by

Pesona dan Keindahan Air Terjun Telun Berasap

Kabupaten Kerinci merupakan gudangnya air terjun. Pasalnya, di daerah ini terdapat beberapa curug yang mempesona, bahkan sebagiannya menjadi ikon yang layak dikunjungi wisatawan. Salah satunya Air Terjun Telun Berasap. Sebuah destinasi yang keindahannya tidak terbantahkan.

Air Terjun Telun Berasap layak dijadikan rujukan wisata saat liburan. Sebab selain asri, udara di sekitar destinasi juga bersih dan segar. Fasilitas pelesir juga lengkap sehingga travelling-nya lebih nyaman. Nah, kalau ingin mengetahui serba serbi seputar curug yang dimaksud, silakan baca artikel ini.

Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap merupakan curug yang sangat ideal. Pasalnya, ukuran tebing cukup tinggi dan terjal hingga mencapai 50 meter. Akhirnya air turun dari puncak dengan keras dan deras. Ketika sudah bersentuhan dengan dasar, terbentuklah halimun atau asap. Ini yang menjadi alasan munculnya penamaan destinasi.

Kabupaten Kerinci memiliki danau yang unik. Namanya Danau Gunung Tujuh. Salah satu keunikannya ialah, telaga ini berada di dataran tinggi, sedangkan yang lain biasanya ada di wilayah yang rendah. Nah kabarnya, air yang mengalir ke Air Terjun  Telun Berasap berasal dari sini.

Air Terjun Telun Berasap merupakan destinasi yang sangat luar biasa. Bagi yang tidak pernah mendatanginya, maka segera agendakan jadwal sekarang juga. Kalau bisa kunjungi ketika suasana curug masih sepi, karena pengunjung akan mendapatkan suasana ketenangan yang luar biasa.

Pesona Air Terjun Telun Berasap

Pesona Air Terjun Telun Berasap sudah dimulai dari rute yang ditempuh pengunjung, karena jalan yang akan dilewati menuju curug masih dipenuhi tumbuhan dan pepohonan. Apalagi kalau sudah sampai di destinasi, pasti panoramanya lebih elegan lagi, bahkan traveller tidak akan sabar untuk memotret keindahan yang ada.

Baca Juga  Yuk, Pecinta AU Merapat! Apa itu AU dan Rekomendasi AU yang Keren?

Orang berkunjung ke Air Terjun Telun Berasap semata ingin mendengar suara percik air yang merdu. Belum lagi deburannya yang keras dan memercikkan titik-titik embun ke segala penjuru. Terkadang pengunjung menikmati suasana ini sembari menghentakkan kaki ke air, sebuah aktivitas yang menjadi andalan turis ketika sedang bersantai.

Ketika sudah tiba di Air Terjun Telun Berasap, banyak sekali keindahan yang bisa dilihat. Salah satunya pemandangan alam yang ikonik dan instagramable, sedangkan di kejauhan terdapat siluet gunung yang bisa dijadikan latar belakang foto selfie. Kalau masih kurang, silakan mendaki menuju bukit kecil yang sudah dilengkapi dengan jalur hiking.

Fasilitas Air Terjun Telun Berasap

Fasilitas di Air Terjun Telun Berasap yang disediakan oleh pihak pengelola sangat komplit. Sehingga, siapapun yang berkunjung ke curug pasti bisa berwisata dengan nyaman. Salah satu sarana yang tersedia dan jumlahnya banyak ialah gazebo. Dan tidak tanggung-tanggung rumah singgah ini juga dilengkapi dengan colokan charge HP.

Pihak pengelola juga memperbaiki jalur ke Air Terjun Telun Berasap, termasuk membangun anak tangga menuju curug yang dilengkapi pegangan dari kayu, sedangkan yang menghubungkan antara hutan dengan air terjun sudah dibangun jembatan. Terkadang pengunjung ber-selfie di sana karena pemandangannya bagus.

Di Air Terjun Telun Berasap terdapat fasilitas yang lumrah untuk tempat wisata. Seperti musholla, ruang bilas, tempat parkir, toilet dan tempat umum yang lain. Ruang-ruang ini semakin melengkapi sarana destinasi yang sudah komplit. Apalagi juga ada warung kuliner yang lokasinya berada di pintu gerbang dan menyediakan makanan murah.

Aktivitas di Air Terjun Berasap

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Curug Telun Berasap. Aktivitas-aktivitas ini tidak hanya bisa dilakukan seorang diri tetapi juga beramai-ramai. Dan tidak dimungkiri, keberadaannya yang membuat air terjun masih diminati wisatawan. Ini aktivitas yang dimaksud:

Baca Juga  Beberapa Kuliner Unik Madura yang Lezat
1. Berenang Sambil Bermain Air di Kali Kecil

Agak ke hilir dari air terjun terdapat kali kecil yang dipenuhi batu kali berwarna hitam. Sungai tersebut dangkal dan pengunjung bisa berenang di sana. Jika tidak ingin melakukannya, tinggal duduk di batu sambil menikmati pemandangan hutan. Namun jangan lupa, manfaatkan suasana dengan bermain air supaya lebih sejuk dan indah.

2. Menikmati Keindahan Taman Nasional Gunung Kerinci

Pengunjung datang ke Air Terjun Telun Berasap semata untuk menikmati pemandangan. Dan keindahan panorama di sana memang layak untuk dilihat dan disyukuri. Apalagi destinasi berada di kawasan taman paling populer di Jambi, yaitu Taman Nasional Gunung Kerinci.

3. Berswa Foto

Di Air Terjun Telun Berasap banyak sekali angle elegan yang bisa dijadikan latar foto selfie. Luar biasanya, spot ini bisa dinikmati dengan gratis sekalipun yang desain bikinan. Pengunjung tinggal memilih yang natural atau yang berupa maket, mural atau miniatur. Dan ingat sekalipun buatan, hasilnya tetap instagramable.

Tiket Masuk Air Terjun Telun Berasap

Kalau mengunjungi Curug Teluh Berasap, biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar. Harga tiketnya saja Rp10.000 per-orang sedangkan untuk anak kecil digratiskan. Tentunya ini budget yang murah dengan kualitas destinasi yang tidak murahan. Jadi, jangan tunggu lama lagi, segera kunjungi sekarang juga.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap berada di Desa Telun Berasap Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Kawasan yang terkenal sangat asri dengan pemandangan yang menarik. Kalau ingin cepat sampai dan jalurnya mudah, silakan melalui Sungai Penuh yang hanya berjarak 57 km. Akses jalannya sudah bagus dengan jarak tempuh hanya 1 jam saja.

Baca Juga  Wisata Air Terjun Terbaru di Panton Luas Aceh Selatan

Rute menuju Air Terjun Telun Berasap yang paling jauh melalui alun-alun Jambi. Dari sini, pengunjung harus berkendara selama 10 jam. Sedangkan kalau berangkat dari kota Padang, jaraknya lebih dekat. Kalau naik transportasi darat, jarak yang harus ditempuh sepanjang 6 km saja.

Kalau ingin liburan yang bagus, silakan pilih destinasi yang indah-indah, terutama ke Air Terjun Telun Berasap bersama seluruh keluarga supaya lebih bermakna. Tempat wisata berbasis naturalistik semacam ini yang biasanya melahirkan ketenangan. Apalagi kalau alamnya masih asri dan bersih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya