by

Rekomendasi 9 Museum di Malang yang Wajib Dikunjungi

Malang merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang dikenal memiliki hawa yang sejuk. Hal tersebut terlihat sangat wajar, mengingat Malang dikelilingi oleh pegunungan yang menjadikannya terkenal akan wisata alamnya. Namun, selain destinasi wisata alam, terdapat juga destinasi wisata museum di Malang yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di sini.

Berwisata di museum selain akan membantu kamu melepas penat juga akan memperkaya wawasan kamu, sehingga tak heran banyak orang yang gemar untuk berwisata museum. Di Malang sendiri terdapat banyak pilihan museum yang sangat menarik untuk dikunjungi ketika berlibur ke kota ini.

Daftar Museum di Malang yang Wajib Dikunjungi

Meskipun Malang terkenal akan keindahan alamnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun, selain dari destinasi wisata alam, kota Malang juga memiliki banyak museum yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut merupakan beberapa rekomendasi museum di Malang untuk kamu.

1. Museum Brawijaya

The old weapon is made of metal that is stretched in front of the Malang Brawijaya Museum The old weapon is made of metal that is stretched in front of the Malang Brawijaya Museum Brawijaya Museum stock pictures, royalty-free photos & images

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Universitas Brawijaya yang ada di Malang. Namun, tahukah kamu bahwa Malang juga memiliki museum Brawijaya. Museum tersebut sangat menarik untuk dikunjungi, karena museum ini dikhususkan untuk menyimpan berbagai macam benda-benda sejarah, yang berkaitan langsung dengan kemerdekaan di kota Malang.

Museum yang didirikan oleh Brigjen TNI (Purn) Soerachman pada tahun 1962 silam ini, tidak hanya memamerkan koleksi benda sejarah di bagian dalam, melainkan juga di bagian luar gedung. Benda-benda tersebut disimpan di luar sebelum pengunjung memasuki gedung.

2. D’topeng Kingdom Museum
Belajar Sejarah di Museum D'Topeng Kingdom | Wisata Malang
Foto: Situs Wisata Malang

Museum yang ada di kota malang berikutnya yaitu, D’Topeng Kingdom Museum yang merupakan salah satu bagian dari Museum angkut yang terletak di kota Batu Malang. Museum yang baru dibuka pada tahun 2014 ini merupakan salah satu yang menjadi favorit wisatawan. Hal tersebut dikarenakan museum ini menyimpan banyak artefak seni dari seluruh Indonesia.

Baca Juga  Intip Rekomendasi Wisata Saat Ramadan Berikut Ini Yuk!

Sesuai dengan namanya, di museum ini kamu akan melihat berbagai topeng khas dari berbagai daerah di Indonesia. Museum D’Topeng Kingdom menyajikan jejak peninggalan agama Buddha, Hindu, serta Islam di Indonesia. Sehingga, selain topeng museum ini juga memiliki benda lain seperti Al-Qur’an yang berusia ratusan tahun.

3. Museum Musik Indonesia
Pertama di Indonesia, Museum Musik Indonesia Hadir di kota Malang. Mampir  Yuk!
Foto: goodnewsfromindonesia.id

Untuk kamu yang menyukai musik, wajib datang ke museum Musik Indonesia. Museum ini kurang banyak dikenal, padahal merupakan satu-satunya museum musik yang ada di Indonesia. Museum ini memiliki sekitar 15.000 koleksi benda-benda yang berhubungan dengan musik seperti kaset, vinyl, CD, DVD, instrument, peralatan pemutar musik dan masih banyak lagi.

4. Museum Panji
Menengok Museum Panji Pertama di Indonesia | kumparan.com
Foto: Kumparan

Museum Panji diambil dari seorang tokoh dari Malang yang hidup pada era kesultanan Mataram. Sosok tersebut dipilih karena sangat berjasa dalam menyatukan pulau jawa. Museum ini ditata sedemikian rupa menyerupai diorama yang menggambarkan tentang sejarah kota Malang.

Salah satu yang menarik yaitu terdapat koleksi wayang, golek, dan patung yang terkenal saat zaman dahulu. Dengan mengunjungi museum ini, kamu bisa melihat tentang bagaimana Kota Malang lahir lewat berbagai display, yang memperlihatkan pondasi pertama saat pemerintahan Hindia Belanda.

5. Museum Omah Munir
Museum Omah Munir yang Penuh Makna tentang HAM Halaman 1 - Kompasiana.com
Foto: Kompasiana

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan sosok Munir Said Thalib, seorang pahlawan yang berjuang untuk hak asasi manusia. Beliau merupakan seorang aktivis HAM yang paling terkenal dan berpengaruh di Indonesia. Dengan mengunjungi museum ini kamu bisa mengenal lebih jauh tentang sosok Munir.

Museum ini bukanlah museum yang biasa, karena di museum ini kamu bisa belajar banyak dan lebih mendalam mengenai sosok Munir. Sosok yang telah tiada akibat dibunuh dengan racun saat dalam pesawat pada tahun 2004 silam. Di museum ini terdapat banyak informasi berupa audio dan visual mengenai sosok Munir.

Baca Juga  5 Tempat Wisata Yogya Recommended 2021
6. Museum Zoologi Frater Vianney
Museum Zoologi Frater, Berwisata Sambil Mempelajari Biota Laut - Tempat.me
Foto: situs tempat wisata

Museum Zoologi Frater Vianney merupakan museum yang berisikan satwa-satwa dengan koleksi spesimen. Dimana ini bisa digunakan ketika mempelajari ilmu Konkologi atau ilmu hewan serta kerang-kerangan darat dan laut. Museum ini juga memiliki specimen dari berbagai jenis ular. Sehingga, museum ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang tengah mempelajari ilmu Hepatologi.

7. Museum Satwa
Museum Satwa, Koleksi Satwa Lintas Jaman
Foto: nativeindonesia.com

Museum Satwa merupakan jenis museum yang berisi diorama binatang dari yang masih ada hingga sudah punah keberadaanya. Tujuan dari dibangunya museum ini yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ satwa Liar. Sehingga, semua koleksinya bukan dari hewan yang diburu, melakukan pengawetan dari hewan-hewan yang telah mati.

8. Museum Angkut
Tiket Museum Angkut (Jatim Park Group) : Harga Promo 2021 di Traveloka  Xperience.
Traveloka

Selanjutnya ada Museum Angkut yang berlokasi di Kota Batu. Museum ini merupakan Museum pertama di Asia Tenggara yang memiliki konsep alat transportasi. Tempat ini dibangun sebagai dedikasi, dalam mengapresiasi perkembangan alat transportasi dunia. Dalam museum ini terdapat koleksi alat transportasi dari yang paling tradisional hingga paling modern.

9. Museum Tubuh
Yuk, Belajar Anatomi Tubuh Manusia di Museum Tubuh Bagong, Malang |  kumparan.com
kumparan

The Bagong Adventure Museum Tubuh atau dikenal juga dengan Museum Tubuh, merupakan museum yang beberapa zona dari bagian-bagian tubuh manusia seperti zona otak, jantung, mata, zona 3D, dan sebagainya. Diberi nama “Bagong” dikarenakan bagian depan dari bangunan ini merupakan kepala tokoh pewayangan Bagong yang siap menyambut para pengunjung.

Berwisata museum di Malang merupakan salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan ketika berkunjung ke kota ini. Beberapa rekomendasi museum di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika hendak berwisata museum di kota Malang. Berbagai museum tersebut sangat layak untuk kamu kunjungi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya