by

Lezat dan Nikmat, 5 Makanan dengan Bahan Dasar Tempe yang Patut Dicoba!

Sudah menjadi keseharian bagi para ibu-ibu untuk memasak makanan yang sehat dan lezat. Kebanyakan mereka akan membuat aneka masakan yang disukai keluarganya, tetapi ada yang baru nih, yakni makanan unik dengan bahan dasar tempe. Kita tentu tahu bahwa tempe merupakan lauk yang sudah amat populer. Tetapi apa jadinya jika membuat lauk tersebut sebagai bahan dasar?

Kepopuleran tempe sudah terbilang sejak dahulu kala, banyak para pedagang kuno yang memanfaatkannya untuk jualan makanan tradisional. Di era millenial ini tentunya perubahan akan gaya makanan, juga mempengaruhi keberadaan tempe sebagai lauk. Penasaran dengan apa saja olahan tempe yang unik?

Tempe dan Manfaatnya

Sebelum ke inti pembahasannya, perlu diketahui bahwa makanan dari jenis kedelai ini memiliki banyak kandungan manfaat yang terdapat di dalamnya. Tempe merupakan makanan khas olahan kedelai yang didiamkan selama semalam. Bermula dari kedelai mentah yang sudah terkelupas kulitnya, lalu dimasukkan ke dalam plastik dalam waktu 1×24 jam.

Ternyata selain kepopulerannya sebagai lauk dari beberapa makanan, tempe juga memiliki beragam zat bergizi bagi tubuh yakni, protein, karbohidrat dan lemak. Dengan kandungan tersebut, tempe berkhasiat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, mencegah anemia, menangkal radikal bebas, menurunkan berat badan dan mengurangi risiko osteoporosis.

Tempe yang dulunya sering dipakai sebagai lauk, kini dengan perubahan gaya makanan kita dapat menyulap makanan dari kedelai tersebut, menjadi bentuk makanan baru lain yang lezat dan nikmat. Kebanyakan semua makanan dari tempe membuat perut merasa lebih kenyang karena karbohidrat yang tinggi. Berikut daftar olahan makanan berbahan dasar tempe yang lezat:

1. Tempe Bumbu Rujak

tempe pedas indonesia - spicy tempe crispy potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Mungkin kamu belum pernah mencicipi atau sekedar melihatnya bukan? Wajar saja jika olahan tempe yang satu ini memang belum cukup populer. Tetapi rasa dan aromanya sangat tercium khas makanan timuran Jawa. Bahannya sendiri ialah tempe, cabe, kunir, daun jeruk, bawang putih, santan, ketumbar dan gula garam.

Baca Juga  Berwisata Dan Berburu Kuliner Di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa membutuhkan sebuah kunir dan daun jeruk? Rupanya inilah yang membuat perbedaan antara olahan ini dan yang lain. Dua bahan ini bertujuan untuk menguningkan kuah dan membuat aroma jeruk nipis. Perpaduan rasa ini sangat unik untuk dicoba, belum lagi ditambah rempah lain dan gorengan tempe setengah matang.

Caranya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu membuat santan dan bumbu lainnya tercampur. Sembari menunggu, gorenglah tempe seperti biasa lalu masukkan ke kuah santan. Biasanya penyajian yang terasa nikmat ialah dengan tidak memasukkan tempe, melainkan membubuhinya dengan kuah ketika disajikan di piring.

2. Spicy Tempe Crispy

tempe goreng - spicy tempe crispy potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Di era millenial ini, tampaknya makanan renyah dan pedas menjadi euforia tersendiri bagi para penggemar kuliner. Bagaimana tidak, dengan tekstur yang krispi sekaligus pedas menyerupai omongan tetangga ini, membuat beragam kuliner di Indonesia jenis ini amat disukai. Contohnya sendiri ialah Spicy Tempe Crispy.

Bumbu dan bahannya sendiri tergolong mudah dicari, kamu hanya tinggal mencari tempe besar dengan kualitas baik. Lalu untuk bahan lain seperti tepung terigu, sajiku, perisa manis, garam dan bumbu pedas semisal boncabe, kamu bisa mendapatkannya di toko terdekat. Makanan ini efektif dibuat saat berwisata atau piknik bersama keluarga.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menggoreng tempe yang sudah diiris dengan terigu yang dicampur sachet sajiku. Untuk rasanya kamu bisa tentukan saat setelah penggorengan. Untuk yang pedas, kamu bisa menambah boncabe di atasnya sebagai topping. Untuk yang biasa saja, berilah perisa lain semacam antaka dan garam.

