by

Rekomendasi Minuman Segar di Hari Raya yang Lezat dan Sehat

Ketika tiba hari raya, masyarakat tidak hanya menyediakan makanan lebaran saja tetapi juga minuman lebaran. Nah, terdapat beberapa rekomendasi minuman segar di hari raya yang nikmat dan sehat. Selain itu, biaya bahannya juga mudah sehingga tidak perlu budget di atas rata rata.

Kalau ingin mengetahui minuman-minuman tersebut, di bawah ini ada ulasannya. Silakan Anda memilih yang sekiranya memang tepat untuk hari lebaran. Silakan menyimak ini, ulasannya:

1. Es Mangga Serut

Korea Sweet Ice dessert famous with fruit colorful topping with milky sauce on wood table Korea Sweet Ice dessert famous with fruit colorful topping with milky sauce on wood table mango shaved stock pictures, royalty-free photos & images

Es mangga serut merupakan minuman lebaran yang lezat dan unik. Biasanya, yang paling sering dijadikan bahan minuman adalah buah jeruk, strawberry dan apel. Nah sekarang ada buah mangga yang rasanya tidak kalah nikmat serta bisa menghilangkan haus dengan segera.

Kalau menghidangkan es mangga serut saat lebaran para tamu pasti menyukainya. Apalagi kalau silaturahminya di siang hari ketika matahari sedang bersinar terik. Sayangnya, minuman ini hanya ada saat lebaran bersamaan dengan musim mangga saja. Sedangkan kalau di musim yang lain sangat sulit untuk menemukannya.

2. Es Soda Melon

glass of cold melon soda drink isolated on white background glass of cold melon soda drink isolated on white background melon soda stock pictures, royalty-free photos & images

Kalau Anda penyuka minuman manis dengan aroma yang hard, maka es soda lemon sangat layak dihidangkan di meja. Minuman ini sangat menyegarkan dan rasa manisnya membuat lezat di lidah. Selain itu, Anda tidak perlu menyiapkan modal besar untuk membuatnya.

Es soda melon terdiri dari sirup rasa melon yang dicampur dengan minuman bersoda saja. Lalu berikan balok-balok es supaya kesegarannya bertambah. Namun meminum minuman ini tidak boleh berlebihan, karena yang namanya minuman bersoda pasti membuat begah pada lambung.

3. Es Buah Sirup Pandan

Ice Longan Jelly, Icy Dessert of Jelly Cubes with Preserved Longan in Its Syrup Ice Longan Jelly, an icy dessert of strawberry milk agar and strawberry jelly cubes with preserved longan fruits with its syrup. Some crushed ice and basil seeds are added to the dish; then garnished with mint leaves. fruit ice stock pictures, royalty-free photos & images

Rekomendasi minuman segar di hari raya yang berikutnya adalah es buah sirup pandan. Kalau menghidangkan minuman ini, jangankan rasanya, tampilannya saja sudah sangat menggugah selera. Dijamin, ketika minuman baru dihidangkan, Anda sudah tidak sabar untuk segera menikmati kesegarannya.

Baca Juga  Jenis-Jenis Mangga di Indonesia yang Rasanya Manis dan Enak

Kalau bisa gunakan buah yang warna warni seperti anggur, strawberry, leci, apel dan selainnya. Karena kombinasi warna acak dari buah dengan warna hijau dari sirup pandan, membuat tampilan minuman benar-benar elegan. Apalagi kalau dihidangkan dengan gelas piala yang butiran embun dari es batunya masih terlihat.

4. Es Pisang Ijo Campur Susu

Green Banana Ice aka Es Pisang Ijo es pisang ijo stock pictures, royalty-free photos & images

Salah satu minuman khas lebaran di beberapa daerah adalah es pisang ijo. Tak hanya itu, minuman berbahan pisang dan sirup ini ternyata juga menjadi menu populer untuk berbuka puasa. Kalau Anda keliling ke bazar ramadan, pasti banyak pedagang yang berjualan minuman berwarna kombinasi merah hijau ini.

Kalau ingin mendapatkan kesegaran yang lebih nyaman, maka tambahkan susu cair pada es pisang ijo. Lalu hidangkan dalam keadaan dingin. Sungguh kesegarannya sangat luar biasa apalagi kalau Anda meminumnya saat cuaca sedang panas. Dijamin dahaga langsung hilang dengan segera.

5. Es Blewah

Es Blewah or contain slices of cantaloupe with syrup. Es Blewah or contain slices of cantaloupe with syrup. Served in glass on wooden table. es blewah stock pictures, royalty-free photos & images

Minuman yang populer saat lebaran adalah es blewah. Sekalipun sederhana, ternyata minuman ini juga berasa lezat dan mampu menghilangkan dahaga. Apalagi bahan pembuatannya sangat murah dan Anda bisa membeli buah blewah di toko buah terdekat.

Yang lumrah, es blewah tidak dicampur dengan topping yang lain. Cuma buah blewah dengan air dan es saja. Namun kalau ingin mendapatkan sensasi rasa yang lebih lezat silakan campurkan susu dan sirup. Kalau sudah demikian, maka bukan hanya rasanya yang lezat tampilannya juga sangat menawan.

6. Es Teh Lemon

Homemade Iced Tea with Lemons Homemade Iced Tea with Lemons and Mint lemon tea stock pictures, royalty-free photos & images

Es teh bisa menjadi minuman ketika lebaran. Anda tinggal melakukan kreasi sedikit dengan mencampurkan beberapa tetes jeruk lemon ke dalamnya. Ini akan menambah aroma dan cita rasa dari es teh. Sehingga minuman ini tidak terkesan tradisional serta masih layak untuk dihidangkan kepada para tetamu.

Baca Juga  Cafe Terpopuler di Sumenep untuk Tempat Nongkrong

Kalau ingin mendapatkan sensasi rasa teh lemon yang dominan silakan sertakan beberapa potong lemon yang berukuran besar. Maka yang akan terasa bukan teh lagi melainkan lemon rasa teh. Selain sehat, minuman ini ternyata juga memberikan rasa yang unik dan segar.

7. Es Cendol Susu

Thai dessert (Lod Chong), Colorful rice flour jelly (cendol) with coconut milk in glass Thai dessert (Lod Chong), Colorful rice flour jelly (cendol) with coconut milk in glass cendol stock pictures, royalty-free photos & images

Es cendol merupakan minuman khas di Indonesia. Bisa dipastikan, hampir di setiap daerah memiliki minuman jenis ini terutama dari daerah Jawa. Sepertinya minuman ini layak menjadi hidangan saat lebaran karena rasanya juga manis dan menyegarkan.

Pada umumnya, es cendol dibuat dari santan dengan gula aren. Sedangkan yang menjadi topingnya adalah dawet dan cincau serta tape. Namun sekarang ada kreasi baru, es cendol dicampur dengan susu. Rasanya lebih lezat serta akan membuat tenggorokan yang haus menjadi hilang.

8. Es Degan Cincau Krim

Es Kelapa Muda or young coconut ice, Indonesian popular drink, especially for breakfasting during ramadan month. Es Kelapa Muda or Young Coconut Uce, Indonesian Popular Drink for Ramadan Breakfasting. Served in Glass with Red Sugar Syrup, Copy space. es degan stock pictures, royalty-free photos & images

Minuman terbaik saat lebaran adalah es degan cincau krim. Kalau ada minuman ini, jangankan rasanya, ligting-nya saja sangat mewah padahal topingnya sederhana. Kalau dari segi rasa sangat luar biasa, Anda pun pasti ingin membuatnya sekembalinya dari bertamu ke tetangga.

Kalau ingin makan es krim saat lebaran, maka minuman ini juga berfungsi sama. Karena di bagian atasnya terdapat es krim yang manis. Sedangkan di bagian bawahnya es degan susu danĀ  beberapa potong cincau. Kombinasi rasa ini yang membuat minuman lezat dan menyegarkan.

Itulah rekomendasi minuman segar di hari raya yang populer. Maka, kita bisa memilih salah satuĀ  atau beberapa di antara minuman-minuman di atas.

Anda bisa mengkreasikannya dengan bahan lain, yang sekiranya membuat minuman lebih lezat dari segi rasa dan mewah dari segi penampakan. Minuman semacam ini yang tidak hanya menyegarkan tetapi memancing selera Anda untuk segera meminumnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya