by

Rekomendasi Kuliner Enak di Sumbar yang Wajib Dicoba

Jika Anda termasuk orang yang gemar berburu kuliner, jangan lupa untuk singgah sebentar atau bahkan berlama-lama di daerah Sumatera Barat terutama kota. Tentu daerah tersebut sudah tidak asing lagi bagi para pecinta wisata kuliner, karena mempunyai potensi kuliner yang banyak dan beragam.

Salah satunya adala masakan rendang yang sudah terkenal se-nusantara, bahkan hingga ke berbagai Negara di belahan dunia. Selain rendang tentu masih ada kuliner lainnya, yang dijamin dapat membuat Anda betah berlama-lama untuk berwisata kuliner di daerah Sumbar ini. Inilah daftar kulinernya.

1. Asam Padeh Daging Khas Padang
Resep Daging Sapi Asam Padeh Khas Padang - pidjar.com
Foto: pidjar.com

Kuliner pertama yang wajib Anda cicipi ketika sedang singgah di sumatera barat, khususnya di kota Padang adalah Asam Padeh Daging. Bahan yang digunakan juga sama dengan rendang yaitu daging sapi, tetapi saat ini sudah banyak yang menggantinya dengan daging ayam maupun ikan.

Untuk rasanya sudah tidak bisa diragukan lagi, mempunyai ciri khas rasa asam dan pedas seperti kebanyakan makanan Padang pada umumnya, tentu jenis makanan ini akan mengingatkan Anda pada masakan rendang, lantaran mempunyai warna kecoklatan hampir sama dengan rendang.

2. Rendang Paru
Resep Rendang Paru, Khas Ranah Minang
Foto: saribundo.biz

Masakan rendang dari bahan daging pasti sudah terdengar biasa dan banyak ditemui, tapi kali ini ada rendang yang terbuat bukan dari daging yakni rendang paru. Berbahan dasar dari paru-paru sapi tidak mengurangi kepopuleran makanan satu ini, malah dijamin dapat menambah selera Anda.

Walaupun sama-sama bernama rendang, bumbu dari rendang paru ini sedikit berbeda dengan rendang daging pada umumnya, terutama pada kuahnya. Kuahnya memakai santan dengan takaran lebih banyak daripada rendang biasanya. Jadi sangat rekomended nih buat pecinta kuliner.

Baca Juga  Wisata Air Terjun Terbaru di Panton Luas Aceh Selatan
3. Nasi Kapau Khas Padang
Foto: matalelaki.com

Masih di kawasan kota padang, nasi kapau merupakan makanan khas dari daerah Bukit tinggi. Jika dilihat sekilas bentuknya hampir meyerupai nasi padang pada umumnya, perbedaannya terletak pada cara penyajiannya saja, yaitu ditaruh di atas meja berbeda dengan nasi padang yang disajikan pada etalase.

Untuk rasanya tentu tidak kalah dengan nasi padang biasanya, dengan ciri khas gulai kapau yang berwarna kuning serta memiliki rasa asam, dan juga bahan gulai yang terbuat dari sayuran kol dan nangka muda, yang dijamin akan membuat ketagihan.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan berbagai macam pilihan lauk seperti kikil, ayam goreng, dan yang lainnya. Dijamin nikmat deh!

4. Gulai Itiak Lado Mudo
Gulai Itiak Lado Mudo | Daftar Kuliner Indonesia
Foto: daftarkulinerindonesia.com

Merupakan makanan yang menjadi andalan warung makan Gulai Itiak Lado Mudo yang terletak di daerah Ngarai Sianok, Bukittinggi. Makanan berbahan dasar daging bebek dengan sambal ijo sebagai bumbu pelengkap, menjadi makanan terfavorit juga paling disarankan untuk pecinta kuliner, terutama untuk yang suka pedas.

Makanan yang diolah tanpa menggunakan santan ini memiih daging bebek yang masih muda sebagai bahan utamanya, sehingga dagingnya mempunyai tekstur empuk dan juga lembut. Selain itu, rasa segar dari cacahan cabai hijau sebagai bumbu pelengkap semakin menambah selera makan Anda.

5. Gulai Paku atau Pakis
Ini Resep Gulai Paku Enak Khas Pariaman, Berani Coba? - MerahPutih
Foto: merahputih.com

Untuk rekomendasi makanan terakhir ini terbilang cukup unik, untuk jenis makanan gulai yang berbahan dari tumbuhan paku atau pakis. Walaupun bisa dibilang sedikit berbeda pada makanan gulai pada umumnya, toh nyatanya makanan ini banyak digandrungi oleh para pemburu kuliner.

Makanan ini biasanya dimasak dengan bahan pelengkap seperti ikan asin, ikan teri, ataupun udang. Kemudian untuk penyajiannya pun biasanya ditambahkan kuah pedas dengan cita rasa asam, telur rebus, bahkan ketupat sebagai pelengkapnya. Nah, wajib dicoba nih pastinya.

Baca Juga  Selain Sebagai Penyedap Rasa, Inilah 10 Rempah-Rempah Dapur dan Kegunaannya Untuk Kesehatan

Sebenarnya jika membahas tentang kuliner enak di sumbar tidak aka nada habisnya, karena memang kawasan tersebut mempunyai wisata kuliner yang banyak serta melimpah. Jika tertarik untuk mencobanya silahkan datang bersama keluarga tercinta atau kerabat Anda.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait