oleh

Patut Dicoba Nih! Pelesir Tanpa Biaya di Yogyakarta!

Sekarang bukan jamannya lagi berwisata harus membawa budget yang banyak. Bahkan ada beberapa aktivitas pelesir tanpa biaya alias gratisan. Nah, kalau Anda berada di Jogjakarta maka teknik berwisata semacam ini layak dicoba. Sebab destinasi semacam ini di kota pelajar tersebut sangat banyak.

Nah, di artikel ini penulis akan mengupas tentang destinasi bebas biaya yang layak dikunjungi. Sekalipun gratisan tempat tersebut tetap menawarkan sensasi berjalan-jalan yang menyenangkan. Untuk itu silakan Anda baca list daftar berikut ini lalu mulai agendakan untuk mengunjunginya. Ini dia destinasi yang dimaksud:

1. Air Terjun Sidoharjo

Tingginya Air Terjun Sidoharjo, Surga Tersembunyi di Kulon Progo : Okezone  Travel

Di Jogjakarta tepatnya di kawasan Kulon Progo terdapat satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Air Terjun Sidoharjo. Sebuah destinasi alam yang menawarkan keindahan panorama tiada tara. Apalagi pihak pengelola juga telah menanam aneka bunga di sekitar air terjun yang membuat pemandangan semakin asri.

Luar biasanya untuk berkunjung ke Air Terjun Sidoharjo pengunjung tidak dikenakan tiket sepeserpun alias gratis, kecuali pengunjung ingin menikmati keindahan air terjun dengan mencicipi kuliner yang lezat. Sekalipun demikian traveller tidak perlu khawatir karena harga kuliner di sini tidak terlalu mahal.

2. Hutan Pinus Imogiri

Berkemah Di Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta - Destinasi Travel Indonesia

Hutan Pinus Imogiri merupakan destinasi alam yang terletak di Imogiri Bantul Jogjakarta. Di sini traveller bisa menikmati keindahan sembari bernaung di bawah ribuan pohon pinus yang rindang. Pada umumnya pengunjung datang bersama seluruh keluarga lalu menggelar tikar di sana untuk makan bersama.

Destinasi Hutan Pinus Imogiri bisa didatangi dengan gratis. Termasuk area camping ground yang sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Traveller cukup membayar biaya parkir saja dengan nominal tidak besar yaitu Rp10.000 untuk kendaraan roda 4 dan Rp5000 untuk kendaraan roda dua.

Baca Juga  Dumbeg, Jajanan Tradisional yang Menjadi Khas dan Populer di Tuban

Namun untuk tenda pengunjung harus membawa sendiri dari rumah. Karena pihak pengelola tidak mempersiapkannya. Jadi silakan pikir ulang untuk melakukan camping, kecuali traveller memang sudah memiliki perlengkapan-perlengkapan yang akan digunakan untuk camping.

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Berwisata di Gumuk Pasir Parangkusumo, Ini 5 Aktivitas yang Bisa Dinikmati  : Okezone Travel

Di Jogjakarta terdapat satu destinasi gratisan yang sangat unik dan ikonik. Namanya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di daerah Bantul. Destinasi ini cukup populer bahkan beberapa kali dijadikan lokasi syuting video klip hingga acara foto pre wedding. Ini menandakan kalau destinasi ini memang berkualitas.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan destinasi yang berupa gundukan pasir. Namun bukan pasir biasa melainkan pasir halus berwarna abu-abu pucat. Luar biasanya lagi destinasi ini berada di lahan yang sangat luas sehingga pengunjung bisa mengeksplorasi pemandangan yang ada dengan lebih leluasa.

4. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog, Tempat Asyik Kawula Muda untuk Nikmati Sunset

Tempat pelesir tanpa biaya yang berikutnya ialah Bukit Parang Endog. Ini merupakan destinasi paling diincar oleh kalangan pemuda terutama ketika waktu sudah merambat senja. Bagaimana tidak di sini pengunjung bisa menikmati sunset dari atas ketinggian yang langsung berhadapan dengan Pantai Parangtritis.

Luar biasanya lagi destinasi seindah ini bisa dikunjungi dengan gratis. Palingan traveller cukup membawa bekal untuk membeli makanan ringan saja. Dan biasanya di sekitar bukit memang dipenuhi dengan pedagang yang berjualan camilan. Lain daripada itu kalau ingin berhemat silakan membawa bekal makanan dari rumah.

5. Pantai Ngobaran Gunung Kidul

PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik Desember 2022

Pantai Ngobaran Gunung Kidul terbilang destinasi gratis yang juga tidak pernah sepi dari pengunjung. Di sini pengunjung bisa melihat keindahan sunsite dan sunrise yang mempesona. Makanya rugi kalau berkunjung ke sini tetapi tidak membawa kamera ponsel yang super canggih.

Baca Juga  4 Kreasi Olahan Ubi: Bisa Jadi Berbagai Camilan Penggugah Selera!

Sayangnya fasilitas di Pantai Ngobaran Gunung Kidul masih kurang lengkap. Hal ini masuk akal karena pengunjung sendiri tidak dibebani biaya tiket alias gratisan. Selain itu berkunjungnya pun terserah traveller apakah ingin datang pagi hari atau sore hari. Sedangkan kalau siang hari suasana di sana agak panas.

6. Pantai Pok Tunggal

PANTAI POK TUNGGAL - Surga Tersembunyi yang Menantang Nyali

Pantai Pok Tunggal merupakan pantai gratis terindah di Jogjakarta. Biasanya pengunjung datang ke sini di akhir pekan dan mereka berkemah di sana. Aktivitas ini boleh dilakukan asalkan meminta izin terlebih dahulu kepada pihak penjaga pantai. Dan memang traveller menginap hanya untuk menikmati suasana pantai di malam hari yang indah.

Pantai Pok Tunggal memiliki hamparan pasir yang lembut dan luas. Pengunjung bisa bertelekan di sana sembari menikmati jagung bakar yang manis. Dijamin kalau sudah suasana semacam ini yang didapatkan pengunjung pasti enggan untuk beranjak pulang. Makanya banyak dari mereka yang menginap. Dan ini tidak dilakuka satu malam saja tetapi ada yang sampai 2-3 malam.

7. Bukit Bintang Pathuk

BUKIT BINTANG Jogja Tiket & Pesona Memukau Desember 2022

Di kawasan Gunung Kidul terdapat satu destinasi perbukitan yang sangat ikonik. Namanya adalah Bukit Bintang Pathuk yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi saat malam hari. Jika berkunjung ke sini traveller bisa melihat kota Gunung Kidul dari atas ketinggian. Dan terpampanglah kerlip lampu dari rumah-rumah penduduk yang mirip bintang nan bertebaran.

Destinasi Bukit Bintang Pathuk memang gratis. Tetapi alangkah kurang lengkap jika traveller menghabiskan malam di atas bukit tanpa nguliner. Untuk itu silakan membawa uang sekalipun sedikit untuk dibelanjakan makanan yang dijual di warung-warung yang ada di pinggir jalan menuju destinasi.

Tempat wisata di atas merupakan area pelesir tanpa biaya yang layak dikunjungi saat liburan. Jika ada yang gratisan mengapa harus mengunjungi tempat wisata yang mahal toh keindahannya tetap setara. Untuk itu silakan persiapkan kunjungan Anda sekarang juga dan jangan lupa bawa ponsel super canggih untuk mengabadikan momen di sana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya