan perkotaan saja. Banyak wisata selain mall yang menyebar di setiap sudut kota Surabaya.

Yuk simak rekomendasi tempat wisata di Surabaya selain mall yang wajib kamu kunjungi!

1. Kebun Binatang Surabaya
5 Hal yang Jarang Diketahui soal Kebun Binatang Surabaya - Surabaya  Liputan6.com
liputan6

ke Surabaya tak lengkap jika tidak mengunjungi kebun binatang dengan koleksi binatangnya yang super lengkap ini. Kebun binatang yang pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara ini terletak di Jalan Darmo kecamatan Wonokromo, Surabaya.

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terlebih lagi bersama anak-anak. Tidak hanya sebagai tempat berlibur yang menghibur, kebun binatang juga bisa menjadi media edukasi bagi anak-anak dan sarana pelestarian atau pelestarian binatang. Anak dapat memperkenalkan berbagai macam satwa yang berada di dalamnya sehingga pengetahuan dan pengenalan alam sekitar akan meningkat.

Untuk berwisata di tempat wisata ini, kamu cukup menyiapkan uang senilai Rp. 15.000,- per orangnya. Dengan uang sejumlah itu, kamu sudah bisa berkeliling area kebun binatang sepuasnya. Hanya saja, ada biaya tambahan lagi sebesar Rp. 15.000,- jika Anda ingin berinteraksi dengan satwa kebun binatang misalnya memberi makan jerapah, Komodo, gajah dan lain-lain.

Baca Juga  Fakta Menarik Tentang Malta, Negara dengan Pulau yang Memukau
2. Tugu Pahlawan

tugu pahlawan (tugu pahlawan) adalah simbol utama kota, yang didedikasikan untuk orang-orang yang meninggal selama pertempuran surabaya pada 10 november 1945. - tugu pahlawan surabaya potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Seperti kita ketahui bersama, Surabaya mendapat julukan sebagai kota Pahlawan. Surabaya mendapat julukan Kota Pahlawan bukan tanpa alasan. Ibu kota Jawa Timur ini merupakan saksi sejarah tentang perjuangan rakyat Indonesia, khususnya rakyat Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan.

Untuk itu, tak heran jika dibangun sebuah monumen untuk memperingati peristiwa bersejarah itu. Monumen itu disebut sebagai tugu pahlawan sekaligus menjadi objek wisata ikonik kebanggaan kota Surabaya. Tugu Phlawan ini berlokasi dekat dengan kantor dinas Gubernur Jawa Timur.

Objek wisata yang dibangun di tengah-tengah hamparan rumput hijau ini merupakan objek wisata yang gratis untuk dikunjungi. Selain memiliki fungsi edukasi, objek wisata ini juga menawarkan banyak sekali makanan khas Surabaya yang bisa dinikmati sambil berkunjung.

3. Taman Ikonik Surabaya, Taman Bungkul

taman bungkul, salah satu taman kota di surabaya - taman bungkul potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Taman yang berlokasi di jalan Raya Darmo ini diresmikan dan dibuka untuk public pada tahun 2007. Taman wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, di akhir pekan maupun di hari-hari libur lainnya. Wilayah tamannya yang luas cukup bersahabat untuk dijadikan tempat wisata anak.

Dengan berkunjung ke Taman Bungkul, kamu akan dimanjakan dengan tatanan tanaman menghijau yang sedap dipandang mata. Selain dimanjakan dengan tanaman-tanaman yang tertata rapi, masih sangat banyak fasilitas di taman Bungkul yang bisa kamu nikmati. Misalnya, jogging di area jogging track, wifi gratis, taman bermain untuk anak, live music, hingga bermacam-macam kuliner khas Surabaya yag bisa kamu santap sembari menikmati suasana Taman Bungkul.

Taman Bungkul bisa terbuka selama 24 jam dan bisa kamu kunjungi kapan saja dengan gratis tanpa dipungut biaya tiket masuk. Selain itu, kebersihan di taman ini juga dijaga dengan sangat baik, sehingga akan menabah kenyamanan kamu selama berkunjung di taman ini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan saat berkunjung ke sini ya sob!

Baca Juga  12 Tempat Wisata yang Populer di Jawa Timur yang Siap Memanjakan Liburanmu
4. Pantai Kenjeran dan Taman Kenjeran

selamat pagi - pantai kenjeran potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tak ketinggalan, di urutan keempat rekomendasi tempat wisata di Surabaya selain mall yang majib kamu kunjungi adalah Pantai Kenjeran. Untuk berkunjung ke pantai ini, kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 5000,- saja untuk tiket masuknya. Area ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga dan sahabat-sahabat kamu sob.

Selain dapat berjalan-jalan di area pantai dan taman yang terletak di Sukolilo Baru ini, kamu juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan seru lainnya loh sob! Misalnya saja menikmati sunset di Pantai Kenjeran dan mengambil foto di spot fotoyang instagramable. Selain itu, kamu juga bisa memanjakan diri dengan menikmati banyak sekali kuliner khas Surabaya yang tersedia di tiap sudutnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi dan berfoto di tempat-tempat ikonik milik Pantai Kenjeran, misalnya di Pagoda Tian Ti dan patung naga. Kamu juga bisa menikmati keindahan jembatan Suramadu, yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura secara lebih dekat loh sob!

5. Hutan Bambu

bambu grove dengan banyak pohon dan sinar matahari - hutan bambu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Nah ada lagi nih tempat wisata unik yang ada di Surabaya, hutan bambu namanya. Di hutan bambu ini tidak hanya terdapat pohon bambu, melainkan juga banyak terdapat tanaman-tanaman hias lain di area taman. Memasuki Kawasan hutan bambu, mata kita akan dimanjakan dengan barisan pohon bambu yang tertata rapi sepanjang jalan lurus.

Tiap sudut di hutan bambu ini sangat cocok dijadikan spot foto, karena semua sudutnya memiliki spot foto yang instagramable. Hutan bambu ini terletak di daerah Surabaya Timur tepatnya di Keputih. Untuk megunjungi tempat wisata ini, kamu tidak perlu menyiapkan biaya karena tempat ini gratis dan terbuka untuk umum selama 24 jam sob.

Baca Juga  Jangan Lewatkan, Inilah 8 Barang Penting Saat Berlibur di Pedesaan

Nah, itu dia rekomendasi tempat wisata di Surabaya selain mall yang wajib kamu kunjungi sob. Tempat wisata ini bisa jadi referensi yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat hari libur tiba. Selain berfungsi sebagai tempat wisata dan tujuan berlibur, tempat wisata di atas juga memiliki fungsi edukasi yang tentu saja bermanfaat untuk dikunjungi.

Comment

Artikel Terkait