by

Menarik! Ini 7 Fakta Tentang Sukabumi

Sukabumi, daerah ini mungkin bagi sebagian orang asing. Namun, bagi sebagian yang lainnya kota ini cukup akrab. Bahkan ada beberapa orang yang sudah mengunjungi daerah ini meskipun berasal dari luar sukabumi. Untuk mengenal lebih jauh, inilah lima fakta tentang Sukabumi

Fakta Tentang Sukabumi

Sukabumi merupakan daerah yang ada di Jawa Barat. Sukabumi pun sering disebut sebagai daerah paling selatan Jawa Barat. Selain itu, daerah ini pun menyimpan banyak kekayaan alam dan memiliki tempat wisata yang indah. Untuk lebih jelasnya mengenai lima fakta tentang sukabumi, simak informasi berikut ini!

1. Kabupaten Kedua terbesar di Pulau Jawa

Sukabumi memiliki luas 4.146 km2, tentu angka tersebut terbilang luas, bukan? Sehingga, jarak antar kabupaten dengan kota harus ditempuh berjam-jam. Daerah ini pun memiliki pantai yang sangat indah, hutan maupun yang lainnya.

Jika kamu ingin pergi ke daerah ujung sukabumi, pasti akan melalui hutan-hutan terlebih dahulu. Namun, sepanjang perjalanan akan disajikan pemandangan yang memukau. Ditambah dengan udara yang sejuk.

2. Termasuk kota terkecil di Jawa Barat

Kabupaten Sukabumi memang luas, tetapi luas kota sukabumi itu malah berbalik. Luas kota nya diperkirakan mencapai 48,33 km2. Sangat jauh, perbedaannya dengan luas kabupatennya. Sehingga, ketika kamu ingin mengunjungi kota ini sangat mudah.

Selain itu, meskipun ini daerah kota, udara disini masih tetap sejuk, terlebih jika itu pagi hari. Kamu pun bisa lari pagi di lapangan merdeka. Letaknya, berada di pusat kota sukabumi. Setelah olahraga kamu pun bisa menyusuri pasar yang tidak jauh dari lapang merdeka.

3. Angkot dengan banyak warna

Bukan hanya di kota-kota besar, di daerah ini pun terdapat berbagai angkot dengan jalur yang berbeda memiliki warna yang beda pula. Khususnya angkot yang berada di daerah kota Sukabumi. Biasanya, tidak hanya warna saja. Namun, dilengkapi dengan jalur yang akan dilewati sang angkot. Sehingga, para calon penumpang atau pengguna angkutan umum ini lebih mudah untuk mengenali.

Baca Juga  Selain Sebagai Penyedap Rasa, Inilah 10 Rempah-Rempah Dapur dan Kegunaannya Untuk Kesehatan

Angkot mana saja yang akan mereka gunakan sesuai dengan alamat tujuan mereka. Jika kamu ingin menaik angkot, sebaiknya siapkan uang kecil. Pasalnya memberikan uang pas lebih mudah  dibandingkan dengan memberikan uang besar. Kamu pun tidak perlu menunggu atau mengantri kembalian dari supir angkot.

4. Tempat wisata alam

Seperti yang sudah dibahas di awal bahwa daerah ini memiliki tempat wisata alam yang indah. Pasalnya, tempat wisata alam ini masih asri. Hal tersebut, tentu menambah pesona tempat tersebut. Selain di daerah kotanya, kamu pun bisa menjelajah daerah kabupatennya. Ada pelabuhan ratu, geopark ciletuh, berbagai curug, surade dan lain sebagainya.

Sukabumi pun menyimpan pantai yang indah pula. Sehingga, kamu dan keluarga bisa berlibur ke sini. Terdapat berbagai macam penginapan pula. Tidak hanya di dekat pantai saja. Namun, di beberapa tempat wisata lainnya ada penginapan pula. Namun, kebanyakannya seperti rumah singgah. Beda halnya dengan penginapan di pantai.

5. Kampung Budaya

Sukabumi pun memiliki kampung budaya. Salah satunya terletak di daerah Ciracap Sukabumi. Di kampung ini penduduknya masih menggenggam erat mengenai tradisi para leluhur. Selain itu, kampung ini kaya akan seni daerah. Adanya kampung ini tentu tidak terlepas dari keberadaan paguyuban PASEBANRASI. Dimana paguyuban tersebut membantu dalam pengembangan kampung tersebut.

Bahkan mencoba membina anak-anak untuk berlatih seni. Tidak hanya itu saja, mereka pun menanamkan rasa cinta pada seni daerah dan kampung halamannya. Jika berkesempatan datang ke kampung ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk melihat para warga beraktivitas dari mulai habis shalat subuh hingga magrib. Kamu akan merasa kehangatan dari masyarakat di sana.

6. Memiliki street food

Street food ini berada di dago, kota sukabumi. Biasanya, tempat ini lebih ramai ketika malam minggu. Di sini banyak aneka jajanan atau makanan yang enak-enak. Dari cemilan hingga makanan berat. Tidak hanya makanan saja, di sini pun tersedia aneka minuman yang bisa kamu nikmati bersama teman atau keluarga.

Baca Juga  Yuk Berkenalan dengan Kota yang Viral di Filter Instagram

Di sisi kanan kiri akan dipenuhi orang yang berjualan dan orang-orang. Meskipun ini street food, kamu masih tetap bisa makan di lokasi. Pasalnya di sisi kanan (arah masuk) di belakang nya, kamu akan menemukan semacam taman yang ada tempat duduknya. Bahkan, ada beberapa orang yang sengaja menggunakannya untuk mengobrol dengan teman-temannya.

Di sebelah kiri (arah masuk) terdapat beberapa cafe maupun rumah makan. Jika kamu ingin langsung menemukan tempat untuk makan dan ngobrol dengan nyaman tanpa melihat lalu lalang orang. Kamu bisa menggunakan cafe atau tempat makan tersebut.

7. Perbedaan suhu kota dengan kabupaten

Kota sukabumi memiliki suhu yang sangat dingin. Terlebih di daerah yang dekat dengan gunungnya. Jadi jika kamu mengunjungi kota ini jangan heran ya. Terlebih jika kamu mengunjungi daerah Selabintana. Pada siang hari saja, suhu udara di sana masih dingin. Bahkan, air pun terasa seperti air dingin yang baru keluar dari kulkas. Maka sediakan baju hangat, jika menjelajah kota ini.

Meskipun begitu, kabupaten yang dekat dengan laut atau pantai memiliki suhu yang sebaliknya dibandingkan dengan  kota sukabumi. Dengan begitu, suhu kota dan kabupaten memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Dari tujuh fakta tentang sukabumi, dapat disimpulkan bahwa sukabumi memiliki wisata alam yang indah dan kabupatennya termasuk wilayah terbesar di Jawa Barat. Selain itu, sukabumi pun memiliki hal yang menarik lainnya. Apakah kamu tertarik berkunjung ke wilayah ini?

Comment

Artikel Terkait