3. Telur Tempe Balado

Resep Balado Telur Tempe Sederhana Enak | Chef Welly Herlina

Kiranya tidak perlu banyak berkata tentang makanan ini, merupakan sebuah olahan tempe yang sangat terasa lezat bahkan hanya dengan mencium baunya. Memang, Balado merupakan makanan khas asli Indonesia yang mencampurkan rempah-rempah Nusantara dalam masakannya.

Baca Juga  Aktivitas Muslim Saat Lebaran yang Tidak Akan Terlupakan

Salah satu rempah-rempah tersebut ialah cabe rawit, cabe besar, bawang, kayu manis, tomat, ketumbar, santan, merica dan perisa balado. Untuk bahan dasar yang cocok dicampurkan di dalamnya ialah tempe dan telur. Sesuai namanya, makanan ini sangat pedas dan nikmat disuguhkan saat udara dingin.

Pertama-tama buatlah santan tercampur dengan rempah-rempah di atas. Setelah menunggu cukup lama, barulah masukkan perisa balado semacam desaku bumbu balado. Tunggu hingga harum, kemudian masukkan tempe yang sudah diiris dan digoreng bersama telur matang. Tunggu hingga tercampur dan meresap, makanan siap disajikan.

4. Entho-entho
Resep Entho-entho (dengan Tempe Bosok) oleh Rina Tri Lestari - Cookpad
cookpad.com

Pasti kamu berpikir lagi, sejenis apakah makanan bernama unik ini? Merupakan makanan khas Jawa timur yang terbuat dari tempe dan ketela. Makanan ini bisa disajikan dengan temannya, pecel dan rujak. Rasa tempe yang gurih dan juga pedas cabe rawit di dalamnya, membuat makanan ini terasa cocok untuk teman makan sekalipun hanya dengan nasi.

Bahan dari entho-entho sendiri sangat mudah ditemukan. Kamu hanya perlu menyiapkan tempe dan ketela jika ada, lalu cabe rawit, bawang merah, vitamin, dan ketumbar. Untuk rasa yang lebih lezat kamu dapat mencampurkan sedikit gula dan garam.

Hal yang pertama dilakukan ialah dengan menghancurkan tempe dan mencampurnya dengan bahan diatas. Setelah dirasa sudah tercampur dan mulai alot, siapkan penggorengan dan goreng dengan api sedang. Olahan makanan ini akan terasa lebih nikmat jika disajikan bersama sambel terasi yang pedas.

5. Sambal Goreng

tempe goreng wih saus marinara buatan sendiri, hidangan sehat dan lezat dari makanan utuh pola makan nabati - tempe goreng potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bukan semacam sambal yang digoreng secara mentah melainkan olahan yang paling nikmat dari bahan dasar tempe. Kenapa bisa? Karena makanan jenis ini sudah sangat sering dibuat sejak zaman nenek moyang. Dengan bumbu khas timur dan juga aroma kecap yang sedap, tak heran jika sambal goreng bisa menempati urutan terbaik dalam olahan tempe.

Baca Juga  7 Manfaat Buah Ceri yang Belum Banyak Diketahui Orang Lain!

Bahannya sendiri adalah tempe, gula, garam, vitsin, kecap, bawang merah, bawang goreng dan cabe rawit. Mungkin terlihat sangat sederhana namun tidak untuk rasanya yang sangat spektakuler. Makanan ini biasanya disajikan secara eksklusif saat kenduri maupun hajatan massal.

Cara membuatnya ialah dengan mengiris dan menggoreng tempe terlebih dahulu. Lalu masukkan minyak dan tumis bahan yang sebelumnya sudah ditumbuk. Terakhir, campurkan tempe dan oseng hingga berbau harum. Sambal goreng siap disajikan, pastinya kamu akan nambah dan nambah dalam menyantapnya.

Itulah kelima jenis makanan dengan bahan dasar tempe yang saat ini bisa dikatakan terbaik dan populer. Menurut kamu pilihan nomor berapa yang bisa dinyatakan sebagai yang terbaik?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya