by

Pencinta Kuliner Wajib Merapat! Rekomendasi Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia

Indonesia memang kaya dengan pariwisatanya entah itu wisata alam ataupun wisata buatan. Selain itu Indonesia juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik lainnya, loh! Yaitu destinasi wisata kuliner.

Destinasi wisata kuliner di Indonesia sangatlah beragam, sebab setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Oleh karena itu, buat kamu si pencinta kuliner, berikut ini rekomendasi destinasi wisata kuliner di Indonesia yang bisa kamu datangi.

1. Yogyakarta, D.I. Yogyakarta

Destinasi wisata kuliner yang pertama datang dari Kota Yogyakarta. Selain kaya dengan destinasi wisata alam dan budayanya yang kental, kota yang satu ini juga terkenal dengan destinasi wisata kulinernya yang enak-enak dan beragam. Salah satu makanan terkenal yang khas dengan kota ini, ialah gudeg yang memiliki citarasa yang manis sekaligus gurih.

Beberapa kawasan yang ada di Yogya yang bisa kamu tuju untuk mendapatkan makanan khas kota itu, ialah daerah pasar Beringharjo, di sana kamu bisa menemukan banyak makanan yang murah, seperti gado-gado, lumpya, gudeg dan lain sebagainya.

Kemudian ada lagi di daerah alun-alun Yogyakarta, di sana kamu bisa menemukan makanan-makanan seperti Soto Lenthok Pak Man, yang terkenal dan camilan populer seperti Cilok Gajahan.

2. Cirebon, Jawa Barat

Daerah Jawa Barat juga memiliki beraneka macam makanan khas yang enak dan begitu menggugah selera, salah satunya daerah di Kota Cirebon. Kota Cirebon merupakan kota pesisir pantai yang memiliki hidangan terkenal yang bernama empal gentong.

Selain empal entong, di kota ini kamu juga bisa mencicipi nasi jamblang yang tidak boleh kamu lewatkan apabila datang ke kota ini.

Nasi jamblang merupakan nasi yang dibungkus menggunakan daun jati, kemudian dimakan bersama beraneka ragam lauk-pauk, seperti ikan jambal goreng, tempe goreng, telur dadar dan tahu kuah kecap.

Baca Juga  Kamu Ingin ke Korea Selatan? Berikut ini Rekomendasi Tempat Wisata di Korea Selatan

Selain empal goreng dan nasi jamblang, kamu juga bisa menemukan makanan lezat lainnya, di antaranya tahu genjrot, mie kocok, nasi lengko dan ketoprak Cirebon.

3. Makassar, Sulawesi Selatan

Sebagai salah satu kota yang terkenal dengan destinasi wisata baharinya, Makassar juga terkenal dengan dengan destinasi wisata kulinernya, loh! Di kota ini kamu bisa menemukan hidangan sop konro yang begitu terkenal dan ikonik.

Sop konro ini merupakan makanan yang terbuat dari giga sapi dan dicampur dengan kuah sup dan ditambahi ketupat. Selain sop konro, ada beberapa makanan lainnya yang bisa kamu temukan di kota ini, di antaranya ialah soto Makassar, pisang epe, es palu butung dan sup sodara.

Salah satu makanan khas Makassar, yaitu pisang ape, bisa kamu temukan di Pantai Losari Makassar. Pisang ape sendiri dibuat dari pisang kapok yang dibakar, kemudian disiram dengan manisnya gula merah yang dilelehkan di atasnya.

4. Bandung, Jawa Barat

Kota Kembang atau Kota Bandung yang merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Barat, memiliki banyak destinasi wisata kuliner yang bisa kamu coba.

Beberapa makanan lezat yang terkenal dari kota ini ialah mie kocok, batagor, siomay, surabi bandung dengan berbagai macam variasi, peuyeum dan karedok. Makanan-makanan khas Bandung ini bisa dengan mudah kamu temui hampir di seluruh penjuru kota.

Beberapa tempat yang ada di Bandung yang bisa kamu datangi untuk mendapatkan makanan khas Bandung ini, di antaranya ialah Braga Permai yang ada di Kawasan Jalan Braga. Di Braga Permai ini, kamu bisa menemukan banyak sekali aneka kue Bandung yang bisa kamu cicipi.

Kemudian ada lagi Kawasan Jalan Cibadak, di kawasan ini kamu bisa menemui tempat beraneka macam kuliner seperti Kedai Soto Ojo Lali, bakso ikan goreng, bakso tahu,dan siomay yang nikmat dan lezat. Kemudian tak lupa Ronde Jahe Alkateri, tempat yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an.

Baca Juga  Daftar 10 Negara Unik di Dunia yang Mencengangkan
5. Semarang, Jawa Tengah

Semarang merupakan ibu kota dari Jawa Tengah yang juga termasuk dalam rekomendasi destinasi wisata kuliner di Indonesia. Kota yang terkenal dengan destinasi wisatanya, yaitu Simpang Lima, kamu juga bisa menemukan beraneka ragam makanan di sana, seperti Nasi Ayam Bu Sami, Tahu Petis Prasojo khas Semarang, dan kedai seafood Pak Jari yang cukup terkenal.

Selain itu, di Kawasan Simpang Lima itu kamu juga bisa menemukan makanan lainnya seperti nasi pecel dan nasi goreng babat.

Tak hanya kawasan Simpang Lima, di Semarang yang terkenal dengan destinasi wisata kulinernya ialah kawasan Gang Lombok, Semarang. Di Kawasan ini kamu bisa menyicipi beberapa makanan lezat seperti wedang tahu dan lumpia legendaris, Lumpia Gang Lombok dan Aneka Es Gang Lombok yang berdiri sejak tahun 1947-an.

6. Padang, Sumatera Barat

Padang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki makanan terlezat di dunia, yaitu rendang. Selain rendang, kamu bisa menemukan makanan enak lainnya apabila berkunjung ke Padang, di antaranya ada dendeng balado, gulai ayam, keripik balado, keripik sanjai, gulai kepala ikan mas, dan dendeng batotok. Semuda makanan tersebut sayang apabila kamu lewatkan.

Salah satu kawasan yang ada di Padang yang bisa kamu tuju untuk menemukan berbagai macam makanan khasnya, yaitu kawasan Pantai Padang.

Di kawasan Pantai Padang ini kamu juga bisa menemukan makanan seperti pisang kapik, yang cara pembuatannya dibakar di atas batu bara kemudian disiram dengan gula merah cair dan ditaburi dengan parutan kelapa. Kemudian ada karupuak leak yang biasanya dihidangkan bersama dengan kuah sate dan bihun yang menjadi toppingnya.

Itu tadi rekomendasi destinasi wisata kuliner di Indonesia. Buat kamu yang suka jelajah kuliner, kamu bisa memasukkan nama-nama kawasan destinasi wisata kuliner kamu ke dalam wishlist daerah yang ingin kamu kunjungi.

Comment

Artikel Terkait